Faktor genetik dan gangguan penglihatan

 

Betapa senangnya punya keturunan hidung mancung, mata biru, rambut keriting dari lahir, dan lain-lain.. Betul sekali, beberapa hal bisa anda miliki karena bawaan dari keluarga. Namun bagaimana dengan gangguan penglihatan?

Tentu saja gangguan penglihatan bisa jadi akibat dari keturunan. Namun ada juga faktor lingkungan yang mempengaruhi timbulnya gangguan penglihatan. Mata minus dan mata plus (Rabun jauh dan rabun dekat) memiliki komponen genetik yang kuat, terutama jika orang tua anak menderita mata minus atau mata plus yang cukup parah. Jika kedua orang tua menderita gangguan penglihatan seperti mata minus dan mata plus, ada kemungkinan yang tinggi untuk anak mereka akan mengalami hal yang sama.

Namun penglihatan itu bukan sekedar di genetik saja. Ada faktor lingkungan yang signifikan yang bisa mempengaruhi, seperti suka membaca terlalu dekat yang bisa terhubung dengan mata minus, khususnya pada saat usia remaja dan 20-an. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa/i yang menghabiskan waktunya untuk membaca bisa mengalami gangguan penglihatan rabun jauh lebih cepat dibandingkan yang lain.

Beberapa faktor genetik yang berhubungan dengan permasalahan mata

  • Rabun jauh (mata minus)
  • Rabun dekat (mata plus)
  • Buta warna
  • Pigmentasi retina

Beberapa permasalahan mata yang memiliki faktor campuran

  • Glaukoma
  • Degenerasi makula
  • Mata malas
  • Mata juling

Mata malas dan mata juling biasanya muncul saat masa kanak-kanak, VIO Optical Clinic melayani treatment untuk gangguan penglihatan tersebut dengan terapi.

Jika anda ingin tahu tentang sejarah kesehatan mata keluarga anda dan bagaimana hal ini bisa mempengaruhi penglihatan anak-anak anda, datanglah ke VIO Optical Clinic. Sebagai Eye Care Professional, kami bisa menginformasikan kepada Anda bahwa ada banyak sekali gangguan penglihatan serius pada anak yang bisa dicegah jika anda membawakan anak-anak Anda melakukan pemeriksaan mata rutin sejak dini.

VIO Optical Clinic memiliki alat pemeriksaan yang lengkap dan canggih untuk melakukan pemeriksaan mata pada anak-anak. Yuk ke VIO Optical Clinic dan booking appointment anda di;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *