Klinik Mata JakartaApakah Anda punyai formalitas tidur malam, makan makanan cepat saji, atau sering terpapar sinar matahari? Hal-hal tersebut sanggup mempercepat penuaan mata Anda! Berikut adalah 6 formalitas buruk yang menyebabkan mata Anda cepat tua dan lebih rentan terkena penyakit.

1. Panas-panasan tanpa kacamata hitam
Jika Anda sering terpapar sinar ultraviolet (UV) berasal dari matahari sanggup mempercepat rusaknya mata dan kelopak mata Anda. Paparan sinar matahari berkesinambungan sanggup menyebabkan sunburn atau terbakar oleh sinar matahari pada

permukaan depan mata (fotokeratitis), katarak, degenerasi makula, pinguekula, pterigium (pertumbuhan susunan segitiga di

permukaan bagian depan mata), bahkan sanggup menyebabkan kanker di kelopak mata. Menggunakan kacamata hitam atau sunglasses yang punyai UV protection 100% sanggup menghambat hal-hal tersebut.

2. Menatap layar terlampau lama
Kebiasaan menatap layar smartphone, tablet, atau laptop sanggup menyebabkan ketegangan pada mata, supaya sanggup

menyebabkan penglihatan kabur dan sakit kepala. Anda kudu memberi tambahan istirahat pada mata dengan berpaling berasal dari layar Anda lebih dari satu kali setiap jam dengan interval selama 30 detik.

3. Merokok
Kebiasaan merokok sanggup merusak semua organ di dalam tubuh, termasuk mata Anda. Hasil penelitian menyatakan bahwa merokok terjalin dengan penyakit mata layaknya katarak, degenerasi makula, uveitis, dry eyes atau mata kering, dan

retinopati diabetik. Fakta menyatakan bahwa perokok punyai risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami kebutaan dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Berhenti merokok, berapapun usia Anda saat ini, sanggup turunkan risiko penyakit mata yang serius.

Baca Juga : 5 Kiat Mencegah Mata Kering Makin Parah Ketika Menopause

4. Kebiasaan makan yang buruk
Apakah Anda sering makan makanan cepat saji serta jarang makan buah dan sayur? Jika ya, maka Anda kemungkinan besar tidak meraih vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang memadai untuk kesegaran mata Anda. Sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan layaknya ikan salmon sanggup menghambat banyak penyakit degeneratif mata. Vitamin mata sanggup

berikan tambahan nutrisi, namun makanan yang sehat, olahraga tertib setiap hari, dan menjaga berat badan Anda adalah cara yang lebih efisien di dalam menjaga kesegaran mata Anda.

5. Tidur gunakan soft lens
Jika Anda pengguna soft lens, sebaiknya Anda tidak mengenakannya pada saat Anda tidur dikarenakan lensa kontak tidak

boleh dipakai di dalam saat yang terlampau lama. Penggunaan yang terlampau lama sanggup menyebabkan mata Anda jadi sakit dan kering, serta sanggup menimbulkan infeksi pada mata Anda.

6. Tidak lakukan pemeriksaan mata secara rutin
Pemeriksaan mata secara teratur sanggup mendeteksi problem penglihatan, penyakit mata, dan masalah kesegaran secara

lazim sebelum akan Anda mengerti ada masalah kesegaran pada mata Anda. Penyakit mata yang mengancam jiwa layaknya glaukoma sering kali tidak punyai tanda-tanda sampai terjadinya kehilangan penglihatan yang permanen.

Anda kudu memberitahukan riwayat penyakit mata keluarga Anda untuk menolong dokter di dalam pilih apakah Anda punyai

risiko tinggi terkena penyakit atau kondisi mata tertentu. Mulailah menjadwalkan pemeriksaan mata secara berkala untuk Anda dan keluarga Anda berasal dari sekarang!