Tahukah Anda Apa itu Gangguan Penglihatan Low Vision?

Tahukah Anda Apa itu Gangguan Penglihatan Low Vision?

Low Vision – Pandangan kabur atau buram seringkali menghambat aktivitas kita. Ketika Anda mengalami pandangan yang kabur atau buram, hal tersebut bisa menjadi tanda anda mengalami gangguan penglihatan. Pada beberapa kasus gangguan penglihatan, diperlukan perawatan khusus untuk meningkatkan ketajaman visual dan kualitas visual yang dimiliki seseorang. Gangguan penglihatan berupa low vision termasuk gangguan penglihatan yang membutuhkan perawatan khusus. Kenali apa dan penyebab low vision pada pembahasan berikut.

Apa itu Low Vision?

Low vision atau yang disebut juga sebagai penglihatan rendah adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan penurunan ketajaman visual. Pada kondisi low vision, seseorang akan kehilangan penglihatan secara perlahan, namun tidak berarti mengalami kebutaan. Mereka cenderung mengalami keterbatasan penglihatan yang mungkin tidak bisa diperbaiki hanya dengan lensa korektif. Kondisi low vision pada tingkat yang parah akan berdampak pada penurunan kualitas hidup seseorang.

Low vision bukanlah kondisi kebutaan total atau tidak bisa melihat sama sekali. Dimana penderita low vision umumnya masih bisa melihat dengan penglihatan yang terbatas.  Mereka masih bisa melihat berbagai bentuk angka dan huruf, serta masih peka terhadap cahaya. Keterbatasan visual yang dialami oleh penderita low vision mungkin berbeda-beda, hal ini tergantung pada faktor utama yang menyebabkannya. Gangguan penglihatan ini termasuk masalah kesehatan mata yang serius, karena berdampak pada penurunan produktivitas individu.

Kenali Ciri-Ciri Low Vision

Low vision yang mempengaruhi kemampuan visual seseorang dapat mempengaruhi produktivitas bahkan kualitas hidup mereka. Penurunan ketajaman visual dan keterbatasan visual yang dialami seseorang bisa memburuk jika tidak mendapatkan penanganan tepat. Sangat penting melakukan deteksi dini untuk mencegahnya berkembang parah. Untuk itu, kenali ciri-ciri low vision berikut ini:

  • Penglihatan yang kabur meski memakai kacamata
  • Kesulitan mengenali wajah orang yang dikenal
  • Kesulitan dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan peran visual, seperti membaca
  • Kesulitan dalam membedakan jarak atau objek tertentu seperti tangga
  • Tidak dapat membedakan warna dengan tepat
  • Adanya titik buta di pusat penglihatan
  • Penglihatan malam yang buruk
  • Silau (sensitif terhadap cahaya)
  • Kehilangan penglihatan hampir sepenuhnya

Baca Juga: Alasan Penting Mengapa Memilih Orthokeratology untuk Perbaiki Masalah Visual

Ketahui Penyebab Low Vision

Terdapat beberapa penyebab low vision yang umumnya terkait dengan kondisi penyakit tertentu. Salah satu penyebab paling umum dari low vision adalah degenerasi makula terkait usia. Ini adalah kondisi terjadinya penurunan fungsi pada makula, bagian mata berbentuk bulat di bagian belakang retina. Degenerasi makula sendiri seringkali dipicu oleh beberapa kondisi seperti usia usia 45 tahun atau lebih dan kondisi kesehatan seperti diabetes. Selain itu, beberapa faktor penyebab lain low vision seperti:

  • Glaukoma
  • Katarak
  • Retinopati diabetik
  • Cedera mata
  • Cedera otak
  • Kanker mata
  • Albinisme
  • Kelainan bawaan, seperti retinitis pigmentosa

Apa Pengobatan yang Dibutuhkan untuk Low Vision?

Gangguan penglihatan low vision membutuhkan perawatan khusus, dan tidak hanya sekedar kacamata biasa. Dibutuhkan terapi yang dapat memperbaiki penglihatan dan membantu Anda dalam mengoptimalkan kemampuan visual yang dimiliki. Dengan begitu anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah, atau menjaga penglihatan Anda agar tidak memburuk. Terapi penglihatan dan rehabilitasi penglihatan rendah sangat diperlukan untuk membantu memaksimalkan visi terbatas yang masih tersisa.

Pilihan pengobatan dan perawatan untuk low vision tergantung pada kondisi mata tertentu yang menyebabkan low vision. Anda perlu melakukan pemeriksaan pada dokter mata guna menentukan perawatan yang tepat guna meningkatkan penglihatan dan membantu melindungi penglihatan Anda yang tersisa. Menemukan cara untuk memaksimalkan penglihatan Anda berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup anda sehingga anda bisa terus melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.

Artikel Terkait

Promo Terbaru

Artikel Terpopuler

Pentingnya Pemeriksaan Mata