Klinik Mata JakartaLiburan adalah moment yang bisa saja sudah Anda tunggu-tunggu sejak lama. Anda bisa saja sudah merencanakan beragam kesibukan seru selama liburan, jikalau naik flying fox atau coba semua wahana di taman rekreasi. Nah, membuat Anda yang

menggunakan kacamata dikarenakan mata minus atau plus, rasanya sebenarnya lebih praktis kalau menggunakan lensa kontak saja. Lantas bagaimana cara menggunakan lensa kontak yang safe dan tidak mengganggu kesibukan selama berlibur? Simak terus tipsnya didalam ulasan berikut.

Cara menggunakan lensa kontak yang safe dan nyaman selama liburan
1. Pakai kacamata hitamMenggunakan lensa kontak waktu liburan sebenarnya mesti hati-hati. Nah, keliru satu cara menggunakan lensa kontak yang safe waktu liburan adalah dengan menjaganya menggunakan kacamata hitam. Terutama kalau Anda berlibur di daerah yang panas terik layaknya di pantai.

Pasalnya, kacamata hitam bisa berikan dukungan bagi lensa kontak berasal dari terpaan angin yang akan membawa dampak mata kering. Memakai lensa kontak seharian disempurnakan banyaknya bisa saja debu dan angin yang masuk ke mata, bisa

Anda cegah dengan menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam termasuk bisa merawat mata berasal dari sinar matahari yang terik dan menyilaukan.

2. Pilih lensa kontak yang disempurnakan dengan dukungan ultraviolet (UV)
Ada beragam style lensa kontak di pasaran yang disempurnakan dengan kegunaannya masing-masing. Salah satu style yang bisa mendukung kesibukan Anda selama liburan, yakni lensa kontak yang mengandung proteksi berasal dari ultraviolet.

Lensa kontak style ini bisa mengurangi bisa saja sinar ultraviolet menembus mata. Bahkan kalau idamkan dukungan yang lebih baik, Anda bisa memadukan penggunaan lensa kontak antiultraviolet dan kacamata hitam.

3. Coba lensa kontak sekali menggunakan (disposable contact lenses)
Biasanya kala berlibur, Anda akan pergi berjalan-jalan seharian penuh. Ini akan membawa dampak mata lebih rentan iritasi.

Pasalnya debu, kotoran, bahkan pasir berukuran kecil pun bisa masuk ke mata. Jika Anda kembali menggunakan lensa kontak yang sudah terkontaminasi unsur-unsur ini, ditakutkan iritasi pada mata akan makin parah.

Baca Juga : Ini Bahayanya Kalau Anda Sering Kebablasan Tidur Masih Pakai Lensa Kontak

Solusinya, Anda bisa coba style lensa kontak sekali pakai. Tak mesti repot kembali untuk bersihkan lensa kontak tiap tiap hari. Kelebihan lain berasal dari style lensa kontak ini yakni bisa menghindar mata berasal dari mengalami risiko mata kering

kronis, infeksi pada susunan kornea, dan iritasi. Terlebih lagi, ini amat disarankan penggunaannya bagi yang mempunyai alergi.

4. Ganti lensa kontak dengan kacamata
Sesekali, tidak tersedia salahnya selingi penggunaan lensa kontak dengan kacamata minus biasa. Sebab kenakan lensa

kontak masih dikategorikan layaknya sedang menggunakan benda asing berasal dari plastik pada mata kita. Yang lebih buruknya, kalau amat sering menggunakan lensa kontak, bisa membuat perubahan cara kerja sel-sel mata Anda.

Maka itu, amat disarankan untuk menyelingi penggunaannya dengan kacamata sesekali. Meski kadang terkesan melelahkan mesti menggunakan kacamata seharian, tetapi jikalau sudah punya kebiasaan maka perihal ini tidak amat buruk, kok.

Disamping itu, penggunaan kacamata akan lebih memaksimalkan kesibukan liburan Anda tanpa mesti cemas mata iritasi akibat lensa kontak.

5. Hindari tidur dengan masih kenakan lensa kontak
Tak jarang dikarenakan saking banyaknya kesibukan yang dilakukan, membawa dampak Anda kembali ke daerah penginapan didalam suasana lelah. Eitss tunggu dulu, sebelum Anda amat terlelap, tersedia baiknya luangkan sedikit waktu untuk membebaskan dan bersihkan lensa kontak. Pasalnya, lensa kontak tidak dirancang untuk dipakai didalam waktu yang lama.

Batas waktu yang disarankan untuk menggunakannya didalam sehari cuma sekitar 10-12 jam. Jika lebih berasal dari itu, akan menambah bisa saja mata mengalami infeksi serius. Bahkan risiko ini bisa makin makin tambah setelah Anda menghabiskan waktu seharian penuh di daerah yang berangin atau di daerah yang berpasir.

6. Hindari berenang menggunakan lensa kontak
pentingnya menggunakan kacamata renang
Dilansir berasal dari laman All About Vision, air bisa menjadi sumber virus dan mikroba berbahaya. Salah satunya adalah Acanthamoeba yang bisa melekat pada lensa kontak agar membawa dampak kornea menjadi terinfeksi dan meradang.

Jika infeksinya sudah amat parah, Anda bisa saja kehilangan penglihatan (buta) secara permanen. Bahkan perlu transplantasi kornea untuk memulihkan penglihatan kembali.

Karena itu, usahakan untuk melindung mata dengan baik selama berenang, yakni dengan menggunakan kacamata renang. Sebelum liburan, sebaiknya Anda menentukan kacamata renang dengan lensa spesifik yang sudah diresepkan cocok dengan suasana mata Anda. Misalnya kalau Anda mempunyai mata minus, plus, atau silinder.

7. Usahakan untuk selalu meneteskan obat tetes mata
cara menggunakan obat tetes mata
Cara menggunakan lensa kontak selama liburan lainnya yang tak kalah mutlak yakni untuk selalu meneteskan kembali mata

selama menggunakan lensa kontak setidaknya 2-4 kali didalam sehari. Sebab, lensa kontak perlu ketekunan air mata yang sehat selama pemakaiannya.

Sedangkan kesibukan yang Anda melakukan di luar ruangan bisa membawa dampak jumlah air mata berkurang. Maka itu, meneteskan kembali obat tetes mata spesifik lensa kontak bisa membawa dampak mata Anda lembap dan fresh kembali.