Klinik Mata JakartaHordeolum atau bintitan adalah satu dari sebagian infeksi mata, yang ditandai dengan timbulnya tonjolan merah di anggota kelopak mata. Adanya tumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati yang menyumbat kelenjar minyak di kurang lebih bulu mata merupakan dalang utamanya. Lantas, bagaimana langkah membuat sembuh mata bintitan secara alami?

Pilihan langkah membuat sembuh mata bintitan ala rumahan
Bukan cuma sebabkan Anda kurang percaya diri, bintitan pada mata terhitung menimbulkan rasa kurang nyaman sementara memandang gara-gara sakit, gatal, dan juga menaikkan mengolah air mata.

Berikut ini bervariasi langkah membuat sembuh mata bintitan yang alami untuk mempercepat proses penyembuhan, di samping mengfungsikan obat dari dokter:

1. Bersihkan dengan sabun dan air

Membersihkan mata bintitan dengan air biasa saja tidak cukup. Coba mengfungsikan tisu atau kain bersih yang udah dibasahi dengan air dan sabun sebelumnya, untuk mengusap kelopak mata Anda dengan perlahan.

Pastikan Anda mengfungsikan jenis sabun yang tidak menimbulkan rasa pedih di mata. Rutin melaksanakan langkah ini setiap hari, dapat menolong menghindar timbulnya mata bintitan di kelopak mata lainnya.

2. Bersihkan dengan larutan air dan garam

Jika tidak menginginkan mengfungsikan sabun, pilihan lain yang dapat dilakukan sebagai langkah membuat sembuh mata bintitan yaitu dengan membersihkannya mengfungsikan air garam. Sama layaknya pemanfaatan sabun, larutan air garam dapat menolong sebabkan mata bintitan lebih bersih gara-gara menyingkirkan bakteri.

Baca Juga : 5 Tips Aman Menggunakan Makeup Mata Agar Tak Mudah Iritasi

3. Pakai kantong teh hangat

Kantong teh yang udah dipakai ternyata tetap dapat berguna untuk perihal lain. Ya, jangan segera membuangnya, gara-gara kantong teh bekas tersebut tetap dapat dipakai untuk mengompres mata bintitan.

Sebenarnya Anda dapat mengfungsikan jenis teh apa pun, namun teh hitam diyakini punyai pembawaan antibakteri sekaligus dampak meredakan pembengkakan yang baik untuk mempercepat penyembuhan mata bintitan. Atau kalau udah terlanjur dibuang, Anda dapat mencelupkan kantong teh yang tetap baru ke dalam segelas air hangat seolah sedang sebabkan teh.

Setelah itu, biarkan selama 1 menit sampai kantong teh udah agak dingin, lalu mengfungsikan pada mata tertutup kurang lebih 5-10 menit. Usahakan untuk kenakan dua kantong teh yang berlainan pada setiap mata.

4. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat menjadi alternatif untuk mengatasi mata bintitan, selain mengfungsikan kantong teh hangat. Kedua langkah tersebut sama-sama efektif gara-gara menolong mendorong nanah naik ke permukaan kelopak mata, sehingga dapat nampak secara alami.

Penting untuk diketahui, bahwa tonjolan merah pada mata bintitan kebanyakan berisi nanah. Itu sebabnya, jangan risau ketika ada nanah nampak dari mata Anda, gara-gara berarti bintitan sebentar kembali dapat sembuh.

Anda dapat mencelupkan kain bersih ke dalam sebaskom air hangat, sesudah itu peras sampai tidak ada kembali air yang menetes. Letakkan kain di atas mata selama 5-10 menit. Ulangi perihal ini sebanyak 3-4 kali setiap hari.