Klinik Mata JakartaOperasi katarak adalah prosedur pembedahan sederhana untuk menghalau kabut lensa terhadap mata yang mengalami katarak dan menggantinya dengan lensa mata tiruan yang jernih. Penggantian lensa mata implan ini punya tujuan untuk melakukan perbaikan ketajaman penglihatan mata. Berikut jenis-jenis lensa implan yang kudu Anda ketahui, sebelum masuk ruang operasi.

Beberapa pilihan lensa mata implan yang digunakan didalam operasi katarak
Lensa mata implan yang digunakan umumnya terbuat dari silikon atau akrilik yang sesudah itu dilapisi oleh materi spesifik untuk menangkal sinar UV. Ada 4 model lensa implan yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan masing-masing pasien. Berikut penjelasannya:

1. Lensa monofokal
Lensa monofokal adalah model lensa implan yang paling umum dan tradisional. Lensa ini cuma punyai satu fokus — fokus jarak dekat, menengah, maupun jauh terkait daripada keinginan pasien. Umumnya lensa model ini dipilih untuk membantu fokus jarak jauh. Fokus jarak dekat, seperti pas membaca, dapat dibantu dengan manfaatkan kacamata baca.

Lensa model ini termasuk merupakan model lensa yang paling baik bila pengguna kerap berkendara di malam hari karena punyai dampak silau yang lebih kecil dibandingkan lensa model lainnya.

2. Lensa multifokal
Lensa ini punyai dua titik fokus, yaitu fokus jarak dekat dan fokus jarak jauh. Lensa ini didesain sedemikian rupa supaya otak dapat pilih titik fokus yang sesuai untuk penglihatan yang diinginkan. Lensa multifokal punyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan monofokal.

Baca Juga : 3 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma di Rumah

3. Lensa akomodatif
Kebutuhan untuk memperoleh penglihatan paling baik didalam segala suasana sebabkan terciptanya lensa akomodatif. Lensa ini dibikin secara spesifik untuk dapat terjalin dengan otot siliaris (otot mata yang menyesuaikan kekuatan untuk mencembung dan memipihkan lensa mata) supaya lensa dapat berpindah ke depan maupun ke belakang untuk menyesuaikan fokus berdasarkan letak benda.

Relaksasi otot siliar dapat sebabkan lensa bergerak ke belakang dan tingkatkan penglihatan jarak jauh. Sebaliknya, kontraksi dari otot siliar dapat sebabkan lensa bergerak ke arah depan dan membantu untuk penglihatan jarak dekat.

4. Lensa torik
Berbeda dengan lensa model lainnya yang membantu untuk menanggulangi minus dan and terhadap mata, lensa model ini diperuntukkan untuk menanggulangi mata silinder (astigmatisme).

Yang kudu dipertimbangkan sebelum pilih lensa mata implan
Pada akhirnya, pemilihan lensa mata implan terkait lagi kepada suasana awal kesehatan mata, kebutuhan, dan termasuk biaya yang Anda miliki.

Tidak dapat dipungkiri biaya kudu menjadi tidak benar satu pertimbangan didalam pemilihan lensa karena makin lama canggih model lensa implan yang dapat digunakan, biaya yang kudu dikeluarkan menjadi makin lama besar.

Hal-hal ini sebaiknya didiskusikan lebih lanjut dengan dengan dokter spesialis mata yang dapat melaksanakan operasi Anda supaya memperoleh hasil akhir terbaik.