TIPS Mencegah Kenaikan Minus dan Silinder pada Anak-Anak

 

Banyak hal yang memicu terjadinya kenaikan minus dan silinder pada anak-anak. Sebelum kita berbicara mengenai hal tersebut, 3 hal penting yang harus diketahui adalah sbb;

  1. Faktor keturunan

Orang tua yang menggunakan kacamata atau memiliki kelainan refraksi akan berpotensi menurunkan gen tersebut kepada anaknya. Maka, bila kedua orang tua memiliki kelainan refraksi, resiko anak menggunakan kacamata atau kelainan refraksi akan semakin lebih besar.

  1. Faktor kelahiran

Bayi yang terlahir premature ataupun berat badan kurang dari normal, biasanya akan mempunyai resiko mengalami kelainan refraksi lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir normal. Atau pada saat trisemeter pertama ibu terjangkit virus Rubella atau toxoplasmosis, akan memberikan resiko terhadap perkembangan bola matanya.

  1. Faktor pola kebiasaan yang buruk

Aktivitas yang mengharuskan mata bekerja lebih berat akan menimbulkan minus, plus, dan silinder, dan hal ini akan semakin naik setiap tahunnya.

TIPS untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah naiknya minus, plus, silinder

  1. Periksakan mata secara berkala. Pemeriksaan rutin akan mmenjamin kondisi mata selalu prima, karena bila ditemukan sesuatu kejanggalan akan dapat segera diatasi sebelum menjadi parah.
  2. Beristirahat yang cukup. Pada saat memejamkan mata atau tidur, tubuh secara berkala melakukan perbaikan diri dan sel-sel mata diganti dengan yang lebih baik.
  3. Mengurangi aktivitas yang tidak produktif di depan gadget monitor. Perhatikan posisi duduk dan pencahayaan yang cukup
  4. Melakukan aktivitas di luar ruangan / outdoor. Tubuh perlu mendapatkan vitamin D dari cahaya matahari pagi. Akan sangat baik untuk tumbuh kembang saraf penglihatan.
  5. Asupan makanan yang mengandung vitamin B complex, vitamin A, vitamin C, dan omega 3.
  6. Menggunakan terapi mata minus atau Orthokeratology yang bertujuan untuk mencegah kenaikan minus yang signifikan pada anak.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai terapi ini? Kunjungi VIO Optical Clinic atau bias menghubungi kami di 021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Gunakan kode promo MERDEKA99 untuk mendapatkan Screening awal terapi dan pemeriksaan mata lengkapnya dengan harga Rp 99.000,- (dari harga normal Rp 480.000,-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *