Klinik Mata Jakarta – Trend eyelash extension di kalangan para wanita sepertinya menggantikan peranan bulu mata palsu sebagai penunjang penampilan. Pasalnya dengan sekali pasang, mata Anda tidak perlu berkali-kali mengaplikasikan dan mengganti bulu mata buatan. Efeknya lebih tahan lama dan tidak repot.

Menyadari betapa tingginya minat para wanita dalam mendapatkan bulu mata lentik nan cantik, tidak sedikit dari pelayanan salon yang memasukkan eyelash extension ke dalam jasa mereka. Berbagai iming-iming kecantikan sampai dengan perawatan dan biaya pemasangan tak kalah dikompetisikan.

Efek natural dan simple yang ditawarkan oleh eyelash extension ini membuat penggunaan bulu mata palsu menjadi nomor sekian. Pasalnya Anda bisa seakan memiliki bentuk bulu mata yang panjang dan lentik secara alami, bukan dari buatan dan rasanya pun tidak berat karena menggunakan rambut asli.

Keuntungan dan Kerugian Eyelash Extension

Di tengah manfaat alami yang diberikan pada wajah wanita, penggunaan eyelash extension juga menimbulkan pro dan kontra. Ada yang membicarakan keuntungannya, ada pula yang membahas bahayanya.  Keuntungan yang pertama adalah bulu mata jauh lebih lentik, panjang, dan alami. Ada beberapa orang yang diberikan berkah bulu mata begini.

Keuntungan lainnya adalah tidak perlu lagi berlama-lama di depan cermin untuk merias area mata. Hilangkan jauh-jauh kebiasaan Anda mendandani bagian mata, seperti penggunaan maskara dan pelentik bulu mata selama beberapa jam. Dengan eyelash extension, wanita bisa tampil lebih cepat, natural, namun tetap memberikan kesan cantik dari penampilan alami dari penggunaan bulu mata.

Baca juga : Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Berwarna

Namun, karena ada manfaat tentu ada juga risiko atau kontra tentang eyelash extension ini. Pertama, konon perekat bulu mata itu memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Tapi, sebenarnya ini bergantung pada di mana Anda melakukan extension, apakah salonnya terpercaya atau hanya asal.

Hal kontra kedua tentang pemasangan bulu mata adalah bulu mata asli bisa rontok karena pemasangan bulu mata lain. Ketika dilakukan eyelash, tidak pelak bulu mata asli akan dicabut dan digantikan dengan bulu mata baru. Bahkan kalau orang yang menggantinya kasar mencabut, bisa jadi ada pembengkakan.

Tips Perawatan Setelah Eyelash Extension

Dengan berbagai pendapat pro dan kontra tentang pemasangan bulu mata tersebut, sebenarnya extension itu aman, asalkan pelaksananya pintar memilih tempat dan pintar merawat diri. Misal, setelah dilakukan eyelash extension, sebaiknya pemasang menghindari kontak dengan air selama 24 jam. Jika dirasa belum cukup, artinya selama 24 jam masih terasa gatal, sebaiknya tambah lagi menjadi 48 jam.

Langkah tepat kedua yang harus diambil ketika selesai memasang bulu mata adalah tidak menggunakan produk make up oil based. Penggunaan make up oil based ini bisa merusak menempelnya lem pada bulut mata. Untuk membersihkan wajah juga sebaiknya menggunakan air yang mengalir dengan lembut.

Tidak perlu lagi mempercantik diri dengan penerapan maskara pada bulu mata yang sudah di extension. Pasalnya bulu mata sudah panjang dan lentik, jadi sebaiknya disisir saja sesekali. Langkah menghindari maskara dan pelentik bulu mata juga jauh lebih baik untuk keuangan yang digunakan membeli make up.

Diterapkannya eyelash extension sebenarnya guna meminimalisir penggunaan make up di area mata, seperti penggunaan maskara dan eyeliner. Sebab bagian mata sudah cantik permanen sehingga kalau mau tetap menggunakan eyeliner, bisa diterapkan di bagian ujungnya saja. Tidak perlu berlebihan karena nanti jadinya aneh, bukannya cantik. Sewajarnya saja karena bulu mata sudah sangat cantik.