Amblyopia (Mata Malas)

Amblyopia juga dikenal dengan sebutan “Mata Malas” merupakan gangguan perkembangan penglihatan yang tidak bisa diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan Legal Blind (tingkat penurunan penglihatan yang telah ditetapkan Undang-Undang untuk membatasi kegiatan-kegiatan yang diperbolehkan (seperti mengemudi) untuk alasan keamanan atau untuk menetapkan kelayakan terhadap tunjangan cacat yang didanai pemerintah dalam bentuk bantuan pendidikan, layanan, atau bantuan moneter) pada mata yang terkena. Sekitar 2% sampai 3% populasi di dunia ini terkena Amblyopia.

Tanda dan Gejala Amblyopia

Amblyopia biasanya terjadi pada saat lahir atau pada masa kanak-kanak. Orang tua biasanya sudah mengetahui gejala-gejalanya, atau bisa juga ahli kesehatan. Jika anak anda menyipitkan mata atau menutup satu matanya untuk melihat, kemungkinan mereka mengalami Amblyopia. Gejala lain meliputi ketajaman penglihatan yang buruk secara keseluruhan, mata tegang, dan sakit kepala.

Apa yang menyebabkan Amblyopia?

Penyebab yang paling umum terjadinya Amblyopia adalah strabismus (ketidakberaturan posisi mata yang terus-menerus). Penyebab umum lainnya adalah perbedaan yang signifikan dalam kelainan refraksi (rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme/silinder) di kedua mata. Sangat penting untuk mengobati Amblyopia sedini mungkin sebelum otak menolak pandangan pada yang mengalami Amblyopia.

Pengobatan Amblyopia

Anak-anak yang mengalami Amblyopia bisa ditangani dengan terapi mata (yang sering dilakukan dengan menutup satu mata), tetes mata Atropin, resep yang benar untuk rabun jauh dan rabun dekat, ataupun operasi.

Terapi mata melatih kedua mata untuk bekerja sebagai team. Terapi mata bagi pengidap Amblyopia akan memaksa otaknya untuk menggunakan mata malasnya, sehingga mengembalikan penglihatannya menjadi normal kembali.

Terkadang dokter mata atau terapis mata akan memasang penutup mata (patching) di atas mata yang lebih kuat untuk memaksa mata yang lemah untuk digunakan lebih sering. Penutup mata atau metode yang disebut dengan patching ini mungkin diperlukan beberapa jam setiap hari atau bahkan sepanjang hari, atau mungkin berlanjut selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Jika anda memiliki anak yang mengalami kesulitan melepas patching -nya, anda bisa menggunakan lensa kontak prostetik yang dirancang khusus untuk memblokir penglihatan pada satu mata tapi berwarna untuk mencocokkan mata lainnya.

Untuk beberapa anak, tetes mata Atropin digunakan untuk mengobati Amblyopia.Satu tetes ditaruh untuk mata yang baik setiap harinya (ahli kesehatan mata anda akan memberikan instruksinya). Tetes mata Atropin akan memburamkan pandangan pada mata yang baik, yang berarti untuk memaksa anak anda untuk lebih menggunakan mata yang terkena Amblyopia. Manfaat dalam menggunakan metode ini adalah anda tidak perlu terlalu khawatir untuk memastikan anak anda memakai penutup mata.
Jika anak anda mengalami Amblyopia karena kelainan refraksi yang sangat kuat atau perbedaan yang besar antara kelainan refraksi tersebut pada mata mereka, Amblyopia bisa saja ditangani dengan kacamata atau lensa kontak setiap hari. Dalam beberapa kasus lain, penambalan bisa disarankan yang disertai dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak baru.

Beberapa kasus dimana Amblyopia terjadi karena putaran mata yang besar, Operasi Strabismus biasanya diperlukan untuk meluruskan mata. Operasi meperbaiki masalah otot yang menyebabkan Strabismus sehingga mata bisa fokus kembali bersama dan melihat dengan baik.

Amblyopia tidak akan hilang dengan sendirinya dan Amblyopia yang tidak diobati bisa menyebabkan gangguan penglihatan permanen dan persepsi kedalaman yang buruk. Jika anak anda mengalami Amblyopia dan mata yang kuat bisa terkena penyakit atau terluka, hasilnya pandangan yang buruk. Untuk mencegah hal ini terjadi dan memberikan penglihatan yang baik untuk anak anda, anda harus membawakan anak anda ke ahli kesehatan mata.

Vio Optical Clinic mendeteksi penyakit secara dini

Yang menjadi keunggulan Vio Optical Clinic dari Optik dan Klinik mata yang lain adalah, Vio Optical Clinic melayani pemeriksaan dengan alat teknologi tercanggih yang memberikan hasil yang akurat alias tidak meleset. Vio Optical Clinic memiliki tenaga dan staff yang sudah tersertifikasi dan terlatih dengan baik. Juga ada Dokter Optometry satu-satunya di Indonesia lulusan dari Amerika yang siap melayani anda.

Di Vio Optical Clinic kami menyediakan solusi dan kebutuhan yang sesuai dengan kesehatan mata anak anda seperti Pemeriksaan Kelainan Refraksi, Pemeriksaan Penglihatan Binocular (penglihatan ganda), Test Buta Warna, Pemeriksaan kornea dan retina, serta melayani Terapi Ortho-K atau terapi menstabilkan mata minus pada anak, dan Low Vision Treatment.

Book your appointment now 021-29475974 / 081287840643 (WA & SMS) / Line: @viooptical Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Kota Harapan Indah Bekasi. Untuk info mengenai kesehatan mata atau promo dari Vio Optical Clinic;
Kunjungi -> Website: www.viooptical.com
Like -> Facebook: Vio Optical Clinic
Follow -> Instagram: viooptical
Subscribe -> Youtube: Vio Optical Clinic

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *