10 Mitos tentang Lensa Kontak!

 

  1. “Gue paling gak bisa pakai lensa kontak.”

No, no, no… Anda bisa menggunakan lensa kontak. Berterimakasihlah pada teknologi yang membuat lensa kontak semakin canggih dari waktu ke waktu sehingga semua orang bisa menggunakan lensa kontak. Contohnya, ada banyak lensa kontak bifokal untuk orang yang menderita Presbiopi (Mata tua akibat faktor usia); Softles, Hardlens (lensa kontak RGP), Lensa kontak Hybrid yang membantu penglihatan mata silinder (astigmatisme); dan lensa kontak khusus yang bisa mengoreksi gangguan penglihatan apa saja.

Jika ada yang bilang pada Anda bahwa Anda tidak bisa menggunakan lensa kontak.. waktunya untuk bertanya kembali! Anda tidak tahu bahwa mungkin saja Anda adalah kandidat yang tepat untuk menggunakan lensa kontak.

  1. “Lensa kontak bisa nyelip ke belakang mata!”

Nope! Selaput tipis yang disebut Konjungtiva melindungi bagian putih mata Anda dan menghubungkannya sampai ke dalam kelopak mata Anda, sehingga sangat mustahil untuk lensa kontak bisa menyelinap ke dalam mata.

  1. “Lensa kontak itu gak nyaman dipakai.”

Salah besar! Setelah butuh sedikit adaptasi, kebanyakan orang bahkan tidak merasa bahwa mereka sedang menggunakan lensa kontak. Bagi mereka yang mengalami ketidaknyamanan dalam menggunakan lensa kontak, ada tips-tipsnya untuk mengatasi hal tersebut! Lihat penjelasannya disini -> link artikel selanjutnya

  1. “Lensa kontak itu bisa terjebak secara permanen di dalam mata?!”

Betul jika lensa kontak (jenisnya softlens) bisa menempel di permukaan mata jika kadar airnya sudah mengering, namun melembabkan atau membasahi kembali lensa kontak dengan cairan softlens (solustions) yang sesuai rekomendasi dokter mata akan membuat lensa kontak itu kembali bekerja dengan baik.

  1. “Pakai lensa kontak itu perawatannya ribeeeet banget!”

Eits.. Tunggu dulu! Jaman sekarang sudah ada yang namanya sebotol cairan lensa kontak (solution) yang berfungsi untuk membersihkan sekaligus membasmi kuman (desinfektan). Atau jika anda tidak mau repot-repot, Anda bisa beralih pada lensa kontak disposable yang penggunaanya harian.

  1. “Pakai lensa kontak itu bisa menimbulkan penyakit mata.”

Memang benar menggunakan lensa kontak bisa meningkatkan resiko gangguan tertentu pada penglihatan. Namun jika Anda mengikuti saran dari dokter mata Anda mengenai cara merawat lensa kontak, berapa lama untuk memakainya dan seberapa sering Anda harus menggantinya.. menggunakan lensa kontak itu akan menjadi lebih aman.

  1. “Gue gak akan pernah bisa pasang lensa kontak sendiri.”

No! Anda pasti bisa memasangnya. Awal-awalnya pasti sulit, namun Ahli kesehatan mata seperti VIO Optical Clinic akan membantu menginstruksikan cara memasang dan melepas lensa kontak sampai bisa. Banyak orang yang mahir dalam menggunakan lensa kontak lebih cepat dibandingkan yang mereka pikirkan.

  1. “Lensa kontak bisa lepas dari mata?!”

Bertahun-tahun silam, lensa kontak yang jadul kadang-kadang bisa keluar dari mata si pengguna saat melakukan aktivitas seperti Olahraga. Namun, lensa kontak zaman sekarang (termasuk Hardlens/RGP) sangat pas dikenakan pada mata jadi jarang sekali kejadian lensa kontak bisa keluar dari mata secara tiba-tiba.

  1. “Lensa kontak kemahalan!”

Tidak juga. Lensa kontak justeru bisa lebih murah dibandingkan sepasang kacamata. VIO Optical Clinic menyediakan lensa kontak yang sesuai dengan budget anda dan yang pastinya sesuai dengan kebutuhan kesehatan mata anda.

  1. “Udah terlalu tua untuk menggunakan lensa kontak. Pasti gak bisa lah!”

Siapa bilang? Dengan munculnya teknologi lensa kontak multifokal, dan sejumlah lensa kontak untuk mata kering, usia lanjut bukan menjadi halangan untuk menggunakan lensa kontak. Yang pastinya selalu tanyakan ahli kesehatan mata atau dokter mata anda jika anda merupakan kandidat yang bagus untuk menggunakan lensa kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *