Klinik Mata JakartaBanyak orang dengan mata kering yang menjauhi pemanfaatan lensa kontak (softlens). Rasanya serba salah, sekiranya tidak manfaatkan lensa kontak maka penglihatan dapat kabur, tetapi terkecuali manfaatkan lensa kontak kuatir rasa perih, gatal, hingga kemerahan pada mata dapat makin lama parah. Lantas, adakah solusi yang pas terkecuali dambakan selalu manfaatkan softlens untuk mata kering?

Panduan safe manfaatkan softlens untuk mata kering

Mata kering berlangsung disaat memproduksi air mata, yang seharusnya bertugas untuk melembabkan semua anggota mata, malah tidak berfaedah secara optimal. Bagi Anda yang mempunyai keadaan ini, kemungkinan dapat menjadi ragu selagi dambakan kenakan lensa kontak.

Memang, cara pemanfaatan dan perawatan softlens yang kurang pas justru sanggup memperburuk mata kering. Bahkan, sanggup tingkatkan risiko infeksi agar membawa dampak Anda tidak nyaman.

Namun, Alisha Fleming, O.D., seorang spesialis mata di Penn Medicine Amerika Serikat, mengatakan bahwa Anda selalu sanggup manfaatkan softlens untuk mata kering, kok. Asalkan, senang menerapkan ketentuan amannya, meliputi:

1. Pastikan tangan bersih sebelum saat manfaatkan softlens

Aturan ini sebenarnya wajib diperuntukan oleh semua pemakai lensa kontak. Pasalnya, langsung memegang dan kenakan lensa kontak tanpa mencuci tangan terutama dahulu sanggup berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi berasal dari jari tangan ke softlens, selanjutnya berakhir di mata Anda.

Kuncinya, biasakan untuk selalu mencuci tangan manfaatkan sabun selanjutnya bilas dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian keringkan semua anggota tangan sebelum saat Anda manfaatkan lensa kontak.

2. Lepas softlens sebelum saat tidur

Kebiasaan tidur tetap kenakan lensa kontak sanggup mengakibatkan kerusakan memproduksi air mata alami yang seharusnya melumasi semua anggota mata. Akibatnya, mata kering Anda dapat menjadi makin lama parah.

Bukan hanya itu, Nicky Lai, O.D., seorang spesialis kesehatan mata di The Ohio State University, menyebutkan bahwa sering lupa melewatkan softlens selagi hendak tidur sanggup membahayakan kornea mata yang merupakan lapisan pelindung paling luar.

Alasannya, dikarenakan jumlah oksigen yang masuk ke mata selama tidur tidak sebanyak dibanding disaat mata terbuka.

3. Gunakan softlens sekali pakai

Ada dua jenis lensa kontak yang umum beredar di pasaran, yakni yang sanggup dipakai selama lebih dari satu bulan dan lensa kontak sekali pakai. Nah, softlens untuk mata kering yang paling direkomendasikan adalah yang tidak boleh dipakai didalam selagi lama. Alangkah lebih baiknya ulang sekiranya Anda menentukan softlens sekali pakai.

Baca Juga : Muncul Bintik Kuning Pada Mata Apa Penyebabnya ?

Mengapa? Karena softlens yang sudah dipakai didalam selagi lama terkandung banyak kotoran yang menumpuk di dalamnya, agar menyusahkan air mata untuk menyebar secara merata ke semua area mata Anda.

4. Bersihkan wadah softlens tiap tiap kali digunakan

Tidak hanya lensa kontak yang harus Anda jaga kebersihannya, tetapi termasuk wadah area menyimpan lensa kontak. Lakukan hal ini secara teratur tiap tiap kali Anda manfaatkan softlens, atau lebih-lebih tiap tiap hari demi menanggung kebersihannya.

Aturannya, sehabis softlens dipakai ke mata, maka wadah softlens harus dibilas manfaatkan larutan atau cairan pembersih softlens. Kemudian diamkan hingga kering atau lap dengan tisu bersih. Semua cara ini sanggup mengecilkan kemungkinan munculnya peradangan dan infeksi penyebab persoalan pada mata.

5. Gunakan tetes mata sesering mungkin

Tetes mata adalah salah satu benda yang harus dimiliki oleh orang dengan mata kering. Produksi air mata yang tidak sanggup melumasi mata dengan baik, sanggup lebih terbantu dengan adanya air mata buatan berasal dari obat tetes mata.

Air mata mempunyai peran penting sebagai pelindung mata berasal dari kuman sekaligus merawat kesehatan mata secara menyeluruh. Itu sebabnya, jumlah air mata yang tidak mencukupi pada penderita mata kering tidak hanya menciptakan rasa tidak nyaman, melainkan termasuk dapat tingkatkan risiko infeksi.

6. Hindari manfaatkan lensa kontak didalam selagi lama

Lensa kontak sebenarnya tidak didesain untuk digunakan didalam selagi lama, lebih-lebih hingga seharian penuh. Idealnya, mata normal sanggup manfaatkan lensa kontak paling lama 10 jam didalam sehari. Namun terkecuali Anda mempunyai mata kering, maka otomatis selagi pemanfaatan lensa kontak pun dapat lebih singkat.

Dr. Shibayama pun ikut memberi tambahan hal ini, menurutnya sebaiknya beri ruang untuk mata agar sanggup bernapas lega selama lebih dari satu jam sehari. Artinya, sisihkan lebih dari satu selagi Anda didalam sehari tanpa manfaatkan softlens. Tujuannya untuk melewatkan mata agar mendapatkan oksigen dan juga nutrisi yang lumayan berasal dari air yang diproduksi secara alami oleh mata, tanpa harus terhalang oleh lensa kontak.

7. Rutin periksa ke dokter mata

Patuhi jadwal periksa ke dokter mata, samasekali gejala mata kering Anda sudah menjadi membaik. Terutama bagi Anda pengguna lensa kontak, umumnya dokter dapat mengecek total mata sekaligus meresepkan obat tetes mata baru sesuai keadaan mata. Anda termasuk sanggup berkonsultasi seputar keluhan yang kemungkinan dulu dialami selama manfaatkan softlens untuk mata kering.