Beberapa orang di dunia ini menderita buta warna. Bukan berarti mereka tidak bisa melihat warna, seperti film hitam putih. Artinya mereka memiliki gangguan melihat perbedaan antara warna-warna tertentu.

Menjadi penderita buta warna bisa mengalami kesulitan dalam mencocokan warna baju dan celana, tetapi ini bukan sama sekali masalah yang serius. Orang yang menderita buta warna masih bisa beraktivitas normal, bahkan menyetir. Kebanyakan penderita buta warna tidak bisa membedakan warna merah dan hijau, tapi mereka bisa belajar untuk merespon lampu lintas di jalan. Lampu merah umumnya di atas, sedangkan lampu hijau letaknya dibawah.

Kerucut (Cones) dan Warna

Untuk memahami penyebab buta warna, anda harus memahami kerucut (cones) yang ada di mata anda. Kerucut pada mata? Ya, mereka sangat kecil. Kerucut-kerucut ini adalah sel yang ada pada retina mata, areanya seukuran perangko tepat di belakang mata.

(Penderita buta warna hanya bisa melihat kotak kuning. Sedangkan orang normal bisa melihat kotak kuning dan lingkaran cokelat samar)

Anda memiliki kerucut “merah”, “biru”, dan “hijau”, yang sensitif terhadap warna dan kombinasi keduanya. Anda butuh ketiga tipe tersebut untuk melihat warna-warna dengan baik.

Ketika kerucut (cones) anda tidak bekerja dengan baik, atau anda tidak memiliki kombinasi yang tepat, otak anda tidak bisa menerima gambaran yang tepat tentang warna yang anda lihat. Bagi penderita buta warna, daun berwarna hijau bisa terlihat cokelat atau abu-abu.

Buta Warna itu Keturunan

Buta warna itu hampir semua disebabkan oleh hereditas, yang berarti anda bisa dapatkan dari orang tua anda. Sifat hereditas tersebut didapatkan melalui gen yang menentukan semuanya yang berkaitan dengan tubuhmu, termasuk seberapa tinggi tubuhmu, serta rambutmu akan lurus panjang atau bergelombang.
Dokter mata (dan beberapa sekolah perawat)menguji buta warna dengan menunjukkan gambar yang terdiri dari berbagai titik-titik yang berwarna, seperti contoh gambar diatas. Seseorang yang tidak dapat melihat gambar atau angka di titik-titik itu mungkin mengalami buta warna. Faktanya, anak laki-laki besar kemungkinan bisa mengalami buta warna.

Pelayanan Test Buta Warna di Vio Optical Clinic

Di Vio Optical Clinic melayani berbagai macam pemeriksaan mata lengkap yang pastinya sesuai dengan kebutuhan mata anda. Salah satunya ada test buta warna. Dokter dan Team akan memberikan beberapa lembar test yang berisi titik-titik berwarna yang didalamnya terdapat beberapa angka. Pasien akan diminta untuk menyebutkan angka-angka dalam lingkaran titik-titik warna tersebut. Apabila tidak bisa menyebutkan berarti kemungkinan pasien tersebut mengalami buta warna.

Pelayanan test buta warna dari Vio Optical Clinic bisa ditemukan baik di klinik Vio ataupun pada saat Medical Eye Check Up dan Company Visit ketika Dokter dan Team Vio melakukan pemeriksaan di luar klinik, yakni di Perusahaan, sekolah, kampus, instansi pemerintahan yang membutuhkan jasa pemeriksaan mata.
Selain test buta warna, Vio Optical Clinic melayani Pemeriksaan Mata Lengkap seperti Pemeriksaan Kelainan Refraksi (mata minus, plus, dan silinder), Pemeriksaan Glaucoma, Pemeriksaan Katarak, Pemeriksaan Kornea dan Retina, Terapi Mata Minus (Ortho Keratology), dan Low Vision Treatment.

Untuk jadwal appointment, info kesehatan mata, dan promo dari Vio Optical Clinic bisa menghubungi Vio Optical Clinic di 021-29475974 / 081287840643 / Line: @viooptical (use the-@) dan bisa mengunjungi Sosial Media Vio Optical Clinic di:
Visit -> Website: www.viooptical.com
Like -> Facebook: Vio Optical Clinic
Follow -> Instagram: @viooptical
Subscribe -> Youtube: Vio Optical Clinic
Alamat Vio Optical Clinic ada di Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Kota Harapan Indah Bekasi.

Posted by: Daniella Chikita, Vio Optical Clinic