Klinik Mata BekasiMemasuki umur 45 tahun, kebanyakan wanita bakal mengalami menopause. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh lebih sedikit membuahkan hormon reproduksi, layaknya estrogen dan progesteron. Penurunan hormon tersebut tenyata bisa

mengundang berbagai gejala, keliru satunya mata kering. Lalu, bagaimana cara menghambat mata kering tidak jadi paraah dan mengganggu aktivitas?

Mencegah mata kering ketika masuk era menopause
Kondisi ini bisa keluar sebelum saat atau setelah menopause. Peneliti mengungkapkan bahwa penurunan persentase hormon reproduksi ternyata beri tambahan dampak pada jaringan dan komposisi air mata.

Gangguan pada mata ini sebabkan mata perih, terbakar, ada yang mengganjal di mata, peka bersama cahaya, dan pandangan kabur. Bila Anda mengalami menopause bersama gejala ini, cara Anda melindungi mata harus benar. Jangan bingung, ikuti tips ini sehingga menghambat mata kering makin tambah parah.

1. Hindari pemicu

Selama Anda melindungi mata Anda bersama benar, gejala mata kering bisa dikurangi keparahannya. Salah satunya bersama menjauhi berbagai pemicunya, seperti:

  • Cahaya ruangan yang sangat terang
  • Menggunakan lensa kotak
  • Menjaga kelembapan udara dan tidak keluar tempat tinggal waktu cuaca berangin
  • Hindari asap kendaraan dan asap rokok
  • Hindari aktivitas layaknya bersepeda atau memainkan permainan di air

2. Gunakan kacamata cocok tempatnya

Mata kering akibat menopause sebabkan Anda menjadi lebih peka bersama cahaya. Untuk itu, pengaturan sinar di didalam ruangan harus sesuai bersama kenyamanan Anda; tidak sangat gelap maupun sangat terang.

Bila melaksanakan aktivitas di luar tempat tinggal di siang hari, sebaiknya gunakan kacamata hitam khusus. Kacamata ini bisa mengurangi banyaknya sinar yang masuk ke mata. Namun, menjauhi memakai kacamata tersebut di didalam ruangan. Pasalnya, kepekaan mata bakal jadi meningkat jika Anda memakai kacamata di didalam ruangan.

Baca Juga : Kiat Mengatasi Mata Kering, Baik di Musim Kemarau dan Musim Hujan

3. Perhatikan pilihan makanan

Makanan beri tambahan dampak besar pada kebugaran mata Anda. Jika udah punyai mata kering, pilihan makanan harus diperhatikan. Perbanyak makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin A yang mendorong produksi air mata sehat lebih banyak. Misalnya, layaknya ikan salmon, tuna, wortel, kangkung, bayam, brokoli, dan paprika merah.

4. Rutin cek kebugaran mata dan minum obat

Mata kering bisa diringankan bersama obat tetes mata untuk menaikkan produksi air mata. Supaya tetap aman gunakan obat tetes mata tanpa resep dokter, ada sebagian hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Gunakan tidak lebih dari 4 kali sehari sehingga mata tidak iritasi
  • Jangan sangat sering gunakan obat tetes untuk mengurangi kemerahan mata
  • Menggunakan salep mata spesifik mata kering tidak sangat tidak tipis sebab bakal mengganggu penglihatan Anda

Sementara dokter kebanyakan beri tambahan perawatan mata kering cocok bersama kondisi Anda, seperti:

  • Obat untuk engurangi radang kelopak mata
  • Obat untuk mengurangi peradangan kornea
  • Sisipan mata
  • Obat perangsang air mata, ada didalam wujud pil, gel, atau tetes mata
  • Lensa kotak spesifik untuk melindungi kelembapan mata

Supaya kondisi mata Anda tetap terkendali, cek mata Anda ke dokter secara rutin. Jangan lupa, konsultasikan pertumbuhan pengobatan yang Anda melaksanakan pada dokter.

5. Batasi pemanfaatan gadget

Paparan sinar biru dari ponsel, komputer, atau gadget bisa sebabkan penurunan faedah mata. Jika mata Anda udah bermasalah, maka batasi waktu Anda gunakan gadget. Apalagi memainkannya di waktu yang tidak tepat, layaknya di ruangan gelap pada malam hari.