Hindari makanan berkolesterol tinggi!

 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi tentu sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jauhkan diri dari makanan yang kaya LDL. Inilah 4 makanan kolesterol tinggi yang wajib Anda hindari:

  • Makanan yang banyak mengandung garam

Sering tidak kita sadari bahwa tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi garam. Asupan sodium yang berlebihan akan membuat tekanan darahmu meningkat.

Meski tidak langsung memengaruhi kadar kolesterolmu, kombinasi hipertensi dan kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Karenanya, jauhkanlah makanan yang terlalu banyak garam dalam menu harianmu. Sebagai contohnya, rendang, keripik, atau kerupuk.

  • Makanan yang digoreng

Makanan apapun yang digoreng tentu mengandung banyak kolesterol jahat. Terutama yang diolah dengan metode deep-frying, yaitu dengan mencelupkan dan menggoreng makanan dalam minyak dalam jumlah yang banyak.

Selain melenyapkan kandungan air dalam makanan, teknik menggoreng ini juga membuat bahan makanan mengisap lemak. Sebagai akibatnya, makanan akan makin tinggi kalori. Jadi, hidarilah jenis makanan ini.

  • Makanan manis

Walau rasanya lezat, gula bisa menyebabkan banyak penyakit serius. Contohnya obesitas, penyakit jantung, diabetes dan pastinya kolesterol tinggi.

Kamu harus tahu kadar yang tepat dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, seperti lapis legit, es krim, martabak manis, dan banyak lagi.

  • Seafood

Makanan laut yang dikonsumsi secara cukup, memang baik untuk kesehatan karena banyak ikan laut yang mengandung omega-3. Ikan tuna dan salmon termasuk makanan dari laut yang kaya akan asam lemak sehat ini.

Meski demikian, ada juga seafood juga ada yang termasuk dalam jenis makanan kolesterol tinggi, seperti udang (kandungan kolesterolnya sekitar 160 mg). Oleh karena itu, makanan jenis ini sebaiknya kamu jauhi.

  • Makanan yang banyak mengandung lemak trans

Jika terus dikonsumsi, jenis lemak ini akan ikut andil dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baikmu.

Lemak trans banyak digunakan oleh produsen makanan dalam produk mereka karena bahan ini bisa berfungsi sebagai pengawet makanan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya waspada ketika memilih makanan dalam kemasan.

Cermatilah komposisi yang terkandung di dalamnya. Bila tercantum komposisi lemak tras (trans fat) atau tulisan ‘partially hydrogenated’, batasilah konsumsi produk tersebut.

  • Makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh umumnya dapat kamu temukan pada bahan makanan yang berasal dari hewan, misalnya sosis, minyak babi, keju, mentega, maupun margarin.

Camilan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut pun otomatis mengandung lemak jenuh yang kemungkinan tinggi pula. Misalnya, susu cokelat, puding, kue tar, serta biskuit.

Tidak hanya itu, lemak ini bisa pula kamu jumpai dalam minyak kelapa dan minyak sawit. Kamu juga bisa mengganti minyak gorengmu dengan yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak kanola.

 

Tahukah Anda bahwa kolestrol juga dapat dideteksi melalui pemeriksaan mata lengkap di VIO Optical Clinic?

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Hubungi kami di:

021-29475974 Office

089502092881 WA

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no 51 Harapan Indah Bekasi

Content writer by: Daniella Chikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *