Orthokeratology – Bagaimana jika dengan memakai lensa malam memungkinkan anda untuk bisa memiliki penglihatan yang jelas sepanjang hari meskipun mengalami miopia? Ini adalah manfaat yang ditawarkan oleh orthokeratology untuk memperbaiki visi anda. Orthokeratology merupakan alternatif non bedah dengan manfaat serta hasil efektif dalam memperbaiki visi anda yang bisa meningkat lebih baik lagi. Kenali apa itu orthokeratology dan bagaimana ini memperbaiki visi anda melalui pembahasan berikut ini.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratology adalah cara yang bagus untuk memulihkan penglihatan Anda. Lensa kontak khusus semalam dengan lembut membentuk kembali kornea dan membantu memulihkan penglihatan Anda dalam banyak kasus hingga 20/20. Prosedur ini dengan lembut membentuk kembali kornea dan memperbaiki cara kornea mengarahkan cahaya ke retina. Koreksi ini akan memulihkan rabun jauh, atau miopia, dan dalam beberapa kasus juga dapat digunakan untuk memperbaiki hyperopia (rabun dekat) dan astigmatisme.

Orthokeratology adalah teknik reversibel dan non-invasif di mana pemakaian lensa kaku pada malam hari digunakan untuk mengkompensasi cacat optik. Dan untuk mendapatkan penglihatan yang jelas dan tanpa koreksi pada siang hari. Metode ini memungkinkan dilakukannya koreksi miopia. Lensa ini memiliki radius kelengkungan yang dihitung untuk membentuk pusat kornea guna melakukan penataan ulang epitel kornea. Untuk miopia 3 dioptri, perlu menunggu penundaan selama 2 minggu sampai pasien dapat melihat sepanjang hari tanpa menambahkan koreksi.

Untuk Siapa Orthokeratologi Diindikasikan?

Orthokeratology dapat diindikasikan untuk anak-anak dari usia 5 atau 6 tahun untuk memperlambat perkembangan miopi. Dan diindikasikan pada orang dewasa hingga usia 50 atau 60 tahun untuk memperbaiki miopia dengan memodifikasi lengkungan kornea dengan memakai lensa keras pada malam hari. Atlet dan orang yang bekerja di lingkungan yang sulit untuk memakai kacamata atau lensa kontak bisa mendapatkan manfaat orthokeratology ini. Namun, pasien harus memenuhi kriteria tertentu untuk bisa mendapatkan manfaat dari perawatan orthokeratology seperti:

  • Pasien tidak boleh memiliki riwayat patologis
  • Pasien harus setuju untuk mengikuti protokol pemasangan, pelepasan dan perawatan lensa
  • Pasien harus menyelesaikan lebih dari 6 jam tidur setiap hari
  • Diameter pupil pasien tidak boleh terlalu besar
  • Pasien tidak memiliki alergi yang parah

Baca Juga: Pelajari Apa Itu Ortho-K Sebagai Perawatan Kelainan Refraksi Non Bedah

Bagaimana Prosedur Orthokeratology Bekerja?

Lensa orthokeratology adalah metode kesehatan yang memerlukan resep medis dan pemantauan rutin. Sebelum memulai adaptasi, pasien harus mengikuti serangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter mata yang berpengalaman dan berkualifikasi. Diantaranya, topografi kornea yang diperlukan untuk mendapatkan sifat geometris tertentu dari permukaan kornea seperti kelengkungan, ketebalan, atau reliefnya. Pemeriksaan topografi kornea harus dilakukan pada setiap pemeriksaan untuk memantau perubahan kornea.

Untuk menghasilkan gambar, bagaimanapun, cahaya melewati kornea, lapisan yang sangat tipis di permukaan mata. Ini membengkokkan atau membiaskan cahaya sehingga melewati pupil. Di sekitar pupil terdapat iris, yang mengatur jumlah cahaya yang masuk. Dari pupil, cahaya bergerak ke lensa, yang selanjutnya membelokkan cahaya, lalu ke retina, di mana gambar tampak terbalik. Terletak di bagian belakang mata, retina mengandung ribuan sel saraf, yang mengirimkan sinyal ke otak, yang kemudian menafsirkan gambar tersebut. Oleh karena itu, bentuk kornea dapat menentukan apakah penglihatan Anda akan tampak terdistorsi.

Jika anda adalah kandidat yang memungkinkan, maka anda akan melakukan tes yang melibatkan instrumen topografer untuk memetakan setiap detail kornea. Semua detail mata Anda dari tes termasuk topografi mata kemudian akan dikirim ke lab, yang akan mengembangkan cetakannya. Pada janji Anda berikutnya, cetakan akan dipasang. Anda juga akan diajari cara memakai dan merawat lensa. Anda mungkin juga akan diminta untuk kembali keesokan harinya untuk menentukan efek awal dari lensa tersebut, ketika dipakai semalaman.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.