Stop Merokok untuk Kesehatan Mata!

 

Merokok merupakan satu-satunya penyakit dan kematian premature yang dapat dicegah di Amerika Serikat. Ini membahayakan hampir seluruh organ tubuh anda – termasuk mata anda!

Efek samping yang sangat fatal dari merokok seperti penyakit jantung dan kanker. Tapi penyakit yang mengancam kesehatan penglihatan umumnya kurang diketahui.

Inilah alasan mengapa anda harus mengurangi kebiasaan tersebut;

Merokok dan katarak

Katarak (kabut pada lensa mata) adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Lebih dari 50% Amerika akan memiliki katarak atau telah menjalani operasi katarak pada usia 80.

Pada umumnya perokok lebih riskan terkena katarak dibandingkan dengan yang tidak perokok. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yan merokok mempercepat mereka untuk mengalami katarak dini. Resiko ini pun akan semakin meningkat jika anda terus-menerus merokok.

Merokok dan Degenerasi Makula

Merokok dan Degenerasi Makula berpengaruh pada pusat retina mata, yang bertanggung jawab pada pusat ketajaman penglihatan untuk aktivitas sehari-hari  seperti membaca dan mengemudi.

Degenerasi makula menyebabkan titik buta dan sering sekali mengganggu pusat penglihatan. Dengenerasi makula adalah penyebab utama seseorang kehilangan penglihatan secara permanen dikalangan orang Amerika usia 65 tahun ke atas.

Penelitian menunjukkan perokok dapat mengalami peningkatan 3 kali lipat untuk terkena penyakit degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok. Dan perokok wanita di atas usia 80 tahun memiliki kemungkinan 5,5 kali lebih besar untuk terkena degenerasi makula daripada yang tidak merokok pada usia yang sama.

Merokok dan Uveitis

Uveitis (peradangan pada lapisan tengah mata, atau uvea) adalah penyakit mata serius yang dapat menghilangkan total penglihatan seseorang.

Ini sangat membahayakan struktur vital mata, termasuk iris, dan retina, serta mengakibatkan komplikasi seperti katarak, glaukoma, retina lepas.

Bukti menunjukkan bahwa perokok lebih riskan terkena uveitis dibandingkan yang tidak, dan merokok ini ada kaitannya dengan perkembangan uveitis. Satu peneletian menunjukkan merokok berpotensi 2,2 kali lipat resikonya untuk mereka yang merokok dibandingan yang non perokok.

 

Merokok dan Retinopati Diabetik

Retinopati Diabetik merusak pembuluh darah retina dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Lebih dari 5 juta orang Amerika yang berusia 40 dan seterusnya memiliki retinopati diabetic karena diabetes ripe 1 atau tipe 2. Dan jumlah itu akan bertambah menjadi sekitar 16 juta pada tahun 2050.

Merokok bisa meningkatkan 2 kali lipat orang untuk terkena diabetes.

Ada juga hubungan yang kasual antara merokok dan perkembangan retinopatik diabetic yang bisa berkembang ke komplikasi diabetes yang lebih parah.

Merokok dan Mata Kering

Mata kering menggambarkan tidak cukupnya air pada permukaan mata, yang mana air itu sangat dibutuhkan untuk menjaga agar mata tetap terlumasi dan sehat. Penderita mata kering bisa mengalami mata merah, gatal, adanya sensasi ganjalan atau bahkan mata berair.

Rokok tobacco dikenal membuat mata iritasi dan memperparah mata kering – bahkan diantara bekas perokok – khususnya pengguna lensa kontak. Orang yang merokok biasanya meningkatkan resiko 2x lipat untuk terkena mata kering.

Merokok dan Penyakit Mata Bayi

Orang yang merokok saat hamil menularkan racun berbahaya ke plasenta, yang berpotensi untuk merusak bayi dalam kandungan. Merokok saat hamil meningkatkan kemungkinan banyak gangguan mata janin dan bayi.

Termasuk strabismus (mata juling) dan keterbelakangan saraf optik, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Wanita yang merokok saat hamil juga kemungkinan akan melahirkan secara premature. Semua bayi yang lahir secara premature berada pada resiko yang tinggi untuk memiliki penyakit mata dibandingkan mereka yang tidak.

Siapkah anda untuk berhenti?

Tidak pernah terlambat untuk berhenti merokok dan nikmati keuntungan dari gaya hidup sehat dan badan yang sehat. Berhenti merokok pada usia berapapun bisa mengurangi resiko terkena penyakit mata!


 

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Hubungi kami di:

021-29475974 Office

089502092881 WA

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *