Terapi Mata Minus – Miopia saat ini merupakan masalah kesehatan mata yang dialami banyak orang. Miopia atau mata minus merupakan faktor risiko yang mengembangkan berbagai penyakit mata seperti makulopati miopia, membran neovaskular, ablasi retina, dan robekan retina. Komplikasi ini biasanya akan mempengaruhi lansia dan merupakan penyebab utama terjadinya berbagai gangguan penglihatan. Selain itu, timbulnya mata minus dini telah terbukti terkait dengan tingkat penyakit yang lebih parah selama dewasa. Oleh karena itu, pengobatan yang efektif sangat dibutuhkan untuk memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan miopia pada anak anak.

Mengenal Penyebab dan Gejala Mata Minus

Pada mata yang normal, bayangan objek yang ditangkap oleh mata bisa ditangkap retina untuk dapat melihat suatu objek. Sedangkan pada orang yang mengalami mata minus, bayangan ini tidak jatuh tepat di retina, melainkan di depannya. Akhirnya membuat pandangan mata terlihat buram. Faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya mata minus diantaranya:

  • Genetik atau keturunan

Orangtua yang mengalami mata minus, maka menurunkan peluang untuk anak mengalami mata minus. Bahkan para ahli menyatakan bahwa ada 40 gen yang mengakibatkan risiko mata minus.

  • Kebiasaan membaca

Seseorang yang gemar membaca, risiko mata minus lebih besar daripada orang lain yang jarang membaca. Terutama jika anda sering membaca di tempat yang redup dan jaraknya terlalu dekat ke mata.

  • Sering menggunakan mata dalam jarak yang dekat

Kebiasaan menulis, membaca, hingga bermain gadget terlalu dekat dengan mata, maka dapat meningkatkan risiko mata minus.

  • Jarang beraktifitas di luar ruangan

Mata minus juga bisa disebabkan karena seseorang jarang melakukan aktivitas di luar ruangan. Sehingga dapat memengaruhi kesehatan mata yang mana bisa meningkatkan risiko mata minus. Tingkat cahaya di dalam ruangan dengan di luar ruangan tentu berbeda.

Gejala mata minus yang paling jelas adalah kesulitan untuk melihat objek atau benda dalam jarak yang jauh namun dapat melihat jelas objek yang dekat. Sedangkan untuk gejala mata minus lebih lanjut dapat anda lihat dibawah ini:

  • Sakit kepala
  • Rasa lelah di mata ketika melihat benda yang jauh beberapa meter didepan anda
  • Rasa tegang pada mata
  • Mata juling
  • Mata lelah ketika berkendara, berolahraga

Baca Juga: Kenali Istilah Lazy Eye Sebelum Melakukan Vision Therapy yang Tepat

Apa Saja Hal yang Dapat Mengontrol Mata Minus?

Beberapa hal dapat anda lakukan dalam mengontrol perkembangan mata minus. Salah satunya dengan melakukan koreksi penglihatan oleh  kacamata  (lensa cekung divergen). Anda juga dapat menggunakan koreksi dengan  lensa kontak  (ada banyak jenis: fleksibel atau kaku, bulanan, harian, atau lebih lama). Ataupun sebuah  perawatan bedah  (bedah refraktif radial keratotomi atau laser), asalkan myopia atau mata minus dalam tingkat yang stabil. Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mata yang akan meresepkan kacamata atau lensa yang cocok untuk memperbaiki penglihatan anda. Dengan pemeriksaan visual secara menyeluruh  memungkinkan untuk mengontrol kualitas visi, serta dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyakit mata lainnya.

Sejumlah perawatan dapat dilakukan guna memperlambat perkembangan mata minus. Perawatan ini dapat menyebabkan perubahan struktur dan fokus mata untuk mengurangi stres dan kelelahan yang terkait dengan perkembangan mata minus. Memperlambat perkembangan mata minus dapat mencegah setiap orang mengalami risiko miopia tingkat tinggi yang membutuhkan kacamata korektif yang tebal. Hal tersebut dapat memicu perkembangan katarak dini atau bahkan ablasi retina. Beberapa jenis perawatan yang telah terbukti efektif dalam mengendalikan mata minus diantaranya:

  • Tetes mata atropine
  • Lensa kontak multifocal
  • Orthokeratology (orto-k)
  • Kacamata multifungsi

Apabila anda membutuhkan layanan kesehatan mata seperti terapi mata minus, Vio Optical Clinic adalah opsi terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic menyediakan berbagai layanan kesehatan mata seperti Ortho-k, Low vision treatment, spesialis lensa dan lainnya. Segera dapatkan perawatan kesehatan mata terbaik bersama Vio Optical Clinic dan hubungi kontak personnya.