Terapi Mata Minus – Miopia atau yang juga disebut dengan mata minus adalah penyebab paling umum yang terjadi dari gangguan penglihatan yang dialami oleh banyak orang di dunia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, tingkat perkembangan atau prevalensinya telah meningkat. Ketika mata minus terjadi, mungkin anda bertanya-tanya apakah ada obatnya atau setidaknya sesuatu yang dapat dilakukan untuk memperlambat perkembangannya. Sehingga anda tidak perlu atau tidak membutuhkan kacamata yang selalu berganti resep dari tahun ke tahun. Simaklah ulasan berikut mengenai mata minus dan pengobatan yang bisa dilakukan.

Kenali Apa Itu Mata Minus

Mata minus bisa terjadi akibat berbagai faktor termasuk faktor genetik atau keturunan. Kondisi ini akan memengaruhi kualitas visi jarak jauh seseorang, dimana visi akan buram ketika melihat objek yang jauh. Ini tidak hanya mengganggu kualitas penglihatan seseorang, namun juga bisa mempengaruhi kualitas hidup mereka. Apalagi jika mata minus terjadi pada anak-anak yang masih berada di bangku sekolah. Ini tidak hanya memengaruhi kemampuan belajarnya, namun juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan matanya di masa depan.

Sejumlah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan untuk setidaknya mengendalikan miopia atau mata minus dengan memperlambat perkembangannya selama masa kanak-kanak dan di kalangan remaja. Ketika mata minus terjadi, kesulitan membaca rambu-rambu jalan dan melihat objek di kejauhan dengan jelas adalah hal biasa yang akan anda alami. Tanda dan gejala yang umum dari mata minus seperti sering menyipitkan mata, mata yang tegang, bahkan tidak jarang disertai rasa sakit kepala.

Miopia atau mata minus terjadi ketika bentuk bola mata terlalu panjang yang berpengaruh terhadap kekuatan fokus kornea dan lensa mata. Kemudian menyebabkan sinar cahaya yang masuk terfokus pada suatu titik di depan retina, bukan langsung pada permukaannya. Mata minus juga bisa disebabkan oleh bentuk kornea atau lensa yang terlalu melengkung sehingga terjadi kesalahan bias. Di dalam beberapa kasus, mata minus ini bisa terjadi karena kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Baca Juga: Manfaat Ortho-k Sebagai Solusi Kelainan Refraksi yang Efektif

Pengendalian Mata Minus

Dalam memperlambat atau mengendalikan perkembangan mata minus, ada sejumlah perawatan yang  bisa dilakukan. Perawatan tersebut membuat perubahan pada struktur mata dan fokus mata guna mengurangi stres atau tekanan pada kornea mata. Metode perawatan yang tepat akan menghambat atau bahkan menghentikan perkembangan mata minus. Memperlambat perkembangan mata minus dapat mencegah proses perkembangan mata minus pada tingkat tinggi. Dimana anda akan membutuhkan pergantian resep kacamata dengan lensa yang mungkin akan semakin tebal.

Pengendalian mata minus sangatlah diperlukan guna mencegah kondisi yang lebih serius. Ketika tingkat mata minus terlalu tinggi seringkali hal tersebut dikaitkan dengan masalah mata yang serius di kemudian hari, seperti katarak dini hingga ablasi retina. Bebrapa metode pengobatan yang menunjukkan harapan untuk mengendalikan myopia diantranya:

  • Tetes mata atropine
  • Lensa kontak multifocal
  • Orthokeratology
  • Kacamata kontrol mata minus

Pengobatan Mata Minus

Tujuan standar mengobati mata minus adalah untuk meningkatkan penglihatan dengan membantu memfokuskan cahaya pada retina. Berikut ini langkah dalam mengobati mata minus yang bisa dilakukan seperti:

  1. Lensa resep

Mengenakan lensa korektif mengobati rabun jauh dengan menangkal peningkatan kelengkungan kornea atau bertambahnya panjang mata Anda.

  1. Operasi refraktif

Operasi refraksi mengurangi kebutuhan akan kacamata dan lensa kontak dengan menggunakan sinar laser untuk membentuk kembali kornea.

  1. Orthokeratology

Ini adalah metode pengobatan mata minus non bedah yang memungkinkan penglihatan normal sepanjang hari tanpa kacamata dan lensa kontak. Yang dibutuhkan hanya lensa khusus orthokeratology yang dipakai selama tidur di malam hari.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.