Gejala Tanda Awal dan Tips Menghindari Resiko Diabetes

Gejala, tanda-tanda awal, dan cara mengurangi risiko diabetes yang mempengaruhi penglihatan

Jika anda mengalami gangguan penglihatan akibat diabetes, kemungkinan anda akan mengalami;

  • Pandangan kabur dan penglihatan ganda
  • Rasa sakit pada mata
  • Kesulitan membaca
  • Ada bintik-bintik atau kabut pada mata
  • Garis-garis atau gambar yang bergelombang
  • Adanya kilatan cahaya
  • Bintik hitam
  • Tekanan pada mata
  • Kesulitan melihat jelas pada malam hari

Bagaimana cara menangani penyakit mata yang disebabkan oleh Diabetes?

Jika anda mengalami diabetes, anda kemungkinan tidak menyadari jika anda memiliki permasalahan mata sampai benar-benar ada kerusakan pada mata anda secara signifikan. Pemeriksaan mata rutin bisa menunjukkan permasalahan atau gejala-gejala awalnya, sehingga membuat anda bisa menanganinya lebih cepat sebelum keadaannya menjadi lebih buruk atau terjadi kerusakan permanen. Sebelum menjalani pemeriksaan, biasanya mata anda akan diberi obat tetes untuk melebarkan pupil anda. Ketika pupil anda melebar, dokter mata bisa melihat retina anda dengan jelas dan bisa menentukan dimana letak pembuluh darah yang bocor dan perubahan-perubahan yang terjadi pada mata anda.

Penanganan untuk pemasalahan mata terkait diabetes tergantung dari tipe dan tingkat keparahannya. Jika anda mengalami Retinopati Diabetik atau Edema Makula, anda bisa melakukan prosedur operasi dengan Laser untuk menghentikan kebocoran pada pembuluh darah. Obat suntik pada mata biasanya digunakan untuk menghentikan terbentuknya pembuluh darah baru.

Bagaimana cara mencegah resiko terkena Retinopati Diabetik dan gangguan penglihatan lainnya?

Cara paling mudah untuk menghindari gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh diabetes adalah dengan menjaga tekanan gula darah anda terkendali. Mengkonsumsi obat-obatan secara teratur, melakukan diet yang sehat, menjaga berat badan tubuh, menghindari rokok adalah faktor yang penting dalam mengontrol penyakit. Sebagai tambahan dalam pedoman perubahan gaya hidup, pemeriksaan rutin ke dokter mata bisa memastikan bahwa gangguan penglihatan yang anda alami bisa terdiagnosa dengan baik sebelum mengakibatkan kerusakan yang permanen pada mata anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *