Klinik Mata BekasiOperasi lasik mata makin lama tenar digunakan untuk menyembuhkan beraneka macam gangguan penglihatan. Lasik, sebutan lain dari laser in-situ keratomileusis bisa memperbaiki penglihatan bagi para penderita rabun jauh, rabun dekat dan

silinder. Sejauh ini, operasi lasik mata sesungguhnya safe dijalankan bersama tingkat keberhasilan yang termasuk tinggi terhadap orang dewasa, tapi bagaimana bersama anak-anak?

Aturan operasi lasik mata terhadap anak
Sebagai orang tua, mungkin Anda perhitungkan untuk mencoba operasi lasik agar si kecil tidak wajib lagi lihat bersama bantuan kacamata.

Namun, tentu saja tak ringan bagi orang tua untuk memastikan perihal ini. Tak jarang orang tua terasa was-was terkecuali anaknya jalankan operasi lasik, gara-gara risau bersama efek samping dari tindakan medis ini.

Bahkan topik ini masih diperdebatkan di kalangan optalmologis atau dokter spesialis mata. Banyak dokter yang tidak sepakat untuk jalankan operasi lasik terhadap jaringan organ yang masih mengalami perkembangan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) sendiri melarang operasi lasik mata dijalankan terhadap anak berumur di bawah 18 tahun. Dr. Wayne Bizer, ketua departemen optamologi Nova-Southeastern University, menjelaskan bahwa operasi lasik mata bukan pilihan yang pas untuk anak-anak.

Baca Juga : Benarkah Ada Cara Menyembuhkan Mata Minus Dalam Seminggu?

Hal ini gara-gara tingkat keberhasilan operasi lasik terhadap anak-anak tidak begitu kentara. Penglihatan mata anak masih belum stabil, mungkin penglihatannya lagi berubah setelah jalankan operasi lasik mata masih cukup besar. Bizer menambahkan, jaringan organ mata terasa terhenti perkembangannya selagi seseorang meraih usia 21 tahun.

Bagaimana operasi lasik mata menolong anak-anak?
Akan tetapi, terkandung termasuk suasana di mana anak-anak jadi diuntungkan bersama adanya operasi lasik mata.

Optalmologis dari UCLA Jules Stein Eye Institute Jonathan Davidorf menjelaskan bahwa operasi lasik terhadap anak bisa dijalankan didalam kasus-kasus tertentu. Misalnya terhadap anak yang punyai gangguan amblyopia atau lazy eye, di mana tidak benar satu matanya tidak bisa lihat bersama jelas.

Gangguan penglihatan selanjutnya bisa makin lama bertambah parah sejalan pertambahan usia. Kondisi bakal mengakibatkan penglihatan tidak sesuai agar lama-kelamaan otak bakal mematikan kegunaan penglihatannya.

Penggunaan kacamata dan lensa kontak terhadap penyakit ini tidak bisa menolong meningkatkan kekuatan lihat penderitanya. Jika dibiarkan sudah pasti ini terlalu menghindar kekuatan studi dan adaptasi sosial anak, maka operasi lasik mata wajib langsung dilakukan.

Risiko kebugaran operasi lasik mata terhadap anak
Pada intinya prosedur lasik mata safe dijalankan untuk anak-anak. Meskipun penelitian mencatat bahwa operasi lasik sudah berhasil dijalankan lebih dari 2,5 juta kali sepanjang setahun, prosedur ini selamanya jarang dijalankan terhadap anak-anak. Risiko bakal bahaya kebugaran yang disebabkannya pun selamanya ada.

Terdapat lebih dari satu komplikasi yang mungkin berlangsung apabila prosedur lasik mata tidak dijalankan bersama benar, sebagaimana yang dilansir oleh Mayoclinic selanjutnya ini:

  • Mata kering: Disebabkan oleh penurunan memproses air mata
  • Komplikasi flap: Pengangkatan flap selagi operasi bisa mengakibatkan infeksi
  • Silinder: Laser yang ditembakkan secara tidak terpusat bisa mengakibatkan permukaan bagian depan mata tidak merata.
  • Penglihatan ganda atau silau. Setelah tindakan, pasien bakal sukar lihat di malam hari gara-gara silau atau pandangan ganda dan suasana ini bisa bertahan sepanjang lebih dari satu minggu.
  • Undercorrection, overcorrection, regression: Diakibatkan oleh laser yang terlalu banyak atau sedikit mengangkat jaringan kornea. Kondisi ini berimplikasi terhadap kekuatan penglihatan yang justru makin lama mengalami penurunan selesai operasi.

Mengatasi gangguan penglihatan tidak cuman bersama operasi lasik mata
Jika anak Anda tidak punyai gangguan penglihatan yang ekstrem, sebaiknya tunggu sampai jaringan mata sudah seutuhnya berkembang. Sementara itu, si kecil bisa memakai alat bantu penglihatan yang lain layaknya kacamata dan lensa kontak. Ingat, operasi lasik mata termasuk wajib dijalankan oleh pakar optamologis di tempat tinggal sakit yang sudah terlegitimasi.