Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan mata

Tahukah Anda? Pemeriksaan mata yang baik dan benar itu melibatkan beberapa tahapan untuk mengevaluasi penglihatan Anda secara keseluruhan.

Mengapa Pemeriksaan Mata itu penting?

Kebanyakan orang akan datang ke dokter mata jika mereka memiliki keluhan pada mata mereka yang artinya ada masalah dari proses melihat mereka. Istilah proses melihat itu adalah kemampuan dari otak kita untuk digunakan dan menggambarkan informasi yang kita terima secara visual dari lingkungan sekitar kita. Penglihatan dimulai dengan cahaya yang ditangkap dari lingkungan dan diterima melalui kornea dan lensa , yang bergabung untuk menghasilkan gambar yang jelas dari dunia visual pada selembar fotoreseptor yang disebut dengan retina. Informasi dari retina (dalam bentuk sinyal) dikirimkan melalui saraf mata ke otak, yang pada akhirnya memproses gambar dan memungkinkan kita untuk melihatnya.

Klik tombol di bawah ini untuk book appointment pemeriksaan mata Anda dengan VIO;

Kelainan mata yang umum  terjadi pada kebanyakan orang adalah mata minus (miopi), mata silinder (astigmatisma), dan mata plus (hipermetropi). Dimana kelainan refraksi ini adalah suatu kondisi yang menyerang proses melihat seseorang. Jika orang menderita kelainan refraksi dan merasa hal ini  mengganggu penglihatan, maka biasanya orang akan pergi ke optik atau dokter mata untuk melakukan pemeriksaan mata.

Pemeriksaan mata melibatkan beberapa tahapan untuk mengevaluasi penglihatan Anda secara keseluruhan. Selain untuk tes mata minus, mata plus, dan mata silinder, pemeriksaan mata komprehensif bisa dilakukan untuk mendeteksi kelainan mata atau penyakit mata sejak dini. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan melalui berbagai instrument dan alat-alat pemeriksaan. Setiap tahapan pemeriksaan mata mengevaluasi kesehatan mata Anda dari berbagai macam aspek yang berbeda.

Pemeriksaan mata secara teratur yang ditangani oleh Dokter Mata atau Ahli Kesehatan mata seperti VIO Optical Clinic akan membantu mengadaptasi penglihatan Anda dan menjamin kesehatan mata Anda dengan baik.

Kapankah Anda harus melakukan tes kesehatan mata?

Ada beberapa faktor yang bisa menentukan seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata, termasuk usia, kesehatan dan indikasi terkena resiko penyakit mata tertentu. Berikut beberapa panduannya;

Pemeriksaan mata untuk  usia 5 tahun atau di bawah

Untuk anak-anak, biasanya dokter mata akan melakukan pendeteksian penyakit mata seperti Lazy Eyes (Mata Malas), atau mata juling. Pemeriksaan mata pada anak itu juga tergantung bagaimana anak kita bisa bekerja sama, mereka bisa melakukan pemeriksaan mata komprehensif mulai dari usia 3 tahun sampai 5 tahun.

Pemeriksaan mata untuk anak-anak dan remaja

Sudahkah Anda mengajak Anak Anda untuk melakukan pemeriksaan mata sebelum memasuki tahun pertama sekolah? Jika anak Anda tidak memiliki gejala kelainan mata atau penyakit mata atau tidak memiliki histori penyakit mata turunan, setidaknya Anak anda harus melakukan pemeriksaan mata minimal 6 bulan sampai dengan 12 bulan sekali. Atau sebaiknya, Anda harus melakukan pemeriksaan mata sesuai dengan anjuran dokter mata atau ahli kesehatan mata profesional.

