Lebih baik terapi mata minus tidak dilakukan dengan sembarangan, karena Ketika salah dalam pemilihan terapi, maka hal tersebut justru akan membahayakan mata. Maka dari itu, sebelum memilih terapi mata yang tepat, penting berbagai yang umumnya dianjurkan oleh ahli mata, sekaligus pusat terapi mata yang terpercaya dan berkualitas dalam kinerjanya.

Pasalnya, seseorang yang mengalami rabun jauh atau mata minus tidak bisa lagi melihat dengan jelas benda-benda yang jaraknya jauh di sekitarnya, namun bisa melihat dengan jelas sebuah objek yang jaraknya dekat. Hal tersebut dikarenakan cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh tepat pada retina, tetapi justru jatuh di depan retina.

Supaya bisa melihat kembali berbagai objek yang jaraknya jauh dengan jelas, orang yang mengalami mata minus ini penting untuk mendapatkan terapi mata yang difokuskan untuk cahaya pada retina, baik itu menggunakan alat bantu penglihatan maupun melalui tindakan operasi. Walaupun, Terkadang ada banyak orang yang cukup takut untuk melakukan tindakan operasi.

Terapi Mata untuk Minus yang Jarang Diketahui

Pada saat ini anda semakin merasa tidak nyaman dengan penggunaan lensa kontak atau kacamata sebagai terapi mata untuk minus, namun belum mencoba untuk melakukan berbagai terapi mata untuk  minus yang lain, Berikut ini adalah berbagai prosedur terapi mata untuk minus yang dapat anda pertimbangkan, antara lain:

Laser Mata

Dasar mata merupakan salah satu terapi mata minus yang seringkali dibicarakan oleh banyak orang. Prinsip dasar dari laser mata yaitu untuk memperbaiki bentuk kornea mata dengan memanfaatkan sinar laser. Kornea mata terdiri dari dua lapisan, yakni lapisan luar atau epitel dan lapisan dalam atau stroma. Mata minus bisa saja dikarenakan bentuk kornea mata yang terlalu cembung. Dengan melakukan metode Laser mata, kornea akan bisa dibuat lebih pipih, sehingga cahaya bisa masuk tepat pada retina. Terdapat tiga jenis laser mata Berdasarkan cara perbaikan korneanya, mulai dari PRK, LASEK, dan LASIK.

Terapi Refraktif Kornea

Terapi mata yang satu ini tidak membutuhkan tindakan operasi, melainkan menggunakan lensa kontak khusus. Terapi ini seringkali disebut dengan Orthokeratology,  yang mana sudah ada begitu banyak orang yang mencoba metode terapi mata tersebut. Karena Orthokeratology merupakan terapi mata yang relatif mudah untuk dilakukan dan tidak memiliki risiko yang besar seperti tindakan operasi mata.

Baca Juga: Bahaya Sinar Biru Gadget dan Cara Melindungi Diri dari Blue Light

Lensa yang satu ini memiliki fungsi untuk memperbaiki lengkungan pada kornea mata dengan cara memberikan penekanan kornea dengan bertahap. Korea sendiri merupakan bagian bola mata yang berwarna. Dengan metode yang satu ini cahaya bisa tepat jatuh di retina dan pasien mata minus bisa melihat jarak jauh dengan semakin jelas. Lensa kontak tersebut dipakai ketika malam hari dan digunakan seperti halnya lensa kontak biasa.

Implan Lensa

Ternyata terdapat terapi mata yang namanya implan lensa. Perlu diketahui bahwa lensa intraokuler juga bisa menjadi salah satu jenis dari terapi mata untuk minus. Prosedur yang satu ini dapat dilakukan dengan memasukkan lensa buatan ke dalam bola mata, sehingga cahaya nantinya bisa jatuh tepat pada retina dan penglihatan akan menjadi semakin jelas. Sama halnya dengan terapi mata yang lain, implan lensa ini dinilai aman untuk dilakukan pada pengidap mata minus. Mungkin saja prosedur yang satu ini tergolong terbatas dan jarang dilakukan, serta sangat diutamakan untuk pasien rabun jauh yang sangat parah.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik kesehatan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan  terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.