Klinik Mata – Rabun jauh merupakan salah satu gangguan penglihatan yang paling sering dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Pada umumnya, seseorang yang mengalami rabun dekat akan mengalami sebuah kondisi kesulitan ketika membaca atau melihat sebuah objek dari jarak yang dekat. Rabun dekat ini istilah medisnya seringkali disebut dengan hipermetropi.

Tentu saja apabila rabun dekat ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, maka Anda bisa segera pergi ke klinik mata untuk mengobati atau setidaknya meringankan gejala yang dirasakan, supaya bisa beraktivitas optimal seperti biasanya.

Pada umumnya, rabun dekat ini bisa menyebabkan berbagai kondisi seperti mata berair, mata lelah, nyeri di sekitar mata, sakit kepala, hingga harus menyipitkan mata setiap kali melihat sebuah objek pada jarak yang dekat. Gejala dari rabun dekat ini dapat diketahui dengan seseorang yang mulai kesulitan untuk melihat objek dalam jarak yang dekat. Ada begitu banyak cara yang bisa digunakan untuk mencegah rabun dekat.

Tips Mencegah Rabun Dekat

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa meskipun rabun dekat ini biasanya terjadi pada seseorang di atas usia 40 tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa rabun dekat juga bisa terjadi pada kalangan muda atau bahkan juga anak-anak. Berikut ini adalah berbagai cara yang mungkin saja bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan rabun dekat, diantaranya:

Menghindari Memakai Gadget saat Rebahan

Menggunakan Gadget seperti smartphone dan laptop, dalam kondisi rebahan dan pada ruangan yang gelap merupakan salah satu penyebab dari hipermetropi. Hal ini bisa terjadi karena sinar yang dipancarkan dari layar gadget adalah sinar radiasi yang sifatnya destruktif. Sinar radiasi akan terfokus pada retina pada kondisi pencahayaan yang rendah. Paparan sinar radiasi yang berlebihan dan berkelanjutan, bisa menjadi penyebab kerusakan pada beberapa sel fotoreseptor retina. Pada akhirnya, terjadi kerusakan pada retina dan biasanya akan cukup sulit untuk disembuhkan dan diobati.

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi untuk Mata

Mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup, tentu saja bisa membantu untuk pertumbuhan sel-sel retina semakin optimal. Asupan nutrisi seperti vitamin A yang bisa didapatkan dari sayur-mayur, buah-buahan, daging, ikan, dan makanan lainnya.

Baca Juga: Mengatasi Mata Berair dengan Mengetahui Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Menghindari Konsumsi Kopi Berlebih

Ternyata ada beberapa penelitian yang menjelaskan tentang kopi yang bisa merusak saraf penglihatan, yang mana secara fungsi penglihatan ini bertugas untuk meneruskan informasi dari mata menuju otak. Apabila saraf penglihatan terdapat sebuah kerusakan, maka ketajaman penglihatan akan semakin menurun. Maka dari itu, lebih baik untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari satu gelas dalam satu hari, di mana termasuk juga sebagai upaya pencegahan rabun dekat.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Upaya pencegahan rabun dekat atau hipermetropi yang selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal tersebut disebabkan oleh asap rokok yang bisa mengganggu kerja metabolisme tubuh, sehingga dalam proses penyerapan nutrisi dari makanan yang sudah dikonsumsi terganggu.

Melakukan Pemeriksaan Mata Rutin

Melakukan pemeriksaan mata yang rutin ke klinik mata tentu saja bisa termasuk sebagai upaya pencegahan rabun dekat. Karena dengan melakukan pemeriksaan mata yang rutin nantinya Anda akan bisa segera tahu jika mengalami Berbagai gangguan kesehatan tertentu. Apabila Anda mulai merasakan berbagai gejala dari rabun dekat, nantinya Anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk menjelaskan bagaimana riwayat kondisi kesehatan mata Anda pada spesialis mata. Hal tersebut pastinya akan memudahkan penanganan gejala dari rabun dekat atau gangguan penglihatan lainnya yang Anda alami

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.