VIO OPTICAL – Mata adalah indera manusia yang berfungsi untuk melihat. Dengan mata kita bisa melihat objek dan benda yang ada di sekitar kita. Sebagai indera penglihatan, mata memiliki peran yang sangat penting dalam mengolah informasi visual. Saat mata melihat objek, lensa mata akan membentuk bayangan benda pada retina dimana retina tersebut dihubungkan oleh saraf-saraf penglihatan atau disebut juga dengan saraf optik. Mata kita bekerja berdasarkan pada prinsip pembiasan lensa sehingga mata juga disebut sebagai sebuah alat optik.

Bola mata memiliki bentuk yang tetap, sehingga jarak ke juga tetap. Hal ini berarti bahwa jarak bayangan yang dibentuk oleh lensa mata selalu tetap. Untuk dapat melihat benda dengan jarak benda yang berubah dilakukan dengan cara mengubah kecembungan lensa mata. Hal tersebut yang membuat seseorang bisa melihat benda dengan jarak berbeda. Dimana lensa mata bisa mencembung maupun memipih secara otomatis karena otot akomodasi.

Dengan adanya otot akomodasi atau otot lensa mata, maka kita bisa melihat objek. Dimana untuk melihat suatu objek maupun benda yang letaknya dekat, otot akomodasi akan menegang. Sehingga, lensa mata mencembung begitu pula sebaliknya. Dimana untuk melihat objek maupun benda yang letaknya jauh maka otot akomodasi akan mengendur, sehingga lensa mata memipih. Kemampuan otot mata tersebut dikenal sebagai daya akomodasi mata. Daya akomodasi mata merupakan kemampuan otot mata untuk mengubah bentuk lensa mata.

Dengan daya akomodasi mata dapat menebalkan lensa atau memipihkan lensa mata untuk mengubah jarak fokusnya. Ketika mata melihat benda yang jauh maka otot akomodasi akan menegang, begitu pula ketika mata melihat benda yang semakin dekat. Dimana dalam kondisi tersebut mata sedang berakomodasi. Ini merupakan kemampuan lensa mata untuk menebal atau memipih hingga dapat mengubah kecembungan lensa. Sebagai proses otot-otot lensa mengubah panjang fokus lensa mata yang bertujuan untuk memfokuskan benda yang berada jauh atau dekat dengan jelas pada retina.

Mata manusia memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita di mana mata membantu kita untuk melihat dan mengolah informasi visual. Oleh sebab itu, sangatlah penting menjaga kesehatan mata. Selain itu, kita perlu untuk menggunakan mata dalam melakukan aktivitas visual dengan baik. Dan selalu memperhatikan jarak serta waktu ketika melakukan aktivitas visual. Karena mata yang terus berakomodasi cenderung terasa lelah akibat otot akomodasi yang terus menegang. Penting untuk mengetahui titik dekat dan titik jauh mata.  Sehingga, daya akomodasi mata tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memfokuskan objek.

Baca Juga: Sejarah Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day)

Mata bisa melihat dengan jelas ketika suatu objek berada di daerah penglihatan. Yaitu antara titik dekat mata atau punctum proximum (PP) dan titik jauh atau punctum remotum (PR). Ketika suatu benda berada di luar daerah penglihatan tersebut maka mata tidak bisa melihat benda tersebut secara jelas. Titik dekat merupakan titik terdekat yang dapat dilihat oleh mata secara jelas. Dimana pada titik dekat mata akan berakomodasi maksimum kurang lebih 25 cm. Sementara itu, titik jauh adalah titik terjauh yang mana dapat dilihat oleh mata secara jelas.

Kapasitas daya akomodasi mata dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Pada usia anak-anak kekuatan akomodasi mata masih sangat besar, namun menjelang usia 40 tahun keatas kekuatan akomodasi tersebut akan semakin berkurang. Dimana ini akan terus menurun hingga memasuki usia 65 tahun. Kemampuan mata untuk menyesuaikan letak bayangan benda pada jarak yang berbeda tepat pada retina perlu untuk didukung secara maksimal. Dimana dibutuhkan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin untuk mencegah resiko masalah atau gangguan penglihatan yang dapat mempengaruhinya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.