Klinik Mata Bekasi – Pernahkah ada yang mengatakan kepada Anda bahwa membaca dalam cahaya redup dapat merusak penglihatan Anda? Atau, bahwa mata Anda bisa menjadi lebih lemah jika Anda memakai kacamata resep yang didapatkan dari klinik mata? Ini hanyalah dua contoh kesalahpahaman umum tentang perawatan mata yang masih banyak terjadi hingga saat ini. Penasaran dengan mitos lain yang mungkin pernah Anda dengar tentang penglihatan Anda? Baca terus untuk mengetahui delapan miskonsepsi-dan mengapa kepercayaan ini tidak benar!

Membaca dalam Cahaya Redup Bisa Melemahkan Mata

Anda mungkin pernah mendengar bahwa membaca dalam cahaya redup dapat merusak penglihatan Anda. Namun, hal ini belum tentu benar. Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata Anda secara alami menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia-terutama saat Anda memasuki usia 30-an. Jadi, jika dulu Anda dapat membaca dalam gelap dan sekarang merasa kesulitan, mungkin hal ini lebih berkaitan dengan usia dan tidak ada hubungannya dengan penglihatan yang rusak. Bagaimanapun juga, membaca selalu baik untuk kesehatan mata Anda, jadi jangan biarkan kesalahpahaman ini menghalangi Anda untuk membalikkan halaman buku Anda!

Makan Wortel Dapat Meningkatkan Penglihatan

Wortel sarat akan vitamin yang penting untuk kesehatan mata, termasuk Vitamin A dan beta-karoten. Meskipun vitamin-vitamin ini membantu melindungi mata Anda dan dapat mendukung kesehatan mata secara keseluruhan, makan wortel tidak akan secara langsung meningkatkan penglihatan Anda. Seperti wortel, sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan serta sayuran lainnya dapat meningkatkan penglihatan yang sehat, tetapi tidak ada diet yang dapat membalikkan atau memperbaiki masalah penglihatan dasar seperti rabun jauh atau rabun dekat.

Tidak Ada Cara untuk Menghindari Kehilangan Penglihatan Seiring Bertambahnya Usia

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa tidak dapat dihindari bahwa Anda harus memakai kacamata ketika usia bertambah. Meskipun sangat umum bagi seseorang untuk membutuhkan lensa resep seiring bertambahnya usia, namun Anda dapat menghindari kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia. Anda dapat mulai melindungi penglihatan Anda saat masih muda dengan mengambil langkah-langkah pencegahan seperti

  • Mencari tahu penyakit mata yang berisiko lebih tinggi bagi Anda
  • Melakukan pemeriksaan mata secara teratur
  • Sering berolahraga
  • Mengonsumsi makanan yang seimbang
  • Mengamati perubahan pada penglihatan Anda
  • Melindungi mata Anda dari sinar UV

Baca Juga: Penyakit Mata Kronis yang Disebabkan oleh Faktor Gaya Hidup

Duduk Terlalu Dekat dengan TV Bisa Menyebabkan Penglihatan Rusak

Ketika Anda masih kecil, apakah orang tua Anda pernah memberi tahu Anda bahwa duduk terlalu dekat dengan TV dapat menyebabkan kebutaan? Meskipun hal tersebut jelas berlebihan, banyak orang yang percaya bahwa terlalu dekat dengan televisi dan layar lainnya dapat merusak penglihatan Anda. Namun, hal ini tidak didukung oleh penelitian yang konkret.  Anak-anak memiliki kecenderungan untuk duduk dekat dengan layar TV dan memegang buku di depan wajah mereka karena mata mereka yang masih kecil memungkinkan mereka untuk fokus pada objek yang dekat dengan lebih mudah daripada mata orang dewasa.

Kebiasaan ini biasanya berubah seiring dengan bertambahnya usia mereka. Namun, jika Anda memiliki anak yang lebih tua yang masih duduk dekat dengan layar, itu mungkin merupakan tanda miopia (rabun jauh). Oleh karena itu, pemeriksaan mata secara teratur pada klinik mata sangat penting, bahkan untuk anak kecil, untuk tetap menjaga kesehatan mata mereka.

Mata Anda Menjadi Lebih Lemah Jika Anda Memakai Lensa Resep

Pernahkah Anda mendengar bahwa Anda harus menunda untuk memakai lensa resep karena mata Anda akan menjadi ketergantungan pada lensa tersebut, sehingga penglihatan menjadi lebih buruk? Nah, Anda mungkin akan merasa lega setelah mengetahui bahwa ini hanyalah kesalahpahaman yang umum terjadi!

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.