Kacamata bisa memperburuk penglihatan?


Banyak orang yang membutuhkan resep untuk kacamata untuk mengoreksi penglihatan mereka yang diakibatkan oleh minus, plus, silinder, atau kondisi mata lainnya. Kacamata tersebut didesain sedemikian rupa untuk mengoreksi beberapa permasalahan khusus, namun ada mitos yang mengatakan bahwa kacamata bisa membuat penglihatan semakin buruk. Nyatanya, hal ini tidak benar.

Mitos ini seringkali dipusatkan pada pemikiran bahwa menggunakan kacamata bisa membuat mata malas saat anda melepasnya, karena setelah anda terbiasa menggunakan kacamata, mata anda mungkin akan merasa tidak nyaman saat melepasnya. Hal ini terjadi karena saat anda menggunakan kacamata yangada ukurannya, lensa pada frame kacamata bekerja untuk mengoreksi penglihatan anda, yang artinya otot mata anda bisa relax dan bekerja secara alami. Saat anda melepasnya, mata akan terpaksa fokus kembali tanpa bantuan dari kacamata, dan membuat anda merasakan ketidaknyamanan seperti pusing atau sakit.

Jika anda merasakan pandangan natural anda (tanpa kacamata) lebih baik pada pagi hari daripada  malam hari saat anda melepas kacamata, hal ini ada penjelasannya juga. Mata anda saat pagi hari bisa saja lebih baik karena mata anda saat itu sangat fleksibel, yang artinya mata anda fokus lebih bagus dibandingkan malam harinya. Kejadian ini normal-normal saja dan bukan berarti kacamata itu bertanggung jawab untuk membuat penglihatan anda lebih buruk pada siang hari. Penyebab yang lainnya dibalik mitos ini adalah penglihatan bisa memburuk seiring dengan bertambahnya usia.

 

Hal ini memang benar adanya baik dengan atau tanpa kacamata, jadi meskipun anda menggunakan kacamata selama hidup anda, maka ketahuilah bahwa mata anda bisa berubah, kemungkinan besar bisa terjadi akibat proses penuaan ketimbang ukuran kacamata anda.

                                                                                                                                                                       

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Yuk kunjungi VIO Optical Clinic di Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi, atau bisa menghubungi kami di 021-29475974 / 089502092881 WA / Line: @viooptical

Content writer by: Daniella Chikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *