Pakai lensa kontak perih? Ini dia tipsnya!!


Lensa kontak itu aman-aman saja dipakai. Meskipun aman, menggunakan lensa kontak bisa merusak mata anda jika menggunakan terlalu lama, tidak bisa membersihkannya secara benar atau tidak mengganti lensa kontak sesuai dengan anjuran dokter sehingga bisa mebuat mata anda menjadi perih atau tidak nyaman.

Lensa kontak merupakan alat medis dan sudah diatur oleh FDA (Food and Drug Association) dari Amerika. Untuk masalah keamanan, lensa kontak tidak bisa dibeli tanpa adanya fitting yang dilakukan oleh ahlinya secara profesional dan tanpa andanya resep dari dokter yang sudah tersertifikasi.

Jagalah mata anda agar tetap dialiri oksigen

Karena lensa kontak itu ditaruh secara langsung diatas permukaan kornea (atau jika menggunakan lensa kontak RGP, yang membentuk kornea), lensa kontak akan mengurangi aliran oksigen yang berusaha masuk dari lingkungan luar ke mata anda. Saluran oksigen yang baik merupakan elemen terpenting untuk menjaga mata tetap sehat.

Anda bisa membatasi resiko rusaknya mata anda dari kekurangan oksigen dengan mengikuti tips berikut ini;

  • Mengikuti jadwal pemakaian sesuai yang dokter anda rekomendasikan; ganti dan lepas lensa kontak sesuai dengan anjurannya.
  • Anda bisa menggunakan lens kontak silicon hydrogel yang sudah modern. Lensa kontak ini dibuat dari material yang menyalurkan oksigen lebih banyak daripada lensa kontak konvensional dan jauh lebih aman untuk pemakaian jangka panjang.
  • Pilihan yang lain anda bisa menggunakan lensa kontak RGP (Rigid Gas Permeable). Lensa kontak RGP memiliki diameter yang kecil daripada lensa kontak yang lain jadi lensa kontak tersebut menutupi sebagian kecil bagian kornea mata. Lensa kontak ini juga memindahkan oksigen dalam jumlah yang signifikan sehingga membawa air mata yang segar untuk berpindah ke bawah lensa kontak. 2 faktor ini mengurangi resiko permasalahan mata dengan lensa kontak RGP dibandingkan dengan menggunakan softlens (yang tipis).

Bersihkan lensa kontak anda dan tempatnya

Lensa kontak juga meningkatkan kerusakan mata karena bakteri dan agen penyebab infeksi lainnya yang dapat menumpuk pada mata. Hal ini memang benar adanya seiring dengan lamanya softlens digunakan dan tertumpuknya bakteri dan infeksi tersebut pada permukaan depan dan belakang kornea.

Berdasarkan penelitian dari Brien Holden Vision Institute, infeksi mata terjadi pada 4 dari setiap 10.000 pengguna lensa kontak yang sehari pakai (0.04%) dan 20 dari setiap 10.000 orang yang menggunakan lensa kontak jangka panjang yang digunakan malam hari (0.2 %), namun dampaknya bisa efektif.

Anda bisa mengurangi secara signifikan resiko infeksi mata akibat lensa kontak dengan cara membersihkan secara benar dan membasmi kuman-kumannya (disinfect) setelah digunakan. Gunakanlah solution lensa kontak yang sudah direkomendasikan oleh dokter, dan jangan mengganti produknya tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Meskipun kebanyakan pengguna lensa kontak menggunakan teknik anti menggosok untuk mencuci lensa kontak dengan solutions, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa teknik menggosok dengan solutions ini membersihkan jauh lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

Hal terpenting juga selalu membersihkan tempat lensa kontak dengan solutions yang direkomendasikan dokter dan membiarkannya kering selama anda memakai lensa kontak. Ini membantu untuk mengurangi resiko tempatnya terkontaminasi dengan mikroorganisme yang bisa merusak mata anda. Disarankan untuk mengganti tempat penyimpanan lensa kontaknya setiap 3 bulan.

———————————————————————————————————————-

Butuh ahli lensa kontak yang terpercaya untuk lensa kontak anda? Ke VIO Optical Clinic aja!!                   

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic di Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi, atau bisa menghubungi kami di 021-29475974 / 089502092881 WA / Line: @viooptical

Content writer by: Daniella Chikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *