Klnik Mata Jakarta – Bukan cuma jadi tidak nyaman, mata merah termasuk sanggup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan tidak cuma itu, situasi ini termasuk dapat mengganggu tampilan Anda. Lantas, apa penyebab mata merah? Cara paham jawabannya didalam artikel ini.

Berbagai penyebab mata merah

1. Konjungtivitis
Konjungtivitis atau yang termasuk sering disebut bersama pink eye adalah infeksi mata yang paling umum dan menular. Kondisi ini berlangsung saat konjungtiva, yakni membran transparan yang menutupi bola mata dan bagian didalam kelopak mata mengalami infeksi. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah pada mata jadi teriritasi dan membengkak, supaya mengakibatkan mata nampak kemerahan.

Karena konjungtivitas bersifat menular, maka Anda kudu beroleh perawatan sedini barangkali untuk hindari penularan ke orang lain.

2. Mata kering
Sindrom mata kering berlangsung saat kelenjar air mata tidak mengolah lumayan banyak cairan mata, baik berasal dari segi jumlah dan kualitas, untuk melumasi mata Anda. Akibatnya, hal tersebut mengakibatkan mata Anda jadi kering dan teriritasi supaya nampak memerah.

Anda sanggup menambahkan obat tetes mata atau air mata buatan (artificial tears) tiap tiap 2-3 jam sekali atau cocok bersama petujuk yang tertulis pada kemasan, untuk membantu meringankan situasi ini.

3. Alergi
Mata merah sering disebut sebagai mata alergi. Hal ini berlangsung gara-gara reaksi umum berasal dari alergi adalah mata merah. Ketika sistem kekebalan Anda bereaksi pada zat asing, layaknya debu, serbuk sari, bulu binatang, bahan kimia khusus yang ada didalam makeup ataupun larutan lensa kontak, tubuh Anda secara alami melepaskan histamin sebagai upaya untuk melawan penyebab alergen. Akibatnya, histamin mengakibatkan pembuluh mata membesar supaya mengakibatkan mata Anda jadi merah dan berair.

Menghindar segala hal yang sanggup mengakibatkan alergi dan minum obat antihistamin sanggup membantu meringankan reaksi alergi yang Anda alami.

Baca Juga : Perlukah Pakai Kacamata Renang Minus Saat Berenang

4. Mata lelah
Terlalu lama menatap layar monitor, TV, ataupun handphone dapat mengakibatkan Anda secara tidak paham jarang berkedip. Padahal, berkedip merupakan keliru satu cara alami untuk melembapkan mata Anda supaya sanggup menghindar mata kering dan merah.

Untuk kurangi risiko mata capek gara-gara berkelanjutan berfokus pada layar komputer, Anda sanggup manfaatkan kacamata anti radiasi yang dirancang khusus untuk menjaga mata berasal dari paparan cahaya computer dan menerapkan peraturan 20-20-20.

Aturan 20-20-20 menyarankan Anda berpaling berasal dari layar monitor tiap tiap 20 menit sekali dan mengistirahatkan mata Anda selama 20 detik bersama lihat objek benda yang jaraknya kira-kira 20 kaki (6 meter). Jika diperlukan, Anda termasuk sanggup meneteskan obat mata ataupun air mata buatan manfaat melembapkan mata Anda.

5. Cedera di mata
Trauma atau luka pada mata yang disebabkan gara-gara kecelakaan, terpapar benda asing atau zat kimia, baru menjalani operasi, goresan kecil yang mengakibatkan kornea lecet, atau luka bakar termasuk sanggup jadi penyebab mata merah.

Hal ini berlangsung gara-gara pembuluh darah di mata Anda melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah ke wilayah cedera supaya sistem penyembuhan sanggup berlangsung lebih cepat. Pelebaran atau kadang waktu kerusakan pembuluh darah di mata inilah yang mengakibatkan mata Anda jadi nampak kemerahan.

Itu sebabnya, kalau ada benda asing yang tidak sengaja masuk dan melukai mata, langsung temui dokter supaya Anda beroleh perawatan medis cocok bersama keperluan Anda.

6. Kondisi medis tertentu
Selain beragam penyebab yang udah disebutkan di atas, kemerahan pada mata kadang waktu sanggup menandakan adanya penyakit mata yang lebih serius, layaknya uveitis atau glaukoma. Itu sebabnya, kalau mata merah Anda tetap berlanjut atau justru tambah memburuk, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.