Waspadai Glaukoma, Penyebab Kebutaan Kedua Setelah Katarak

Waspadai Glaukoma, Penyebab Kebutaan Kedua Setelah Katarak

VIO OPTICAL – Apakah Anda pernah mendengar gangguan penglihatan mata yang disebut dengan glaukoma? Mungkin saja terdengar biasa saja di sebagian orang, namun juga terdengar asing pada beberapa orang lainnya. Tetapi, Apakah Anda tahu bahwa gangguan mata yang satu ini bisa menjadi penyebab kebutaan nomor 2 sesudah katarak? Bukankah sangat mengerikan?

Untuk itu, apabila Anda ingin melakukan pemeriksaan rutin untuk penglihatan Anda maupun mengatasi berbagai gangguan penglihatan yang dialami, maka pergi ke VIO OPTICAL adalah solusi yang paling tepat. Karena VIO OPTICAL merupakan klinik yang bisa membantu Anda secara maksimal dan berikan Anda penglihatan yang optimal.

Apa itu Glaukoma?

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan atau tes glaukoma sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bahkan hingga kebutaan. Gangguan penglihatan yang satu ini bisa terjadi karena peningkatan tekanan cairan dalam bola mata.

Hal tersebut berakibat pada rusaknya serat lembut saraf optik yang memiliki tugas untuk mengirimkan gambar ke otak. Saraf optik tersebut, meliputi satu juta saraf yang menghubungkan antara retina dengan otak. Retina mata sendiri, merupakan lapisan yang melapisi bagian dalam mata dan peka terhadap cahaya.

Sehingga, tentu saja untuk bisa melihat dengan optimal maka membutuhkan komponen saraf optik yang sehat. Apabila kerusakan pada organ mata ini terlalu parah, maka glaukoma bisa saja membuat seseorang mengalami kehilangan penglihatan yang berlangsung selamanya. Faktor risiko utama glaukoma salah satunya adalah riwayat glaukoma pada keluarga atau memiliki sifat genetik.

Tentu saja gangguan penglihatan tersebut wajib untuk diwaspadai, karena pasalnya glaukoma tidak mempunyai rasa sakit maupun gejala awal. Maka dari itu, sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan atau skrining mata supaya bisa mengetahui tahap awal glaukoma itu sendiri.

Sangat penting untuk segera mengunjungi ahli mata atau spesialis mata di VIO OPTICAL, supaya bisa mendeteksi lebih awal apakah Anda mengalami glaukoma, serta segera mengobatinya sebelum semakin parah dan kehilangan penglihatan permanen.Gangguan penglihatan yang satu ini pada saraf optik tidak bisa disembuhkan, tetapi Sebagian besar kasus glaukoma umumnya semakin progresif jika tanpa disertai pengobatan yang tepat.

Gejala Glaukoma

Gangguan penglihatan glaukoma terdiri dari dua jenis, yaitu glaukoma kronis dan glaukoma akut. Glaukoma kronis adalah glaukoma yang biasanya terjadi secara perlahan, sedangkan untuk glaukoma akut adalah glaukoma yang biasanya bisa muncul dengan tiba-tiba.

Baca Juga: Manfaat dan Betapa Pentingnya Vision Therapy untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

Supaya Anda bisa mewaspadainya dan segera mendapatkan perawatan setelah mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya dialami oleh pasien glaukoma, diantaranya:

  • Kemerahan pada mata
  • Melihat lingkaran cahaya pada sekitar lampu
  • Nyeri pada mata dan bagian sekitarnya
  • Penglihatan buram
  • Mengalami muntah atau mual

Diagnosis Glaukoma

Sangat penting untuk dilakukan screening mata dengan lengkap untuk memberikan diagnosis pasien glaukoma. Pemeriksaan glaukoma mata ini bisa dilakukan oleh ahli mata, yang mana pastinya tidak memerlukan waktu lama dan tidak menimbulkan rasa sakit. Yang pertama kali akan ditanyakan oleh ahli mata adalah mengenai gejala atau keluhan yang dirasakan oleh pasien glaukoma, hingga tentang riwayat penyakit maupun riwayat keluarga pernah mengalami gangguan mata seperti apa.

Kemudian, akan dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan dan mengukur tekanan bola mata. Jika tekanan bola mata menunjukkan hasil normal, maka spesialis akan memberi obat tetes mata supaya pupil melebar. Hal ini dilakukan supaya spesialis mata bisa melihat pada bagian mata dalam.

Setelah mengetahui segala informasi mengenai glaukoma yang telah disebutkan diatas, maka sangat penting untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan mata yang rutin. Supaya Anda dan keluarga bisa memiliki penglihatan yang selalu optimal? Maka, lebih baik untuk segera mengunjungi VIO OPTICAL. VIO Optical Clinic adalah eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.

Artikel Terkait

Promo Terbaru

Artikel Terpopuler

Pentingnya Pemeriksaan Mata