Low Vision – Low vision mencakup berbagai tingkat kehilangan penglihatan, dari titik-titik buta, penglihatan malam yang buruk, silau dan penurunan fungsi penglihatan. Gangguan penglihatan ini menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas atau dapat dikatakan memiliki penglihatan buram dan mengalami kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari karenanya. Penderita gangguan ini kemungkinan besar akan kesulitan dalam membaca, menulis, menonton televisi, mengenali wajah orang, dan hal lainnya. Bahkan penderita memiliki kemungkinan mengalami kehilangan penglihatan pada bagian tengah lapang pandang, bagian tepi lapang pandang, rabun senja, pandangan buram, atau berkabut. Hilangnya penglihatan secara permanen yang tidak berangsur baik dengan bantuan kacamata, obat-obatan atau operasi adalah resiko dari Low Vision yang dialami. Bagi para Penderita gangguan ini, perlu untuk mengetahui cara-cara baru guna menggunakan penglihatan yang masih tersisa dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya low vision itu sulit untuk disembuhkan. Namun, tidak menutup kemungkinan anda dapat mengurangi atau menurunkan resiko kehilangan penglihatan akibat low vision. Pelayanan treatment untuk low vision menjadi pilihan yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi resiko yang ditimbulkan. Layanan treatment tersebut dapat mencakup pemeriksaan mata, evaluasi penglihatan, pelatihan penggunaan alat visual dan adaptif, kelompok pendukung, serta pelatihan tentang cara melakukan kegiatan sehari-hari. Pelatihan dalam melakukan rutinitas sehari-hari melalui cara baru, membantu anda untuk melakukan aktifitas dengan baik. Penting sekali bagi anda yang mengalami low vision untuk rutin berkonsultasi dengan ahli nya dan melakukan treatment dengan maksimal.

Baca Juga: Ortho Keratology Sebagai Solusi Terbaik Mengatasi Miopi

Alat Bantu Untuk Low Vision

Dalam sebuah treatment low vision, alat optic yang memadai amatlah diperlukan. Dengan demikian, penderita dapat melatih kinerja mata ataupun untuk membantu mereka dalam melakukan satu kegiatan. Rendahnya kinerja fungsi penglihatan yang berakibat pada penurunan penglihatan secara konsisten, solusi yang baik menjadi kebutuhan penting. Salah satu alternatif atau solusi dalam menangani masalah low vision yang dialami, penggunaan alat bantu akan sangat membantu anda. Alat bantu yang dapat digunakan oleh penderita nya dalam beraktifitas mencakup alat bantu optik, alat bantu non optik dan perangkat elektronik.

Alat bantu optic dapat berupa kaca pembesar dan teleskop. Alat tersebut akan membantu anda dalam membaca buku atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan indra optik. Penggunaan kaca pembesar dapat membantu memperbesar tulisan maupun objek visual lainnya yang sedang diamati agar lebih mudah untuk dilihat dan dikenali. Terdapat berbagai jenis kaca pembesar yang dapat digunakan sebagai alatbanu optik berdasarkan kebutuhan dan tingkat kenyamanan. Sedangkan alat bantu optic berikutnya adalah teleskop. Teleskop memiliki kegunaan yang serupa dengan kaca pembesar, tapi bisa membantu melihat benda yang jaraknya lebih jauh. Saat ini sudah terdapat teleskop mini yang langsung dapat dipasang dengan kacamata.

Selain alat bantu optic, terdapat pula alat bantu non optic bagi penderita low vision. Alat bantu non optic ini terdiri dari berbagai jenis, salah satunya alat bantu yang dapat mengeluarkan suara. Salah satu contohnya adalah jam tangan. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis jam tangan yang dapat membacakan waktu yang tertera pada saat anda menekan tombol tertentu pada jam tersebut. Sedangkan untuk membantu navigasi gerak anda di rumah, langkah yang dapat diambil adalah menempelkan kain dengan tekstur yang berbeda-beda pada setiap rute yang sering dilalui. Selain itu, untuk menyiasati mata yang kurang awas akibat low vision, sebaiknya anda memakai alat tulis dengan warna yang mencolok dan ujung yang besar. Langkah-lagkah tersebut akan membantu anda dalam beraktifitas selain menggunakan alat banto optic.

Langkah terakhir adalah perangkat elektronik canggih yang bermanfaat bagi penderita low vision. Sebuah alat pembesar video dengan kamera yang akan terhubung dengan layar. Anda hanya perlu mendekatkan kamera pada objek yang ingin diamati atau dilihat. Kemudian alat tersebut akan membantu mentransfer gambar tersebut pada layar. Anda dapat mengatur besar gambar, warna, tingkat keterangan, dan juga tingkat kontras pada gambar sesuai dengan kenyamanan Anda.

Low Vision Treatment atau rehabilitasi mata bagi ada dengan penglihatan lemah merupakan satu-satu nya cara untuk dapat memaksimalkan penglihatan yang ada. Vio optical menawarkan low vision treatment dengan berbagai alat canggih dan lengkap. Semua peralatan untuk treatment dan rehabilitasi Low Vision disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan pasien untuk dapat melihat dengan lebih jelas tanpa bantuan orang lain. Vio Optical memiliki staff professional dan ahli optometery yang siap membantu segala keluhan kesehatan mata anda. Segera bergabung bersama kami untuk solusi kesehatan mata yang tepercaya dengan klik di sini.