Katarak mempengaruhi penglihatan Anda

Katarak merupakan kelainan mata dimana terbentuknya kabut pada lensa mata Anda. Khusus orang yang menderita Katarak, melihat melalui lensa yang berkabut seperti melihat sebuah kaca yang berkabut atau berembun. Penglihatan berkabut yang disebabkan oleh katarak bisa mengakibatkan si penderita untuk sulit dalam membaca, berkendara (khususnya pada malam hari) atau bahkan melihat ekspresi wajah seseorang.

Kebanyakan katarak terus menerus berkembang lalu perlahan dan tidak menimbulkan gejala yang signifikan pada penglihatan si penderita pada tahap-tahap awal. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, katarak akan mengganggu penglihatan Anda.

Pada mulanya, pencahayaan yang baik dan kacamata masih bisa membantu penglihatan Anda yang sudah terkena katarak. Namun, jika gangguan penglihatan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, Anda mungkin membutuhkan tindakan operasi katarak. Beruntungnya, tindakan operasi katarak ini pada umumnya masih terbilang prosedur yang efektif dan aman.

Apa tanda-tanda dan gejala katarak?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, pada umumnya katarak itu tumbuhnya secara perlahan-lahan. Tanda-tanda dan gejala katarak dapat meliputi:

  • Penglihatan kabur atau berkabut
  • Meningkatnya kesulitan dalam melihat pada malam hari
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Membutuhkan cahaya yang terang untuk membaca atau melakukan aktivitas lainnya
  • Melihat lingkaran di sekitar cahaya atau lampu
  • Adanya perubahan yang cukup sering pada ukuran minus/plus/silinder kacamata atau lensa kontak
  • Melihat warna yang pudar
  • Adanya penglihatan ganda pada satu mata

Pada mulanya, kabut pada penglihatan Anda yang disebabkan oleh katarak hanya mempengaruhi sebagian kecil pada bagian lensa mata Anda dan Anda bisa saja tidak menyadari adanya gangguan penglihatan ini. Seiring dengan bertumbuhnya katarak, kabut katarak tersebut akan menyelubungi seluruh bagian lensa mata Anda dan membalikkan cahaya yang datang melewati lensa. Nah, gejala seperti ini bisa langsung Anda ketahui.

Kapan saya harus ke Dokter Mata?

Buatlah appointment dengan dokter mata Anda atau dengan kami di VIO Optical Clinic jika Anda merasakan adanya perubahan-perubahan pada penglihatan Anda. Terutama Anda mengalami perubahan pada penglihatan Anda yang signifikan, seperti penglihatan ganda, mata yang sakit secara tiba-tiba, sakit kepala tiba-tiba.

 

Penyebab Katarak

Pada umumnya, katarak terjadi akibat penuaan atau cedera pada mata yang menyebabkan perubahan pada lapisan lensa mata Anda.

Beberapa penyakit keturunan lainnya yang menimbulkan masalah kesehatan juga bisa meningkatkan resiko katarak. Katarak juga bisa timbul karena kelainan mata lainnya, pasca operasi mata atau permasalahan kesehatan lainnya seperti Diabetes. Penggunaan obat-obatan jangka panjang juga bisa mengakibatkan katarak, lho!

Bagaimana katarak bisa terbentuk?

Lensa mata, dimana katarak terbentuk, terletak dibelakang iris mata Anda (bagian mata yang berwarna). Lensa mata memfokuskan cahaya yang melewati mata Anda, sehingga memproduksi gambar yang jelas dan jernih pada retina – Selaput yang sensitif terhadap cahaya yang berfungsi seperti film (lapisan) pada kamera.

Seiring Anda bertambah lanjut usia, lensa-lensa pada mata Anda akan menjadi kurang fleksibel, kurang jernih, dan tebal. Penyakit akibat masalah penuaan menyebabkan lapisan yang berada pada lensa menjadi rusak dan menggumpal, sehingga menimbulkan kabut pada sekitar lensa mata Anda.

Seiring dengan bertumbuhnya katarak, kabutnya menjadi lebih padat dan menyelubungi keseluruhan lensa mata. Katarak membuat cahaya yang menjadi tercerai-berai dan menghalanginya masuk ke lensa, membuat gambar atau objek tidak sampai kepada retina. Sebagai hasilnya, penglihatan Anda menjadi kabur.

Secara umum, katarak bisa tumbuh pada kedua mata, namun tidak merata. Katarak pada satu mata bisa menjadi lebih parah dibandingkan mata yang lain, sehingga membuat si penderita memiliki pandangan yang berbeda.

Tipe-tipe katarak

Tipe-tipe katarak meliputi;

  • Katarak yang menyerang bagian tengah lensa mata (Katarak Nuklear). Katarak Nuklear dapat menyebabkan rabun jauh (mata minus) atau gangguan pada penglihatan baca Anda. Namun seiring dengan berjalannya waktu, secara bertahap lensa mata Anda berubah menjadi lebih padat dan kekuningan , serta membuat penglihatan Anda menjadi semakin kabur.Seiring dengan bertumbuhnya katarak, lensa mata bisa berubah menjadi kecokelatan. Kondisi yang membuat mata menjadi semakin kuning dan kecokelatan ini akan membuat Anda susah untuk membedakan warna.
  • Katarak yang menyerang bagian pinggiran lensa mata (Katarak Kortikal). Katarak Kortikal dimulai dengan keputihan, keruhan berbentuk baji atau goresan pada pinggiran luar lensa korteks. Seiring dengan berkembangnya katarak ini, goresannya melebar ke bagian tengah lensa mata dan mengganggu cahaya yang berusaha masuk ke bagian tengah lensa mata.
  • Katarak yang menyerang bagian belakang lensa mata (Katarak SubkapsularPosterior). Katarak jenis ini terbentuk dari area yang kecil dekat bagian belakang lensa, tepat di jalan masuknya cahaya. Katarak ini seringkali mengganggu pandangan baca Anda, melemahkan penglihatan Anda pada cahaya yang terang, dan mengakibatkan munculnya lingkaran pada cahaya di malam hari. Tipe katarak seperti ini bisa berkembang cepat dibandingkan tipe katarak lainnya.
  • Katarak sejak lahir (Katarak Kongenital). Beberapa orang itu ada yang menderita katarak sejak lahir atau berkembang saat masa kanak-kanak. Katarak ini bersifat genetik (keturunan), dan sering terhubung dengan infeksi atau trauma.Katarak seperti ini bisa terjadi akibat kondisi tertentu, seperti Distrofi Miotonik, Galaktosemia, Neurofibromatosis tipe 2 atau Rubella. Katarak Kongenital tidak selalu menyerang penglihatan Anda, ataupun jika ya, maka bisa dihilangkan setelah melakukan pendeteksian dini dengan Dokter mata.

Resiko Penyakit Katarak

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko Anda terkena penyakit Katarak, yaitu;

  • Bertambah lanjut usia
  • Penyakit Diabetes
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Merokok
  • Obesitas
  • Tekanan darah tinggi
  • Cedera pada mata
  • Operasi mata
  • Penggunaan obat-obatan jangka panjang
  • Mengkonsumsi banyak alkohol

Cara Mencegah Katarak

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit Katarak, yaitu;

  • Melakukan pemeriksaan mata rutinPemeriksaan mata rutin bisa mendeteksi penyakit mata seperti Katarak dan penyakit mata lainnya sejak dini. Anda harus mengunjungi Dokter Mata atau kami di VIO Optical Clinic untuk diperiksa secara menyeluruh agar jika terdeteksi adanya penyakit mata, maka bisa ditangani secara cepat.
  • Berhentilah Merokok. Mintalah petunjuk dan saran pada Dokter bagaimana supaya Anda bisa berhenti merokok. Anda bisa menjalani beberapa pengobatan atau cara/strategi lainnya yang disarankan oleh Dokter agar Anda bisa berhenti merokok.
  • Peka terhadap kondisi kesehatan tubuh. Jika Anda menderita penyakit Diabetes atau penyakit lainnya, Anda harus rutin mengikuti pengobatan sehingga mengurangi resiko timbulnya Katarak.
  • Konsumsi makanan yang sehat yang melibatkan banyak sayur dan buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran pada makanan Anda memastikan tubuh Anda mendapat asupan nutrisi dengan baik. Buah-buahan dan Sayuran memiliki banyak anti-oksidan yang bisa membantu merawat kesehatan mata Anda.
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan nutrisi bisa membantu kita untuk mengurangi resiko terkena penyakit Katarak
  • Gunakan kacamata surya (sunglasses). Sinar ultraviolet dari matahari berkontribusi besar akan timbulnya penyakit katarak. Gunakanlah kacamata surya (sunglasses) yang bisa menghalangi sinar UVA dan UVB ketika Anda berada di luar ruangan.
  • Hindari konsumsi Alkohol. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengkonsumsi alkohol meningkatkan kita untuk menderita penyakit katarak.

Cegah dini penyakit katarak dari sekarang dengan Pemeriksaan Mata lengkap di VIO Optical Clinic

 

VIO Optical Clinic merupakan Optical Plus dan Klinik Mata yang berada di Harapan Indah Bekasi. VIO melayani beberapa pelayanan pemeriksaan mata lengkap yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan penyakit mata lainnya. Pemeriksaan mata lengkap meliputi;

Pemeriksaan kelainan refraksi, pemeriksaan tekanan bola mata, pemeriksaan retina dan kornea, pemeriksaan penglihatan ganda, pemeriksaan ketajaman penglihatan (visus mata), pemeriksaan lapang pandang, pemeriksaan kesejajaran pandangan, tes buta warna, dan masih banyak lagi.

Untuk appointment dan info lebih lanjut, bisa menghubungi VIO, cukup dengan klik tombol di bawah ini;

 

Alamat: Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi