Kornea dan Gangguan Penglihatan

Kornea menerima cahaya untuk masuk ke dalam mata supaya bisa terjadi yang namanya proses penglihatan. Secara defenisi, kornea merupakan bagian depan mata yang bening terletak di depan iris dan pupil yang menerima cahaya masuk ke mata. Selain itu, kornea berfungsi untuk menyediakan kekuatan untuk fokus sekitar 65% s/d 75%. Sisanya disediakan oleh lensa kristal yang terletak di belakang pupil.

Masalah kelainan refrkasi seperti mata minus, mata plus, dan mata silinder disebabkan oleh tidak simetrisnya bentuk kornea itu sendiri. Sedangkan, yang terjadi pada mata tua adalah perubahan kondisi mata yang disebabkan oleh usia lanjut yang terjadi di lensa kristalnya.

Ada beberapa kondisi gangguan penglihatan yang bisa mempengaruhi kornea. Beberapa di antaranya adalah;

  1. Ablasi kornea. Kornea mata yang tergores bisa mengakibatkan rasa sakit dan bisa menyebabkan infeksi pada mata.
  2. Kalazion merupakan pertumbuhan serat yang bermula dari bagian luar sclera namun bisa memberikan gangguan pada kornea yang menyebabkan iritasi, gangguan penglihatan dan kerusakan pada bagian depan mata.
  3. Mata kering. Mata kering dimulai dari kelenjar air mata dan kelopak mata yang bisa merusak kornea sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada mata dan gangguan pandangan.
  4. Corneal ulcer. Ini merupakan sebuah kondisi penyakit serius seperti infeksi pada kornea yang bisa menyebabkan rasa sakit, luka, dan kehilangan pandangan secara permanen.
  5. Gangguan ini merupakan penipisan dan deformasi kornea yang menyebabkan permasalahan pada mata yang sama sekali tidak bisa dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak biasa. Dalam beberapa kasus, ada jenis keratoconus yang bisa diperbaiki dengan Sclera Lens atau Hybrid Lens yang tersedia di VIO Optical Clinic. Namun dalam beberapa kasus lainnya, ada jenis keratoconus yang harus mewajibkan untuk melakukan transplansi kornea.

Hanya di VIO Optical Clinic bisa melakukan pemeriksaan secara komprehensif untuk mengetahui kondisi kornea mata Anda. Apa saja sih pemeriksaannya? Anda bisa mendapatkan pemeriksaan;

Kelainan refraksi, tekanan bola mata, retina, pendeteksian penyakit dengan Mapping Cornea, pemeriksaan kesejajaran pandangan, ketajaman penglihatan, pemeriksaan penglihatan binokuler, dan masih banyak lagi. Yuk ke VIO Optical Clinic dan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *