Ortho Keratology – Astigmatisme adalah kondisi dimana mata mengalami gangguan yang menyebabkan penglihatan kabur. Hal ini terjadi ketika kornea berbentuk tidak teratur atau disebabkan oleh adanya kelengkungan lensa di dalam mata. Kornea atau lensa dengan bentuk yang tidak teratur mencegah cahaya yang masuk agar bisa fokus dengan benar pada retina. Akibatnya, penglihatan menjadi kabur dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata serta sakit kepala. Astigmatisma disebut juga dengan silinder, dimana memiliki kasus yang mirip dengan rabun jauh dan rabun dekat. Kemiripan tersebut yakni sama-sama disebabkan oleh masalah pembiasan cahaya menuju retina.

Penyebab Astigmastisme

Lengkungan kornea dan lensa berfungsi untuk membengkokkan cahaya yang masuk ke mata. hal tersebut bertujuan untuk memfokuskan cahaya secara tepat pada retina di bagian belakang mata. Pada kondisi astigmatisme, permukaan kornea atau lensa memiliki kelengkungan yang sedikit berbeda dengan mata yang normal. Permukaan kornea yang lebih menyerupai bola daripada bulat seperti bola basket, mengakibatkan mata tidak dapat memfokuskan sinar cahaya pada satu titik. Penglihatan menjadi tidak fokus baik pada jarak dekat maupun jauh. Selain itu, kelengkungan lensa di dalam mata dapat berubah, mempengaruhi peningkatan atau penurunan astigmatisme. Perubahan ini sering terjadi pada usia dewasa dan dapat beresiko pada perkembangan katarak.

Astigmatisme dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Beberapa faktor yang beresiko tinggi terhadap gangguan mata astigmatisme yaitu sebagai berikut:

  • Riwayat keluarga memiliki astimagtisme atau gangguan mata lainnya, seperti degenerasi kornea disebut keratoconus
  • Adanya jaringan parut atau penipisan kornea
  • Rabun jauh yang berlebihan, pandangan kabur saat melihat dari kejauhan
  • Rabun dekat yang berlebihan, pandangan kabur saat melihat dari dekat
  • Memiliki riwayat operasi mata ataupun cedera mata

Baca Juga: Alasan Mengapa Ortho K Baik Untuk Kesehatan Mata Anda

Gejala Astigmatisme

Gejala astigmatisme mungkin memiliki perbedaan pada setiap orang. Bahkan ada kemungkinan beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali. Pada umumnya gejala astigmatisme meliputi:

  • Penglihatan kabur, terdistorsi atau penglihatan seolah berbayang, penglihatan tidak jelas di semua jarak (dekat dan jauh)
  • Kesulitan melihat di malam hari
  • Ketegangan mata
  • Menyipitkan mata
  • Iritasi mata
  • Sakit kepala

Diagnosis Astigmatisme

Astigmatisme dapat didiagnosis melalui pemeriksaan mata yang komprehensif. Pengujian astigmatisme mengukur bagaimana mata memfokuskan cahaya dan menentukan kekuatan lensa optik apa pun yang diperlukan untuk meningkatkan penglihatan. Pemeriksaan tersebut meliputi:

  • Ketajaman visual

Ketajaman visual diukur dengan membaca huruf pada grafik jarak. Ketajaman visual diberikan sebagai pecahan (misalnya, 20/40). Seseorang dengan ketajaman visual 20/40 harus berada dalam jarak 20 kaki untuk membaca surat yang harus dilihat dengan jelas pada jarak 40 kaki. Ketajaman visual jarak normal adalah 20/20.

  • Keratometri / Topografi

Keratometer adalah instrumen utama yang digunakan untuk mengukur kelengkungan kornea.

  • Pembiasan

Menggunakan instrumen yang disebut phoropter, dokter mata akan menempatkan serangkaian lensa di depan mata dan mengukur bagaimana mereka memfokuskan cahaya.

Orthokeratology dan Astigmatisme

Orthokeratology melibatkan pemasangan serangkaian lensa untuk membentuk kembali kornea. Pasien memakai lensa kontak untuk jangka waktu terbatas, seperti semalam, dan kemudian melepasnya. Orang dengan astigmatisme memiliki kemungkinan untuk sementara waktu dapat memperoleh penglihatan yang jelas tanpa lensa untuk sebagian besar kegiatan sehari-hari mereka. Beberapa orang mengalami perbaikan penglihatan yang nyata selama tanpa lensa korektif ketika menjalani Orthokeratology.

Anda memerlukan layanan kesehatan mata? Vio Optical Clinic adalah solusi yang tepat. Vio Optical Clinic menyediakan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis yang canggih dan lengkap. Para staff professional akan memberikan layanan terbaik bagi anda. Berbagai layanan kesehatan mata termasuk orthokeratology dapat anda dapatkan dengan harga terjangkau dan jaminan mutu terbaik. Segera dapatkan layanan kesehatan mata professional dan terpercaya hanya di Vio Optical Clinic dengan menghubungi kontak person di sini.