Mata lelah sering menimbulkan rasa kurang nyaman dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, seperti saat sedang belajar, bekerja atau ketika mengemudikan kendaraan. Mata lelah dapat didefinisikan sebagai gangguan yang disebabkan oleh penggunaan fungsi mata dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat. 

Seperti apa sih gejala-gejala mata lelah? 

Anda bisa mengenali beberapa gejala mata lelah yang sering terjadi, antara lain:

  • Mata mulai terasa nyeri, pedih ataupun gatal 
  • Mata terasa kering atau mulai berair
  • Pandangan Anda mulai kabur atau berbayang
  • Mata Anda lebih sensitif terhadap cahaya 

Gejala-gejala ini pun dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain, misalnya seperti nyeri pada bagian leher, bahu, punggung dan juga sakit kepala. Beberapa gejala ini akan semakin terasa jika Anda kurang tidur. Oleh sebab itu, tidur yang cukup sangat penting untuk mata Anda. Karena, selama Anda tidur mata juga akan beristirahat dan mendapatkan nutrisi untuk perbaikan jaringan, sehingga mata lelah akan dapat teratasi. Kurangnya tidur sama saja dengan mengurangi atau mengganggu proses istirahat mata Anda.

Lalu apa saja sih faktor-faktor yang dapat membuat mata lelah? 

Kondisi mata lelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: 

1. Menatap layar gadget atau komputer dalam waktu yang lama

2. Terlalu lama membaca 

3. Menyetir kendaraan dengan jarak tempuh terlalu jauh atau terlalu lama

4. Menonton atau membaca di dalam ruangan yang minim cahaya

5. Memiliki kelainan refraksi mata 

Lalu adakah caranya untuk mengatasi mata lelah?

Lewat artikel ini Vio Optical Clinic akan membagikan 5 cara jitu yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mata lelah.

1. Aturlah pencahayaan dari gadget atau komputer Anda, jangan terlalu terang atau gelap. Lalu usahakan posisi Anda tidak terlalu dekat ataupun jauh saat beraktivitas menggunakan gadget atau laptop.

2. Perhatikan kondisi pencahayaan ruangan Anda. Usahakan agar kondisi pencahayaan tidak terlalu terang sehingga dapat menyilaukan mata ataupun gelap. 

3. Berdiri atau sekedar meregangkan tangan, kaki, bahu dan punggung dapat membantu Anda untuk mengurangi kelelahan tubuh. Karena kondisi tubuh yang lelah dapat mempengaruhi keadaan mata Anda. 

4. Bila mata Anda lelah segera istirahatkan mata Anda sekitar 5-10 menit. Tinggalkan sejenak aktivitas Anda dan jangan memaksakannya.

5. Lakukanlah perawatan mata seperti melakukan kompres mata dengan air hangat ataupun pergi ke klinik mata. 

Mata adalah salah satu organ dan indera yang penting dari tubuh manusia, untuk itu Anda perlu menjaga dan merawatnya dengan baik. Jika Anda ingin konsultasi atau melakukan perawatan mata, Anda bisa langsung datang ke Vio Optical Clinic di Ruko Asia Tropis AT16 No.51, Kota Harapan Indah, Bekasi atau kunjungi https://linktr.ee/viooptical untuk informasi lebih lanjut.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya bersama Vio Optical Clinic.