Apa itu Low Vision? Gangguan penglihatan yang bisa mengakibatkan KEBUTAAN.

 

Welcome September!

Pada bulan ini, kita akan membahas topik utama bulan September yaitu “Low Vision”.

Low Vision merupakan kelainan mata dimana orang menderita Low Vision memiliki kemampuan terbatas dalam melihat, bahkan hampir buta. Sehingga kelainan ini sangat menghambat aktivitas penderitanya sehari-hari seperti berjalan di tempat umum, melihat papan tulis di sekolah, membaca buku, memasak, berolahraga, menyetir dan lain sebagainya.

Menurut WHO (World Health Organization) adalah turunnya fungsi penglihatan seseorang secara permanen, dimana penglihatannya sudah tidak dapat tertolong dengan optical device (alat bantu penglihatan) biasa seperti kacamata atau lensa kontak. Penurunan penglihatan tiap-tiap penderita Low Vision pun bervariasi, seperti hanya mampu melihat cahaya saja, lapang pandang yang sempit, dan lain-lain.

VIO Optical Clinic melayani Low Vision Rehabilitation dengan menyediakan alat bantu untuk untuk para pengidapnya yaitu dengan menggunakan Teleskop. Pertama-tama, pasien harus melalui tahap Pre-Screening terlebih dahulu yang meliputi;

  1. Goals pasien ini apa?
  2. Penglihatan apa yang mereka butuhkan?
  3. Ukuran pembesarannya mau seberapa?
  4. Untuk aktivitas apa yang mereka butuhkan? Melihat papan tulis? Memasak? Dan lain-lain.

Setelah kita mengetahui goals dan tujuannya seperti apa, lalu kita lanjutkan dengan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti;

  1. Pemeriksaan evaluasi kondisi mata pasien yang meliputi Medical History pasien, Tonometry Test untuk mengecek kondisi bola mata, dan Slit Lamp untuk mengecek kondisi retina dan kornea pasien.
  2. Pemeriksaan lokmar atau ketajaman penglihatan atau Visual Acuity
  3. Pemeriksaan lapang pandang ->

Setelah pre-screening ini dilakukan, maka kita baru menetapkan alat bantu yang akan digunakan pasien Low Vision tersebut itu apa.

  1. Teleskop untuk melihat jauh
  2. Mikroskop untuk melihat dekat
  3. Telemikroskop untuk penglihatan intermediate.

Tahukah anda? Di VIO Optical Clinic bukan hanya sekedar optik atau klinik biasa. Kami memberikan solusi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mata anda. Dr. Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO dari VIO Optical Clinic (satu-satunya di Bekasi) yang berkemampuan untuk melakukan Vision Rehabilitation (Low Vision Therapy, Orthokeratology Therapy, Eyeglass and Contact Lens Expert). Jadi bukan hanya sekedar melakukan pemeriksaan mata biasa, namun mampu mengevaluasi kesehatan mata Anda dan menemukan solusi yang terbaik untuk Anda.

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic dan rasakan pemeriksaan mata lengkap yang ditangani oleh para ahli atau booking appointment anda di;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *