Klinik Mata JakartaJika udah terbiasa, Anda tentu udah ahli dan tak mesti pusing saat gunakan lensa kontak alias softlens. Mungkin, ketika mencoba gunakan lensa kontak, Anda mengeluhkan mata perih, mata berair, dan tidak nyaman. Meski udah jago, kadang keluhan ini masih senang dirasakan. Lantas, kenapa, ya, mata perih saat gunakan softlens?

Berbagai penyebab mata perih saat gunakan softlens
Lapisan epitelium di kornea, yang merupakan bagian terluar pelindung mata, tersusun atas ribuan ujung saraf. Inilah tidak benar satu alasan mengapa mata Anda terlalu sensitif terhadap benda asing, termasuk lensa kontak yang dipasang ke mata.

Tak heran, mata akan selalu “peka” ketika ada zat asing yang masuk ke dalamnya. Anda yang udah jadi pengguna softlens tentu dulu mengalami rasa perih ,seolah ada yang menusuk mata, ketika baru saja selesai menempatkan lensa kontak. Padahal Anda yakin, kok, udah memasangnya dalam posisi yang tepat.

Nah, cobalah perhatikan, satu atau lebih dari satu hal selanjutnya sanggup jadi pemicunya:

1. Lensa kontak tidak steril

Sebelum memakaikan softlens terhadap mata, pastikan softlens udah dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Adanya kotoran, debu, bulu mata, hingga riasan make up yang menempel di lensa kontak, tentu akan membawa dampak mata Anda merasa perih dan tidak nyaman.

Setelah dilepaskan dari mata, mencermati apa benar ada kotoran atau sesuatu yang menempel di softlens. Entah kotoran selanjutnya muncul bersama mengerti maupun tidak, sebaiknya bilas softlens bersama cairan pembersihnya. Anda sanggup menggunakannya ulang setelah dibersihkan, dan rasakan perbedaannya.

2. Alat pemasang lensa kontak kotor

Bukan hanya lensa kontak yang mesti Anda pastikan kebersihannya. Tangan atau penjepit sebagai alat untuk menempatkan lensa kontak pun mesti bersih dan bebas kotoran. Itulah mengapa Anda direkomendasikan untuk membersihkan tangan dulu sebelum akan menyentuh lensa kontak, andaikata Anda gunakan tangan secara langsung.

Atau setidaknya, membersihkan dulu penjepit softlens yang akan digunakan untuk menyita softlens dan memakaikannya terhadap mata. Setelah mencucinya bersama sabun, pastikan Anda membilas tangan dan penjepit softlens selanjutnya hingga tuntas agar bersih dari sabun.

Baca Juga : 6 Penyebab Umum Mata Memerah Saat Pakai Softlens

Jika tidak, keadaan mata perih saat gunakan softlens selalu tidak sanggup Anda hindari.

3. Mata kering

Mata perih setelah gunakan softlens sanggup berlangsung akibat kurangnya jumlah air mata. Air mata memiliki faedah untuk melembapkan bagian mata. Jadi, kecuali produksinya menyusut mata akan merasa perih, kering, hingga sensasi layaknya terbakar terhadap mata.

Apalagi kecuali Anda sebenarnya memiliki keluhan mata kering. Bukan tidak mungkin, keadaan selanjutnya malah akan jadi menjadi-jadi ketika Anda menempatkan lensa kontak ke dalam mata.

Hal ini dikarenakan lensa kontak sanggup menyerap apa pun, termasuk kotoran, debu, hingga memproses air mata. Itu sebabnya semua pengguna softlens, tak kecuali penderita mata kering, direkomendasikan untuk selalu sedia tetes mata guna.

Jangan lupa, mencermati termasuk apa saja keputusan gunakan softlens untuk mata kering agar tidak memperburuk keadaan mata Anda.

4. Reaksi alergi

Siapa pun yang tengah mengalami kasus mata, direkomendasikan untuk mengurangi intensitas penggunaan lensa kontak atau lebih-lebih tidak memakainya sama sekali. Terlebih ketika kasus mata selanjutnya bersifat alergi mata atau konjungtivitis. Ini sanggup membawa dampak mata perih saat gunakan softlens jadi makin tambah parah.

Tanpa gunakan lensa kontak saja mata udah merasa tidak nyaman, lebih-lebih andaikata ditambah bersama penggunaan lensa kontak terhadap mata yang tengah terlalu sensitif ini. Yang ada, proses pengobatan gejala konjungtivitis terhadap mata, layaknya munculnya rasa gatal, perih, kemerahan, hingga berair, akan jadi lama.