Vision Therapy – Lebih dari 25% anak-anak memiliki masalah penglihatan yang tidak terdeteksi, dimana mungkin saja bisa mempengaruhi keberhasilan akademis dan performa atletik mereka. Diagnosis masalah penglihatan bukan berarti kacamata adalah satu-satunya solusi. Meskipun banyak orang tua, guru, dan anak-anak mungkin mengetahui tanda-tanda masalah penglihatan jauh.

Seperti menyipitkan mata untuk melihat papan tulis, kesulitan menyalin dari papan tulis, duduk dekat TV, dll. Tidak mudah untuk mendeteksi masalah penglihatan yang membutuhkan terapi penglihatan. Apabila sudah mendapatkan diagnosa dari ahli mata, maka segera lakukan vision therapy untuk mengatasinya.

Ketika penelitian melaporkan bahwa 25 persen anak memiliki masalah penglihatan, mereka tidak mengacu pada masalah ketajaman penglihatan yang dapat diperbaiki dengan kacamata, melainkan masalah penglihatan yang dikenal sebagai disfungsi penglihatan.

Apa itu Disfungsi Penglihatan?

Disfungsi penglihatan ditandai dengan masalah penglihatan yang mempengaruhi seberapa baik mata bekerja sama sebagai satu tim. Mata perlu bekerja sebagai sebuah tim untuk melacak halaman, menjaga fokus yang jelas, merasakan kedalaman, dan melengkapi keterampilan visual penting lainnya yang diperlukan untuk sukses baik di dalam maupun di luar kelas. Sayangnya, pemeriksaan penglihatan di sekolah tidak menguji keterampilan visual ini, sehingga banyak anak tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun.

Memahami tanda-tanda masalah penglihatan dapat meningkatkan cara anak Anda belajar; mencegah perjuangan bertahun-tahun, rendahnya harga diri, dan masalah perilaku. Sekarang, apa saja tanda-tanda masalah penglihatan atau haruskah dikatakan, disfungsi penglihatan?

Jika Anda menjawab ya untuk setidaknya satu dari pertanyaan di berikut ini, bawalah anak Anda menjalani pemeriksaan penglihatan komprehensif untuk menentukan apakah vision therapy dapat mengatasi masalah penglihatannya.

  • Apakah anak Anda sering mengeluh sakit kepala atau sakit mata?
  • Apakah anak Anda mengeluh bahwa kata-kata di halaman tampak kabur, berlipat ganda, atau melayang?
  • Apakah anak Anda membaca di bawah tingkat kelas?
  • Apakah anak Anda kesulitan membaca dengan lancar, melewatkan baris atau kata dalam teks, atau kesulitan memahami teks?
  • Apakah anak Anda menutup sebelah matanya atau memiringkan kepalanya saat membaca?
  • Apakah anak Anda kesulitan untuk memperhatikan selama kelas?
  • Apakah anak Anda tampak kikuk atau kesulitan mengimbangi teman-temannya saat melakukan aktivitas olahraga?
  • Apakah anak Anda kesulitan menjaga keseimbangan?
  • Apakah anak Anda salah menilai jarak saat bergerak di luar angkasa, hingga sering menabrak benda atau orang?
  • Apakah mata anak Anda tampak juling (secara rutin atau saat ia sakit atau lelah)?

Jika Anda menjawab ‘ya’ pada salah satu pertanyaan di atas, buatlah janji temu dengan ahli mata di dekat Anda yang terlatih dan berpengalaman dalam memberikan terapi penglihatan.

Baca Juga: Mengenal Gejala, Penyebab, dan Penanganan Gangguan Mata Low Vision

Apa Langkah Selanjutnya?

Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda masalah penglihatan, buatlah janji temu dengan ahli mata perkembangan yang terlatih untuk mengevaluasi keseluruhan sistem penglihatan. Selama kunjungan anak Anda, ahli mata Anda akan memeriksa mata anak Anda dan menilai penglihatan dan keterampilan visualnya. Jika masalah penglihatan terdeteksi, terapi penglihatan mungkin disarankan untuk memperkuat keterampilan visual yang mungkin menyebabkan kesulitan akademis dan atletik anak Anda.

Dapatkah Terapi Penglihatan Benar-Benar Membantu Anak Saya?

Terapi penglihatan adalah pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah penglihatan dan akan disesuaikan secara individual dengan kebutuhan anak Anda. Melalui penggunaan latihan mata, lensa, prisma, occluder, filter dan alat serta perlengkapan khusus lainnya, keterampilan visual anak Anda dapat meningkat. Efek dari terapi penglihatan akan terlihat pada semua aspek fungsi anak Anda, dan peningkatan kinerja mereka di dalam dan di luar kelas dapat menyiapkan mereka untuk meraih kesuksesan seumur hidup.

Apakah pada saat ini Anda ingin memeriksakan kondisi penglihatan anak Anda ke profesional? Maka, solusinya adalah dengan segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.