Beginilah cara DIABETES mempengaruhi Mata anda

 

Diabetes tidak hanya meningkatkan resiko untuk terkena penyakit ginjal atau jantung saja, namun bisa mempengaruhi pandangan Anda juga. Retinopati diabetik, salah satu permasalahan mata yang sering dialami oleh orang-orang yang menderita diabetes, bisa menyebabkan kecacatan pada mata anda. Mengetahui lebih detail tentang penyakit Retinopati diabetik dan permasalahan mata lain yang mempengaruhi pandangan anda bisa membantu untuk mengenal gejala awal dan memastikan anda mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Bagaimana hal ini mempengaruhi pandangan anda?

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, kemungkinan anda akan terkena gangguan penglihatan berikut ini:

  • Gangguan pada lensa mata. Tekanan glukosa (gula darah)menyebabkan lensa mata membengkak sehingga menyebabkan penglihatan yang buram. Lensa meripakan lapisan bening yang terletak dibelakang iris mata yang memfokuskan sinar cahaya kepada retina. Seringkali pandangan yang buram merupakan gejala awal yang menunjukkan gula darah anda meningkat. Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol bisa juga menjadi pemicu utama timbulnya katarak. Katarak menyebabkan mata anda menjadi berkabut sehingga mengakibatkan pandangan anda menjadi tidak jelas/jernih.
  • Retinopati diabetik. Diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan Retinopati Diabeti, sebuah kondisi yang menyerang sepertiga individu yang berusia lebih dari 40 tahun yang memiliki diabetes. Retina membentuk bagian belakang mata dan mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirimkan ke otak melalui saraf optik. Otak memproses sinyal tersebut, membuat anda untuk melihat dan mengenali objek dan orang-orang. Jika gula darah anda tinggi, pembuluh darah di retina bisa membengkak sehingga terjadi kebocoran darah dan cairan, atau menjadi terhalang. Pada beberapa kasus, pembuluh darah yang baru akan terbentuk. Namun sayangnya, pembuluh baru yang ini akan bocor lagi yang mengakibatkan kerusakan pada pandangan anda.
  • Edema makula diabetes. Edema makula mempengaruhi bagian pada retina anda yang bertanggung jawab untuk pandangan pusat anda. Ketika pembuluh darah pada Makula bocor, sangat sulit untuk melihat gambar dengan jelas pada pusat lapang pandang anda.
  • Glukoma. Glukoma merusak saraf optik, yang membawa sinyal cahaya dari retina anda kepada otak anda. Kondisi ini terjadi saat tekanan darah pada bola mata anda meningkat. Orang yang memiliki diabetes punya resiko 2 kali lipat untuk terkena glukoma.
  • Neuropati diabetik. Neuropati diabetik cenderung untuk mempengaruhi saraf-saraf pada tangan dan kaki yang menyebabkan rasa geli dan mati rasa. Kondisi ini bisa mempengaruhi mata anda jika saraf optik anda juga terpengaruhi.
  • Ablasi retina. Pembuluh darah yang bocor dan lemah pada retina anda bisa menimbulkan luka. Jika lukanya menjalar, maka retina bisa terlepas dari bagian belakang mata anda, sehingga mengakibatkan titik buta pada pandangan anda.

Anda merasa mengalami gejala-gejala seperti yang dijabarkan di atas? VIO Optical Clinic adalah jawaban untuk semua kondisi mata anda. Bukan hanya sekedar melakukan pemeriksaan mata, VIO Optical Clinic ampuh dalam mendeteksi penyakit-penyakit di atas dan memberikan anda solusi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan mata anda.

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic dan rasakan pemeriksaan mata lengkap yang ditangani oleh para ahli atau booking appointment anda di;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *