Klinik Mata JakartaAnda barangkali sering mendengar kata-kata “mata adalah jendela dunia”. Ya, dikarenakan ke dua mata kami merupakan keliru satu organ yang benar-benar berharga. Tanpanya, kami tidak dapat mengerti layaknya apa bentuk dunia lebih kurang kami atau layaknya apa muka ke dua orang tua kita, agar kami harus merawat kesegaran mata kita.

Namun, tahukah Anda bahwa ke dua mata kita, ternyata sanggup memberitahu beberapa penyakit yang barangkali tidak kami mengerti selama ini? Bahkan, mata sanggup jadi jendela tentang bagaimana keadaaan kesegaran kami secara keseluruhan.

Apa saja tanda-tandanya? Berikut ini adalah beberapa keadaan medis yang terkait bersama dengan mata Anda

1. Bola mata menonjol muncul (bug eyes)

Jika ke dua bola mata Anda menonjol, maka hal ini sanggup jadi tanda-tanda berasal dari penyakit Graves, yakni keliru satu model masalah proses imun yang mengakibatkan kelenjar tiroid jadi over-aktif, mengakibatkan peradangan dan aktivitas proses kekebalan tubuh lainnya mempengaruhi
otot dan juga jaringan lain di lebih kurang mata Anda (kondisi Graves ophthalmopathy).

Gejala mata lainnya yang terkait bersama dengan penyakit ini, terhitung mata jadi layaknya berpasir, ada tekanan atau nyeri terhadap mata, kelopak mata tertarik ke atas atau bengkak, mata merah atau meradang, peka terhadap cahaya, penglihatan ganda, atau bahkan hilangnya penglihatan.

Jika Anda punyai keliru satu tanda-tanda di atas, lebih baik langsung cek ke dokter mata. Namun jangan kuatir kalau ini berlangsung terhadap diri Anda, dikarenakan menurut The Center for Disease Control plus Prevention (CDC), keadaan ini sanggup diobati.

2. Muncul cincin abu-abu di lebih kurang kornea

Kondisi ini disebut bersama dengan arcus atau arcus senilis, sering dikaitkan bersama dengan trigliserida tinggi, yang sanggup menaikkan risiko Anda mengalami serangan jantung dan stroke. Kondisi ini disebabkan oleh kumpulan lemak (lipid) yang terletak jauh di tepi kornea.

Jika Anda mengerti punyai sinyal ini terhadap mata, maka sebaiknya melaksanakan tes darah untuk memeriksa lipid darah yang meningkat, terutama kalau di bawah usia 60 tahun. Selain itu, trigliserida tinggi terhitung sanggup diturunkan bersama dengan diet sehat yang kaya dapat biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, terhitung disertai bersama dengan olahraga dan juga menghilangkan gula, lemak tidak sehat, dan minyak.

3. Nyeri terhadap kelopak mata

Rasa nyeri terhadap kelopak mata yang tidak kunjung hilang, disertai bersama dengan hilangnya bulu mata, sanggup jadi sinyal bahwa Anda punyai karsinoma sel basal atau kanker kulit. Menurut New York Eye Cancer Center, pasien-pasien bersama dengan karsinoma sel basal, seringkali menyaksikan bintil kemerahan yang perlahan membentuk di kelopak matanya.

Baca Juga :

5 Tips Menggambar Alis Mata yang Sempurna & Simetris bagi Pemula

Tumor selanjutnya paling sering ditemukan di kelopak mata bagian bawah, tapi sanggup berlangsung terhitung di kelopak mata bagian atas. Selain itu, kalau bulu mata menghilang di lebih kurang tumor tersebut, maka hal ini menyatakan bahwa tumor selanjutnya ganas.

Jika Anda mengalami keadaan ini, jangan diabaikan, lebih baik langsung periksakan ke dokter untuk beroleh perawatan lebih lanjut. Karena kalau diabaikan, maka keadaan ini bisa
menyebabkan cacat parah, kebutaan, bahkan kematian kalau tumor selanjutnya sudah mencapai
otak lewat rongga mata Anda.

4. Kelopak mata turun (droopy eyelids)

Jika keliru satu kelopak atau ke dua kelopak mata Anda mengalami keadaan ini, maka hal ini sanggup jadi sinyal berasal dari myasthenia gravis, yakni penyakit autoimun yang ditandai bersama dengan kelemahan otot yang parah. Kondisi ini sanggup berlangsung terhadap seluruh ras, pria atau wanita, dan juga terhadap usia
berapa pun.

Jika Anda mengalaminya atau mengerti ada perubahan terhadap kelopak mata, maka sebaiknya minta dokter Anda untuk menopang mendiagnosis penyakit tersebut, sebelum keadaan ini mengancam jiwa Anda. Karena, keadaan ini secara potensial sanggup jadi penyakit yang fatal, tapi dengan
perawatan medis yang tepat, maka Anda dapat punyai kesempatan bertahan hidup yang lebih baik, dan juga kualitas hidup yang terhitung lebih baik.

Namun, tidak seluruh keadaan mata sanggup muncul oleh Anda sendiri, dikarenakan beberapa tanda-tanda penyakit lainnya yang merubah mata dan kesegaran Anda, hanya sanggup diketahui dan
terlihat oleh dokter mata saja. Sehingga, inilah yang mengakibatkan pentingnya untuk melakukan
pemeriksaan mata tahunan, untuk merawat kesegaran ke dua mata Anda, bahkan hal ini terhitung sanggup menyelamatkan nyawa Anda.