Terapi Ortho K

Apa itu Terapi Ortho K?

Ortho Keratology atau Ortho K adalah sebuah tindakan non bedah ( Terapi ) yang menggunakan lensa khusus berbahan Rigid Gas Permeable ( RGP )/ Hard Lens yang digunakan untuk membentuk ulang kornea mata untuk mengurangi dan mengobati kelainan refraksi mata Minus maupun Astigmatism /Cylinder.

Karena pada prosesnya ortho K ini menggunakan lensa kontak Hard Lenses (RGP) dimana lensa jenis ini membuat oksigen dapat tetap masuk ke mata sehingga tidak menyebabkan terjadinya iritasi. Lensa kontak jenis ini sendiri adalah lensa yang selalu direkomendasikan oleh dokter spesialis mata karena lebih aman dibanding lensa kontak lunak/ softlens biasa.

Lensa Ortho K telah diakui oleh FDA (Food Drug Administrations) Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sehingga lebih aman dan nyaman digunakan pada saat Anda tidur.
Tidak seperti lensa kontak pada umumnya, Lensa Ortho K sangat tahan lama.

Selama pakai Ortho K, aku sudah tidak pakai kacamata dan softlens lagi, minusnya turun

Mediterania GIbral

Pelajar - Bekasi

Semenjak pakai Terapi Ortho K pandangan ku yang dulu kabur sekarang menjadi jelas

Aditya M. Kevin

Usia 15 Tahun - Bekasi

Siapa Pemakai Terapi Ortho K & Bagaimana Hasilnya?

Lensa ini direkomendasikan bagi orang yang mengalami kelainan refraksi pada mata khususnya mata myopia (minus/ rabun jauh) dan astigmatism (cylinder).
Lensa ini sangat cocok untuk anak -anak yang ukuran minusnya terus bertambah  dan menjadi pilihan alternatif lain bagi para pasien yang tidak ingin menjalani operasi Lasik.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari tindakan ini, namun umumnya pasien yang mengikuti treatment di VIO Optical Clinic langsung dapat melihat secara jelas dalam beberapa hari setelah mengikuti terapi Ortho K ini, namun ada juga beberapa pasien yang membutuhkan waktu lebih lama.
Ada juga saat dimana tindakan ini tidak berhasil sama sekali khususnya jika kornea pasien terlanjur menjadi keras, yang berarti sangat sulit untuk dibentuk ulang dengan menggunakan lensa kontak.

Terapi Ortho K ini memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi pada rabun jauh dan silindris  yang sedang sampai lanjut tetapi hasilnya akan menjadi bermacam -macam saat dilakukan pada pasien penderita presbyopia
( kelainan rabun dekat ) . Sehingga diperlukan treatment yang agak berbeda.

Bagaimana Prosedur Terapi Ortho K?

Prosedur screening Ortho K di VIO Optical Clinic agak berbeda dengan prosedur pemeriksaan mata lainnya, karena harus melalui serangkaian test sebelum pasien dapat mengikuti terapi. Biasanya prosedur yang kami lakukan adalah melakukan pre-screening test terlebih dahulu yaitu melakukan pengukuran refraksi kelainan mata pasien, screening kelengkungan kornea (keratometri) dan mengecek kondisi retinanya (funduscopy). Setelah diyakini pasien merupakan kandidat yang tepat maka dilakukan tes berikutnya yaitu pengukuran Topografi Kornea dan pengukuran detail mata lainnya.

Selanjutnya lensa Ortho K tersebut akan dicetak dan dibuat khusus (customized) sesuai dengan data yang diambil pada saat Pre-screening dan Pemeriksaan Lanjutan tadi.

Pada kunjungan berikutnya, lensa Ortho K akan dicocokan pada mata pasien. Pasien juga akan diajarkan cara menggunakan dan merawat lensa Ortho K tersebut. Anda tentu saja akan diminta kembali dalam beberapa hari untuk dilakukan monitoring awal dari efek lensa Ortho K yang dipakai, pemetaan ulang serta fitting ulang lensa juga dapat dilakukan saat itu. Seluruh perkembangan dan kesehatan kornea mata anda akan terus dimonitor oleh Professional Eye Care VIO Optical Clinic selama proses terapi.

Professional Eye Care VIO Optical Clinic akan melakukan pemantauan secara personal yang cukup intensif agar proses dari terapi Ortho K yang dilakukan tiap pasien berjalan optimal dan memberikan hasil yang maksimal.

Resiko dan Komplikasi

Dibandingkan dengan pembedahan atau obat obatan , Ortho K memiliki resiko lebih sedikit. Lensa Ortho K ini juga jauh lebih baik dibandingkan jenis lainnya saat digunakan untuk memperbaiki lensa mata. Akan tetapi beberapa pasien dapat mengalami iritasi, peradangan seperti mata merah yang biasanya terjadi saat lensa Ortho K tidak dirawat dengan baik. Untuk itu maka kami selalu melakukan pemantauan yang intensif agar dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya gejala tersebut.

Testimonial Customer VIO Optical Clinic

“Alhamdulillah baru 5 hari mata kk kekey sudah mulai banyak perubahan….kacamata yg sekarang di pakai sudah ngerasa ga nyaman, akhirnya sekarang mencoba pake kacamata lamanya dan inipun sdh mulai ga nyaman lagi….tengkyu vio optical,sdh memberikan solusi utk anak saya….semoga sesuai harapan saya, agar kelak kk kekey tdk pakai kacamata lagi.”

Drg. Nurhayati

Orang Tua Keysha Nafeeza

“Bismillah…
Setelah 5 hari menjalani theraphy memakai Ortho-K Lens Pagi ini Keyzar berangkat sekolah tanpa kacamata. Minus awal kiri-kanan 6…
Kaca mata di taro di tas, untuk dipakai pas menggunakan laptop di sekolah😊
Alhamdulillah…Ya Allah, mudah2an theraphy berjalan lancar seterusnya. Amin….”

Ibu Ning Rahayu

Orang Tua Aldre M Keyzar