Bermain di luar ruangan meningkatkan kesehatan mata anak?

 

Bermain di luar ruangan memberikan manfaat pada anak di segala usia. Berlarian, berjalan, melompat-lompat melatih dan membantu tubuh untuk mencegah obesitas dan memperkuat persahabatan satu sama lain.

Bermain di luar ruangan membantu anak anda untuk mencegah mata minus

Mata minus adalah sebuah kelainan refraksi yang terjadi ketika bola mata memanjang dari depan ke belakang. Ketika hal ini terjadi, cahaya tidak lagi fokus secara langsung pada retina, namun jatuh di depan retina. Alhasil, objek yang dekat masih terlihat sangat jelas namun pandangan jarak jadi buram.

Meskipun mata minus itu sering terjadi akibat faktor keturunan, anak-anak yang menghabiskan waktu yang banyak untuk fokus pada suatu objek kemungkinan besar akan memiliki mata minus. Anak-anak yang memiliki mata minus sering menyipitkan matanya ketika membaca, tidak bisa melihat papan tulis di sekolah dengan jelas, kesulitan melihat objek yang berada pada jarak jauh, sering juga sakit kepala dan mengeluhkan matanya sakit.

Kacamata dan lensa kontak bisa membantu penglihatan anak, namun kita bisa mencegah mata minus anak sebelum menjadi tinggi hanya dengan sering-sering mengajak anak bermain di luar ruangan.

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara Mata Minus dengan Bermain di luar ruangan

Ada penelitian pada anak sekolah di Taiwan yang menghabiskan waktu di luar ruangan pada waktu istirahatnya memiliki kemungkinan kecil memiliki mata minus dibandingkan sekolah lainnya yang menghabiskan waktu istirahatnya dalam ruangan. Peneliti juga mengungkapkan bahwa mata minus tidak akan naik secara cepat pada anak yang matanya minus jika dia menghabiskan waktunya lebih banyak di luar ruangan.

Peneliti dari Inggris menemukan bahwa anak yang memiliki mata minus  menghabiskan waktu kurang dari 3 jam untuk bermain di luar dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki gangguan penglihatan. Penelitian yang sama di Sydney, Australia diikuti lebih dari 1000 anak yang berusia 6 sampai 12 tahun. Tidak mengherankan, anak-anak yang memilih menghabiskan waktu di luar rumah cenderung tidak memiliki pertumbuhan mata minus. Mereka yang menghabiskan waktu pada membaca dan kegiatan apapun yang membutuhkan tenaga ekstra untuk melihat objek-objek yang dekat cenderung memiliki pertumbuhan mata minus yang cepat.

Anak-anak pada zaman ini kurang menghabiskan waktu di luar rumah karena kesenangan mereka sudah beralih pada video games, handphone, dan gadget lainnya. Menghimbau mereka untuk mengurangi waktunya pada gadget sangat membantu kesehatan mata agar minus mata tidak bertumbuh secara cepat.

Apakah anak anda sudah melakukan pemeriksaan mata rutin? Dengan pemeriksaan mata rutin, mata mereka bisa dikoreksi jika ada kelainan refraksi seperti mata minus dan gangguan penglihatan lainnya.


 

Di VIO Optical Clinic bukan hanya sekedar optik atau klinik biasa. Kami memberikan solusi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mata anda. Dr. Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO dari VIO Optical Clinic (satu-satunya di Bekasi) yang berkemampuan untuk melakukan Vision Rehabilitation (Low Vision Therapy, Orthokeratology Therapy, Eyeglass and Contact Lens Expert). Jadi bukan hanya sekedar melakukan pemeriksaan mata biasa, namun mampu mengevaluasi kesehatan mata Anda dan menemukan solusi yang terbaik untuk Anda.

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic dan rasakan pemeriksaan mata lengkap yang ditangani oleh para ahli atau booking appointment anda di;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *