Apakah postur tubuh mempengaruhi penglihatan kita?

 

Posisi mata yang abnormal bisa mengakibatkan gangguan dan kerusakan pada postur tubuh anda. Penelitian menemukan adanya gangguan terbaru yang bisa menyerang 10% dari populasi di dunia ini. Kondisi ini menyangkut permasalahan pada postur tubuh yang bisa mengakibatkan rasa sakit pada kepala dan leher, pusing, gangguan keseimbangan, kegelisahan, kesulitan untuk berkonsentrasi, dan gangguan dalam belajar.

Bagaimana kondisi ini berkaitan dengan mata? Para peneliti telah mengukur posisi mata saat mengamati otot rangka pada tubuh. Hal ini dilakukan pada ruangan gelap disaat mengamati gerakan okular mata. Contohnya, ketika otot kaki dirangsang, mata bergerak ke satu arah. Saat otot yang berlawanan dirangsang maka mata bergerak ke arah yang berlawanan pula. Peneliti mengemukakan bahwa postur tubuh yang tidak baik akan mempengaruhi posisi mata anda dan sebaliknya juga posisi mata yang tidak baik akan mempengaruhi postur tubuh anda. Kondisi mata lelah, sakit kepala, sakit leher, gangguan keseimbangan, kegelisahan dan gangguan dalam belajar berkaitan dengan kelainan ini.

Ada beberapa cara pemeriksaan yang dilakukan oleh para ahli untuk mendeteksi kelainan tersebut. Pertama-tama para ahli akan mengamati gaya berjalan dan postur tubuh orang.                Apakah badannya miring, posisi kepalanya mengarah kemana, apakah posisi satu tangan lebih tinggi dari tangan yang lain? Para ahli akan mengukur daerah pergerakan maksimal kepala orang tersebut. Selanjutnya diperiksa kemampuan orang tersebut memegang objek yang berada di sekitar tubuhnya.

Hasil dari pemeriksaan ini digunakan untuk memilih kacamata prisma untuk mengubah otot mata sehingga memberikan perubahan pada posturnya. Apa itu kacamata prisma? Ini merupakan jenis kacamata yang saat digunakan akan mengubah gambar berpindah kepada lokasi yang baru. Umumnya untuk membantu menghilangkan penglihatan ganda saat kedua mata tidak mampu untuk berkodinasi dengan baik. Contohnya mata juling – kacamata prisma akan membantu memindahkan mata ke posisi yang lurus dan menghilangkan penglihatan ganda.

Tahukah anda? Di VIO Optical Clinic bukan hanya sekedar optik atau klinik biasa. Kami memberikan solusi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mata anda. Dr. Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO dari VIO Optical Clinic (satu-satunya di Bekasi) yang berkemampuan untuk melakukan Vision Rehabilitation (Low Vision Therapy, Orthokeratology Therapy, Eyeglass and Contact Lens Expert). Jadi bukan hanya sekedar melakukan pemeriksaan mata biasa, namun mampu mengevaluasi kesehatan mata Anda dan menemukan solusi yang terbaik untuk Anda.

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic dan rasakan pemeriksaan mata lengkap yang ditangani oleh para ahli atau booking appointment anda di;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *