Jangan sembarangan membeli sunglasses (kacamata hitam) !


Saat kita berada di bawah sinar matahari, kita menyipitkan mata dan pupil mata kita mengerut atau menjadi lebih sempit untuk mengontrol cahaya yang masuk ke mata. Hal ini terjadi karena bahayanya sinar UVA dan UVB yang terkandung dalam sinar matahari. Cara terbaik untuk melindungi mata anda dari sinar berbahaya ini adalah dengan menggunakan kacamata.

Kacamata sunglass yang baik harus bisa merangsang efek berada di ruang yang gelap jadi pupil mata melebar untuk memasukkan cahaya ke dalam mata sehingga anda bisa melihat lebih jelas. Peneliti mengungkapkan, “Kebanyakan kacamata hitam (sunglasses) yang di jual di pinggir jalan atau pasaran memiliki kualitas yang buruk. Dan bahkan banyak oknum-oknum yang secara tidak sadar telah membuat pembeli menjadi korban penglihatan yang buruk.”

Kacamata yang murahan tentu saja tidak memiliki perlindungan UVA dan UVB, namun menawarkan kenyamanan dari cahaya yang terpancar. Pupil mata anda secara alami akan melebar saat anda menggunakannya, dan anda tentunya akan merasa mata anda terlindungi.

 

Walaupun kacamata sunglass yang palsu menyaring sinar matahari masuk ke dalam mata, namun kacamata tersebut tidak bisa menahan sinar UVA dan UVB untuk masuk ke dalam mata. Sinar UV matahari akan memasuki pupil anda yang melebar pada kecepatan yang tinggi dibandingkan anda tidak menggunakan kacamata hitam dimana bisa menyebabkan penyakit katarak (kondisi medis dimana lensa mata semakin buram, sehingga pandangan menjadi kabur) dan Melanoma Okular (tipe penyakit kanker yang langka)

Peneliti mengatakan bahwa tanda-tanda pertama jika kacamata sunglass itu palsu saat hasil penglihatan anda menggunakan sunglass itu membengkok, kabur, atau berbayang. Tanda lainnya kacamata sunglass yang palsu bisa membuat objek terlihat membesar seolah-olah jarak objek tersebut dekat sekali atau malah lebih jauh dari aslinya. Hal ini bisa membahayakan kita, misalnya lubang dijalan tampak lebih kecil atau lebih besar dari yang sebenarnya.

Kenali kacamata yang asli dan memiliki kualitas bagus

Tujuan dasar untuk menggunakan kacamata hitam /sunglass ini adalah untuk melindungi mata kita dari sinar UV matahari yang berbahaya. Jadi, sebelum anda membelinya, bacalah labelnya dan cari tahu apakah kacamata tersebut 100% melindungi dari sinar UVA atau UVB.

Pakar kesehatan mata mengatakan, “Beberapa kacamata hitam atau sunglass itu butuh diberikan prescription (resep) untuk memperbaiki kecacatan yang dimiliki oleh mata masing-masing orang. Hal ini bisa merusak mata yang tidak awalnya baik-baik saja.” Penting juga untuk membaca informasi pada label saat anda beli sebuah kacamata. Saat menggunakan kacamata sunglass, cobalah melihat buku gambar. Jika gambarnya terlihat bengkok-bengkok, berarti lensanya tidak cocok dengan kondisi mata anda.

Untuk mata normal, kacamata hitam atau sunglass yang baik harus memiliki zero power lens (yang tidak ada ukurannya sama sekali). Tidak boleh ada ukuran minus atau plus.

PERHATIAN

Pakar kesehatan mata menghimbau untuk jangan pernah menggunakan kacamata hitam saat malam hari. Tapi gunakanlah kacamata yang memiliki multifungsi dan selalu gunakan kacamata sunglass yang memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan mata anda.

Sangat disarankan sekali untuk melakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu sebelum membeli kacamata. Setelah membelinya, bawa kacamata tersebut ke Optik / Klinik mata untuk diperiksa kembali untuk hasil yang tepat.

Jadi, jangan menggunakan kacamata hitam yang tidak sesuai dengan kebutuhan mata ya, Healthy Peeps!

————————————————————————————————————            

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic di Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi, atau bisa menghubungi kami di 021-29475974 / 089502092881 WA / Line: @viooptical

Content writer by: Daniella Chikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *