Low Vision – Kondisi penglihatan seseorang sering memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Sepasang kacamata atau kacamata baca seringkali membantu seseorang yang mulai mengalami penurunan penglihatan. Ketika kondisi penglihatan anda tidak bisa diperbaiki dengan lensa korektif dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari seperti membaca dan mengemudi, kemungkinan anda mengalami low vision. Ini adalah gangguan penglihatan kronis yang tidak dapat diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak atau perawatan medis. Faktanya low vision adalah penyebab utama kecacatan penglihatan yang dialami seseorang dan bisa berujung pada kebutaan.

Apa Itu Low Vision?

Penglihatan rendah atau low vision didefinisikan oleh ketajaman visual, yang pada dasarnya adalah kejelasan atau ketajaman penglihatan Anda. Meskipun ada berbagai definisi teknis tentang low, istilah ini telah berkembang menjadi istilah yang lebih umum yang menunjukkan gangguan penglihatan yang mengganggu kemampuan visi Anda untuk berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Dimana kondisi ini tidak bisa dikoreksi dengan alat bantu visual tradisional.

Hilangnya suatu bidang penglihatan juga telah dimasukkan dalam suatu definisi low vision. Artinya, Anda dapat memiliki penglihatan 20/20, tetapi memiliki visibilitas terbatas dari sisi mata (penglihatan tepi) yang memengaruhi cara Anda menjalani hidup. Low vision adalah gangguan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki dengan kacamata standar, lensa kontak, obat-obatan, atau pembedahan. Low vision merupakan gangguan ketajaman visi yang mengganggu kemampuan seseorang untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Apa Saja Tanda Peringatan Low Vision?

Beberapa tanda yang mungkin muncul karena adanya low vision meliputi:

  • Kesulitan membaca, memasak, atau menjahit
  • Kesulitan melihat karena lampunya tidak seterang biasanya
  • Kesulitan mengenali wajah teman dan kerabat
  • Kesulitan menyeberang jalan atau membaca rambu-rambu

Baca Juga: Mengontrol Miopi dengan Lensa Malam Orthokeratology

Penglihatan rendah (low vision) tidak sama dengan membutuhkan kacamata baca atau kacamata biasa, yang merupakan akibat hal alami dari penuaan. Kondisi low vision mengganggu kehidupan sehari-hari termasuk mengalami masalah serius dengan silau, tidak bisa mengemudi atau tidak mengenali wajah seseorang. Penglihatan rendah bisa terjadi akibat berbagai penyakit, kelainan, dan cedera yang menyerang mata. Banyak orang dengan penglihatan rendah mengalami degenerasi makula terkait usia, katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik.

Pentingnya Peran Rehabilitasi Low Vision

Penglihatan rendah sangat terkait dengan orang tua karena penyakit mata terkait usia yang paling sering menjadi penyebabnya. Pada usia 45 tahun, kurang dari 1 persen orang cenderung memiliki penglihatan rendah (low vision). Pada seseorang yang memiliki usia 75 tahun, kondisi low vision melonjak semakin meningkat pada usia 85 tahun. Oleh karena itu, anda bisa memiliki penyakit mata terkait usia tanpa gejala yang mengubah hidup anda selama bertahun-tahun. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur dalam hal mendiagnosis, mengelola dan mendapatkan layanan penglihatan rendah.

Layanan rehabilitasi penglihatan rendah (low vision) membantu anda meningkatkan kemampuan visual. Dengan menggunakan kombinasi lensa, lighting, perangkat pembesaran dan alat bantu non optik untuk memaksimalkan fungsi visual. Dengan tujuan agar Anda dapat terus berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Penglihatan rendah dapat menurunkan tingkat aktivitas seseorang dan meningkatkan risiko kecelakaan seperti terjatuh, terpeleset dan lainnya. Oleh karena itu, perawatan dan rehabilitasi bagi penderita low vision sangatlah penting.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.