Terapi Mata Minus (Ortho Keratology) by VIO Optical Clinic

 

Ortho Keratology atau Terapi Mata Minus merupakan sebuah proses yang menggunakan lensa kontak khusus (Rigid Gas Permeable Contact Lens) untuk mengubah bentuk kornea supaya minus atau silinder yang diderita pasien turun dan stabil.

Nama sebutan dari Ortho Keratology adalah Ortho K atau biasa disebut Corneal Reshaping (CR), Terapi Refraktif Kornea, atau Vision Shaping.

Kandidat yang tepat untuk Terapi Ortho K ini mulai dari 6 tahun dimana pasien tersebut menderita Myopia, begitu juga dengan orang dewasa yang usianya dibawah 40 tahun.

 

Proses Terapi Ortho Keratology

Di VIO Optical Clinic, jika anda ingin mengikuti Terapi Ortho K, anda harus melalui proses Pre-Screening atau Pemeriksaan kornea secara menyeluruh. Tujuannya adalah untuk melihat kondisi kornea dan mata secara keseluruhan apakah kondisi matanya masih dalam keadaan baik untuk meggunakan terapi ini atau tidak. Dari hasil screening, Team Dokter di VIO Optical Clinic bisa mengestimasikan sejauh mana minus atau silinder pasien akan turun. Setelah mendapatkan hasil screening awal, Team Dokter akan memutuskan apakah pasien merupakan kandidat yang tepat untuk Terapi Ortho K atau tidak.

Jika anda merupakan kandidat yang tepat untuk terapi ini, lensa kontak RGP anda akan diproses dan dicustom sesuai dengan kondisi mata anda. Anda akan menggunakan lensa kontak ini saat anda tidur. Mengapa saat tidur? Karena pada malam hari atau saat tidur, lensa kontak RGP ini akan bekerja secara efektif dan maksimal untuk membentuk ulang kornea mata pasien. Lensa kontak RGP ini didesain khusus dan dilengkapi oleh selaput udara sehingga memudahkan oksigen untuk masuk dan keluar mata anda, serta tidak akan menyebabkan mata pasien akan perih saat menggunakannya.

Pada saat fase 1 atau 2 minggu pemakaian terapi ini, Myopia anda akan turun secara signifikan. Namun untuk kestabilan ukuran, dibutuhkan sekitar 3 bulan pemakaian terapi. Terapi ini termasuk jenis terapi yang alami tanpa efek samping, operasi, dan obat-obatan, sehingga prosesnya memakan waktu yang lumayan panjang.

Saat sudah melewati fase 1 atau 2 minggu pemakaian, Team Dokter akan menginstruksikan intensitas pemakaian terapinya kepada pasien, jadi sangat penting untuk melakukan kontrol ke klinik untuk melihat progress dari Terapi ortho K.

Lihat cara perawatan Lensa Ortho K di youtube channel  VIO Optical Clinic -> https://goo.gl/ryQJkn

 

ORTHO K bagus untuk yang menyukai olahraga

Anak-anak muda yang memiliki mata minus (progressive myopia) yang meningkat dari waktu ke waktu biasanya merupakan kandidat yang tepat untuk Terapi Ortho K. Penelitian sudah membuktikan bahwa terapi ini sangat efektif untuk menurunkan progress myopia dengan memakainya pada malam hari saat tidur.

Sebagaimana anak-anak muda menyukai sesuatu yang atletis, Terapi Ortho K ini akan membantu mereka untuk berolahraga tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak.

 

ORTHO K dan Myopia Control

Keuntungan lain menggunakan terapi ini, Ortho K dikenal karena kemampuannya untuk memperlambat pertumbuhan minus penderitanya. Dan terapi ini juga sangat aman dan direkomendasikan bagi anak-anak berusia mulai dari 6 tahun. Sehingga ketika anak-anak beranjak dewasa nanti, minusnya tidak bertumbuh atau naik secara signifikan.

 

—————————————————————————————————-            

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic di Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi, atau bisa menghubungi kami di 021-29475974 / 089502092881 WA / Line: @viooptical

Content writer by: Daniella Chikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *