Klinik Mata Bekasi – Miopia, atau rabun jauh, adalah salah satu masalah penglihatan yang paling umum terjadi pada masa kanak-kanak. Faktanya, sekitar 9% anak usia 5-17 tahun mengalami rabun jauh. Anak-anak dengan kondisi ini biasanya dapat melihat benda-benda dari dekat, tetapi kesulitan melihat benda-benda yang jauh. Kondisi ini sering didiagnosis sekitar kelas satu atau dua sekolah dasar ketika mereka kesulitan melihat papan tulis di kelas. Sehingga, lebih baik segera melakukan terapi mata minus dengan perawatan Ortho K, supaya miopi yang dimiliki bisa dikurangi atau bahkan diperlambat perkembangannya.

Meskipun diagnosis miopia mungkin tidak terdengar serius, namun sangat penting untuk mengobatinya dengan lensa korektif (kacamata atau lensa kontak) sesegera mungkin. Banyak orang tua yang terkejut ketika saya menjelaskan bahwa tidak melakukan hal tersebut dapat menempatkan anak-anak pada risiko kondisi serius terkait penglihatan di kemudian hari. Selain itu, penglihatan yang buram dapat menyebabkan anak-anak kesulitan di sekolah. Umumnya orang tua berpikir bahwa penggunaan lensa korektif akan membuat mata anak mereka menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Ini tidak benar! Rabun jauh akan bertambah ketika mata Anda tumbuh. Memakai lensa korektif hanya akan membuat Anda lebih mudah melihat!

Bagaimanapun juga, sekali anak-anak menderita rabun, mereka akan rabun seumur hidupnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui oleh orang tua tentang kondisi ini:

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Miopia (Rabun Jauh) pada Anak

Prevalensi yang Semakin Meningkat

Meskipun kita tidak tahu alasan pastinya, angka kejadian miopia terus meningkat. Faktor genetika dan lingkungan mungkin berperan, namun tidak mengikuti pola tertentu, bahkan dalam satu keluarga. Sebagai contoh, kita tahu bahwa jika kedua orang tua rabun, kemungkinan besar anak mereka juga akan mengalami rabun. Namun, jika orang tua tersebut memiliki dua anak, salah satunya mungkin rabun dan yang lainnya mungkin tidak.

Bagaimana Miopi Bisa Terjadi?

Miopi paling sering terjadi ketika bola mata tumbuh terlalu memanjang – dari depan ke belakang. Pada orang dengan penglihatan normal, cahaya masuk ke dalam mata dan fokus langsung ke retina, yang memungkinkan penglihatan yang jelas. Pada mata rabun, cahaya terfokus di depan retina dan menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Inilah alasan mengapa rabun jauh tidak akan pernah hilang, karena tidak ada cara untuk membuat bola mata Anda menyusut.

Baca Juga: Stres dan Sindrom Mata Kering: Bagaimana Keduanya Saling Mengatasi?

Risiko Terkena Sakit Mata Lainnya

Terdapat hubungan yang kuat antara jumlah miopi yang lebih tinggi dengan risiko penyakit mata tertentu seiring bertambahnya usia anak Anda. Ini termasuk penyakit seperti degenerasi makula, ablasio retina, glaukoma, dan katarak, yang semuanya berpotensi menyebabkan kebutaan. Jadi, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah agar kondisi mata anak Anda tidak semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Cara Membantu Memperlambat

  • Luangkan waktu di luar rumah setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan setidaknya 90 menit di bawah sinar matahari alami setiap hari memiliki tingkat perkembangan miopia yang lebih lambat. Mungkin juga kecerahan sinar matahari alami yang membantu, namun tidak dengan sinar UV. Jadi, pakailah topi, kacamata hitam, dan tabir surya! Lebih baik segera melakukan terapi mata minus untuk memperlambat mata minus.
  • Beristirahatlah secara teratur dari pekerjaan yang dekat setiap 30 menit. Ini termasuk tablet, ponsel, buku, dan menggambar. Tidak perlu istirahat yang lama, cukup cukup lama untuk membuat mata Anda rileks. Lihatlah ke luar jendela, berjalanlah di lorong, atau bangunlah untuk mengambil air.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.