Vio Optical Clinic – Perawatan Ortho-K adalah penggunaan lensa yang dirancang khusus untuk membentuk kembali permukaan depan mata (disebut kornea) dengan lembut untuk terapi mata minus atau mengurangi rabun jauh (miopi) atau silindris. Perawatan ini tidak melibatkan pembedahan (LASIK) dan sepenuhnya aman. Prinsipnya mirip dengan penggunaan penahan gigi yang digunakan oleh dokter gigi untuk merapikan gigi. Cetakan dipakai pada malam hari saat tidur dan kemudian dilepas saat bangun tidur untuk memberikan penglihatan yang jernih tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak! Retainer ini nyaman dan sangat mudah dirawat.

Dalam bidang koreksi penglihatan, ada dua pesaing utama yang menonjol: LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) dan Orthokeratology (Ortho-K). Kedua metodologi ini menawarkan pendekatan berbeda yang disesuaikan untuk mengatasi berbagai gangguan dan kondisi penglihatan. Mari kita pelajari perbandingan komprehensif antara LASIK dan Ortho-K untuk mengungkap perbedaannya dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. LASIK, prosedur yang sudah dikenal luas, memerlukan intervensi bedah yang tepat yang bertujuan membentuk kembali kornea untuk memperbaiki kelainan refraksi. Berikut ini adalah uraian tentang seluk-beluk prosedurnya:

Gambaran Umum Prosedur

  • Pembuatan Flap. Flap kornea yang halus dibuat dengan cermat melalui microkeratome atau laser femtosecond, untuk memastikan ketepatan dan keamanan.
  • Pembentukan Kembali Kornea: Setelah pembuatan flap, jaringan kornea di bawahnya dibentuk ulang dengan menggunakan laser excimer, sehingga dapat memperbaiki kelainan refraksi.

Jangka Waktu Pemulihan

  • Pemulihan Visual yang Cepat: Pasien sering kali melihat peningkatan yang luar biasa pada penglihatan mereka dalam satu atau dua hari setelah prosedur.
  • Fase Stabilisasi: Meskipun peningkatan penglihatan awal terjadi dengan cepat, stabilisasi penglihatan secara menyeluruh mungkin memerlukan waktu beberapa minggu.

Kesesuaian dan Efektivitas

  • Mengatasi Kelainan Refraksi: LASIK efektif untuk mengatasi kelainan refraksi yang umum terjadi, termasuk miopi, hipermetropi, dan astigmatisma.
  • Manajemen Presbiopi: LASIK juga dapat disesuaikan untuk mengatasi presbiopi, sering kali melalui teknik yang dikenal sebagai monovision.

Ortokeratologi, alternatif non-bedah, melibatkan pemakaian lensa permeabel gas yang dirancang khusus setiap malam untuk membentuk kembali kornea secara bertahap. Mari pelajari lebih jauh tentang prosedurnya secara spesifik:

  • Tanpa Intervensi Bedah: Ortho-K membedakan dirinya dengan menawarkan pembentukan ulang kornea tanpa intervensi bedah.
  • Pemakaian Lensa Semalam: Pasien memakai lensa yang dapat ditembus gas dalam semalam, sehingga memudahkan modifikasi kornea secara bertahap.

Pemulihan dan Adaptasi

  • Perbaikan Secara Bertahap: Peningkatan penglihatan dengan Ortho-K terjadi secara bertahap, dengan stabilisasi penuh yang dicapai dalam rentang waktu beberapa minggu.
  • Ketidaknyamanan Ringan: Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan ringan selama masa adaptasi awal.

Baca Juga: Merasakan Bintik-Bintik Saat Melihat? Jangan Abaikan dan Segera Periksa

Kesesuaian dan Efektivitas

  • Kesalahan Refraksi yang Ditargetkan: Ortho-K terutama menargetkan kontrol miopi dan terapi mata minus untuk miopi ringan hingga sedang.
  • Manajemen Presbiopi: Ortho-K juga digunakan untuk menangani presbiopi, sering kali bersamaan dengan teknik monovision.

LASIK atau Ortho-K?

Dalam menentukan pilihan antara LASIK dan Ortho-K, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  • Kecenderungan Bedah: Individu yang tidak menyukai intervensi bedah mungkin menganggap Ortho-K lebih menarik.
  • Reversibilitas: Ortho-K menawarkan reversibilitas, berbeda dengan LASIK yang bersifat permanen.
  • Kekhawatiran akan Ketebalan Kornea: Bagi mereka yang memiliki kekhawatiran mengenai ketebalan kornea, Ortho-K memberikan alternatif yang lebih aman.

Baik LASIK maupun Ortho-K menawarkan solusi yang tepat untuk koreksi penglihatan, dengan pilihan optimal yang bergantung pada preferensi individu, kelainan refraksi, dan pertimbangan kesehatan mata. Berkonsultasi dengan spesialis mata yang ahli tetaplah sangat penting dalam menentukan modalitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi unik seseorang.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.