021- 294 75 974 admin@vio.co.id

          Lensa kontak adalah hal yang cukup Nge-Trend di kalangan anak muda, tetapi pernah ada hal yang cukup menarik perhatian dan sebenarnya cukup menyedihkan saat ada berita ataupun testimoni dari pengguna lensa kontak yang mata nya menjadi buta, (bukan menaku-nakuti tetapi itulah yang terjadi) kebutaan permanent dapat terjadi karena pemakaian lensa kontak yang tidak sesuai dengan anjuran yang di berikan oleh tenaga kesehatan mata (Optisien, Optometry dan Opthalmology).

           Adakalanya lensa kontak sangat di butuhkan oleh beberapa individu yang mempunyai kelainan refraksi yang memiliki kondisi tidak memungkinkan menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatannya.

          Dengan banyak nya kasus kasus penyebab kebutaan akibat pemakaian lensa kontak, karena itu ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh pemakai lensa kontak :

1. Lensa kontak harus terdaftar dan mendapatkan ijin dari Departemen kesehatan dan BPOM

2. Mendapatkan pemeriksaan mata oleh tenaga ahli mata dengan melakukan pemeriksaan di tempat yang sudah tersertifikasi untuk lensa kontak, dan melakukan pemeriksaan dasar seperti pemeriksaan kadar air mata dan bentuk kurva kornea (corneal topography)

3. Mendapatkan rekomendasi lensa kontak yang sesuai dengan kondisi kesehatan mata, gaya hidup, kebutuhan pemakaian dan kondisi lingkungan sekitar

4. Tidak menggunakan lensa kontak orang lain, lensa kontak adalah peralatan medis yang khusus digunakan oleh individu yang telah melalui pemeriksaan mata secara comprehensive, sehingga tidak akan dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Jangan ambil resiko dengan berbagi menggunakan lensa kontak orang lain.

5. Tidur lensa kontak adalah sesuatu yang harus Anda diskusikan dengan Ahli Kesehatan mata anda, Jangan pernah tidur dengan lensa kontak kecuali jika Anda memakai lensa yang ditentukan untuk tujuan perawatan mat oleh ahli kesehatan mata Anda.

6. Tidak menggunakan riasan/kosmetik yang bisa menyebabkan iritasi, infeksi atau kerusakan pada lensa kontak Anda. Pertimbangkan untuk memakai maskara berbasis air. Selalu gunakan make up setelah memasukkan lensa kontak Anda, dan lepaskan lensa terlebih dahulu sebelum membersihkan muka dari kosmetik/riasan

VIO OPTICAL CLINIC

Ruko Asia Tropis AT 16 No51

Kota Harapan Indah Bekasi

Contact : 021 294 75 974