Pemeriksaan Mata untuk Dewasa

Secara umum, jika Anda tidak memiliki keluhan apapun dengan mata Anda, Anda setidaknya harus melakukan minimal 1 tahun sekali. Jika Anda ;

  • Menggunakan kacamata atau lensa kontak
  • Memiliki keluarga yang menderita kelainan mata atau penyakit mata tertentu
  • Menderita penyakit kronis yang membawa Anda kepada resiko terkena penyakit mata seperti Diabetes

Kemanakah Anda bisa menangani permasalahan pada mata Anda?

Ada 3 macam spesialis yang bisa melakukan pemeriksaan mata:

Oftalmologi

Oftalmologi adalah dokter ahli yang melayani pelayanan seperti pemeriksaan mata lengkap, memberikan resep kacamata / lensa kontak, mendiagnosa, mengobati penyakit mata yang kompleks, dan melakukan tindakan operasi.

Optometrist

Optometrist melayani pelayanan yang sama seperti Oftalmologi, seperti mengevaluasi kesehatan mata Anda, memberikan resep kacamata / lensa kontak, mendiagnosa kelainan mata yang umum, dan mengobati kelainan mata tertentu dengan obat. Jika Anda memiliki penyakit mata yang sangat kompleks atau membutuhkan tindakan operasi, Anda akan dirujuk kepada dokter ahli bedah atau Oftalmologi.

Optisien

Seorang Optician bisa membuat kacamata yang sudah ada resepnya, merakit kacamata, memasang, dan menjual kacamata. Beberapa Optician juga ada yang menjual lensa kontak.

Spesialis mana yang Anda pilih itu tergantung dari kebutuhan kesehatan mata Anda.

Apa yang kamu bisa kamu harapkan pada seorang Spesialis Mata (Dokter Mata)?

Jika Anda baru pertama kali ke dokter mata, atau jika Anda melakukan pemeriksaan mata pertama kali, Anda harus menjelaskan mengenai penglihatan Anda atau keluhan yang Anda alami pada pandangan Anda. Penjelasan Anda bisa membantu dokter mata untuk memahami jika Anda memiliki resiko untuk menderita kelainan mata atau penyakit mata. Contohnya adalah seperti di bawah ini;

  • Apakah Anda memiliki keluhan pada mata Anda?
  • Apakah Anda pernah menderita penyakit mata atau kelainan mata sebelumnya?
  • Apakah Anda menggunakan kacamata atau lensa kontak sekarang? Jika ya, apakah masih nyaman dengan ukurannya?
  • Adakah gangguan kesehatan lain yang Anda derita akhir-akhir tahun ini?
  • Apakah Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu?
  • Apakah ada yang mengalami kelainan mata seperti degenerasi makula, glaukoma, atau penyakit mata lainnya?
  • Apakah Anda atau keluarga Anda menderita penyakit seperti Diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau gangguan kesehatan lainnya yang bisa mempengaruhi tubuh Anda?

Klik tombol di bawah ini untuk book appointment pemeriksaan mata Anda dengan VIO;

Jika Anda menggunakan lensa kontak, atau kacamata, Anda dianjurkan untuk membawanya saat mengunjungi Dokter Mata. Dokter mata akan berusaha untuk memastikan bahwa resep kacamata atau lensa kontak yang Anda gunakan adalah yang terbaik untuk Anda. Jangan lupa untuk melepas lensa kontak atau kacamata jika Anda ingin diperiksa nanti.

Pemeriksaan Mata Lengkap di VIO Optical Clinic – Klinik dan Optik di Bekasi

Pemeriksaan mata lengkap di VIO Optical Clinic meliputi beberapa tahapan dengan berbagai macam alat cek mata yang pastinya akan dievaluasi secara detail sehingga menghasilkan hasil pemeriksaan mata yang akurat. Pemeriksaan-pemeriksaannya adalah sebagai berikut;

Pemeriksaan kelainan refraksi

Gelombang cahaya dibiaskan saat masuk melalui kornea dan lensa mata Anda. Jika sinar cahaya tidak bisa fokus atau tidak jatuh tepat di belakang kornea, maka inilah yang dinamakan Kelainan Refraksi. Menderita kelainan refraksi artinya penglihatan Anda butuh dikoreksi supaya Anda bisa melihat dengan baik lagi, seperti dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, atau terapi mata minus (Orthokeratology) yang dilayani oleh VIO Optical Clinic. Pemeriksaan kelainan refraksi ini akan membantu Dokter Mata untuk memberikan Anda resep ukuran yang membuat penglihatan Anda menjadi tajam kembali.

Untuk pemeriksaan kelainan refraksi seperti mata minus, mata plus, mata silinder menggunakan alat cek mata yang dinamakan Autoref yaitu pemeriksaan refraksi melalui proses komputerisasi. Selain itu, alat cek mata yang bisa digunakan untuk pemeriksaan kelainan refraksi adalah dengan menggunakan Retinoscopy. Pada prosedur ini, alat cek mata ini akan mengeluarkan cahaya kepada mata Anda dan mengecek kelainan refraksinya dengan mengevaluasi pergerakan dari cahaya yang terpantul dari retina melalui pupil.

Tes Visus Mata (Ketajaman Penglihatan)

Pemeriksaan ini untuk mengecek seberapa tajam penglihatan Anda. Dokter Mata akan meminta Anda untuk mengidentifikasi huruf abjad yang ada di layar TV atau kertas (Snellen test / Snellen Chart). Makin lama huruf yang Anda baca itu akan semakin kecil. Dan kemampuan mata untuk melihat akan dites satu per satu. Jika untuk pemeriksaan mata plus, Anda akan diberikan sebuah kartu bacaan yang dipegang pada jarak membaca.

Pemeriksaan mata dengan alat Slit Lamp

Slit Lamp merupakan sebuah mikroskop yang memperbesar dan menerangi permukaan mata dengan cahaya yang dikeluarkan oleh alat tersebut. Pemeriksaan mata dengan alat tes mata ini digunakan untuk mengecek kelopak mata, bulu mata, kornea, iris, lensa mata dan ruang cairan diantara kornea dan iris.

Pemeriksaan mata dengan alat Tonometry (untuk mendeteksi penyakit Glaukoma)

 

Alat tes mata Tonometry mengevaluasi tekanan bola mata yang berada pada mata Anda. Pemeriksaan mata ini membantu dokter mata untuk mendeteksi penyakit seperti Glaukoma, penyakit mata yang menyerang saraf optik atau saraf mata.

Pemeriksaan mata dengan alat Corneal Topography

 

Alat tes mata Corneal Topography (Topografi Kornea) adalah sebuat alat pemeriksaan mata untuk memetakan kelengkungan kornea. Kornea bertanggung jawab atas sekitar 70% daya fokus mata. Visus normal          memiliki kornea yang bulat merata, namun jika kornea terlalu datar atau curam, atau melengkung tidak merata, maka penglihatannya pasti bermasalah. Manfaat terbaik melakukan pemeriksaan mata ini adalah kemampuannya untuk mendeteksi kondisi mata tertentu.

Selain untuk mendeteksi kelainan mata, Corneal topography digunakan sebelum pasien melakukan prosedur terapi mata minus atau Orthokeratology. Hasil dari pemeriksaan ini akan menunjukkan baik atau tidaknya kondisi mata seseorang jika melakukan prosedur terapi mata minus (Orthokeratology).

 

VIO Optical Clinic – Klinik Mata dan Optik Bekasi yang melayani pemeriksaan mata lengkap

 

Pemeriksaan mata itu sangat penting kita lakukan dengan rutin sehingga kita mengetahui kondisi mata kita dan bisa melakukan penanganan lebih awal jika terdeteksi sejak dini. VIO melayani pemeriksaan mata lengkap dan pendeteksian dini penyakit yang ditangani langung oleh Dokter Optometry (Dokter Mata)

Untuk info lebih lanjut, hubungi VIO Optical Clinic cukup dengan klik tombol di bawah ini;

Alamat: Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *