Mengapa mata kita tidak bisa terbuka saat bersin?

Jika ada sesuatu yang menggelitiki hidung anda, saat anda menghirup bau lada, atau dalam temperature yang sangat dingin, bersin itu adalah hal yang tidak bisa dihindari. Pengeluaran udara, cairan, dan benda asing yang kuat ini merupakan sebuah reaksi tubuh terhadap zat atau sesuatu yang mengganggu tubuh. Misteri terbesar yang sudah menjadi rahasia umum dari bersin ini adalah sebagian orang belum pernah melihat diri mereka bersin. Ada mitos yang mengatakan jika kita bersin dengan mata terbuka, maka bola mata kita akan keluar. Tentunya hal ini hanya sekedar mitos belaka, tapi ini bukan jawaban yang kita inginkan.. Mengapa mata kita tidak bisa terbuka saat bersin?

Jawaban singkatnya: Bersin ini melibatkan banyak komunikasi dari saraf dan kontraksi dari otot di seluruh tubuh kita, yang menyebabkan adanya tidakan tanpa sadar pada usus, sfingter, tenggorokan, rongga sinus, dan bahkan pada mata. Hal ini menyulitkan tubuh kita untuk menolak insting untuk menutup mata sebelum bersin. Namun, beberapa orang bisa membuka mata mereka saat bersin, tapi tentu saja ini tetap menjadi hal yang langka.

The Science of Sneeze

Bersin merupakan istilah yang umum saat sistem pernafasan anda mengeluarkan partikel yang tidak diinginkan dari hidung, khususnya diawali dengan iritasi atau peradangan. Bagaimanapun juga, istilah ilmiah dari bersin ini adalah Sternutation, dan ini merupakan pengeluaran partikel yang sangat hebat yang disertai dengan nafas yang kadaluwarsa yang bisa terdengar baik dari hidung maupun mulut.

Sternutation ini ada kaitannya pada respon kekebalan tubuh, serta keberadaan histamine dan partikel atau bahan kimia lain yang terkait dengan proses reaksi alergi tubuh. Saat bahan partikel kimianya dikeluarkan khususnya dari sel peradangan yang mendeteksi zat-zat yang tidak diinginkan, lalu mengirimkan sinyal saraf yang kuat, yang diterima dan diproses di otak, sehingga menyebabkan tindakan yang reflex, yaitu bersin. Hal ini bisa disebabkan oleh alergi, asap,polusi, partikel kimia, lendir, minyak wangi, dan sejumlah partikel lainnya, atau udara yang teriritasi.

Pada saat sebelum dan sesudah bersin, banyak hal yang terjadi pada tubuh kita. Pertama, otot dada anda mengetat untuk persiapan penghembusan nafas, lalu mendorong ke atas. Pada saat yang bersamaan, tenggorokan menutup, memaksa udara melewati hidung dengan kecepatan yang tinggi. Banyak orang yang mengatakan bahwa bersin bisa menempuh perjalanan hingga 100 meter/jam, atau bahkan lebih cepat – mayoritas dari partikel yang keluar bergerak sekitar 10 meter/jam. Namun, sekali bersin bisa mendorong hingga 5000 tetesan, beberapa terisi dengan bakteri (khususnya jika bersin disebabkan oleh flu)

Big Sneeze Eye Squeeze

Salah satu penjelasan umum mengapa mata tertutup saat bersin adalah mata mencoba untuk melindungi diri dari apapun yang dikeluarkan dari hidung. Sama seperti batuk terjadi untuk mengeluarkan zat yang tidak diinginkan dari tenggorokan, bersin mengeluarkan zat yang tidak diinginkan dari hidung, termasuk polusi, parfum, asap, alergi, virus. Mata merupakan selaput lendir yang sangat rentan dimana banyak partikel-partikel kecil dalam tubuh yang bisa menyebabkan iritasi dan masalah. Biasanya, tubuh itu tidak mau sembarangan mengeluarkan iritasi dengan bersin hanya untuk berakhir di mata.

Kekuatan bersin juga merupakan faktor mengapa mata tertutup. Saat ingin bersin, otot wajah anda menjadi tegang seketika, dan saat kekuatan ini tidak sekuat untuk mencopot mata anda, tapi ini bisa cukup menyakitkan, dan ada kemungkinan bisa membuat kapiler atau pembuluh darah pada mata pecah.

Kelopak mata yang tertutup otomatis sebelum bersin itu merupakan sifat yang refleks yang berkembang dari generasi ke generasi, tapi perlu diingat bahwa bersin bisa dengan mata yang terbuka. Baik dengan menahan kelopak matanya atau dengan mengontrol otot untuk mengatasi refleksnya.

Namun, untuk kesehatan anda, dan untuk kesehatan orang lain, disarankan untuk menutup mulut dan mata anda; jika anda benar-benar penasaran untuk melihat seperti apa wajah anda ketika bersin, anda bisa melihatnya dengan merekam anda bersin di handphone anda!


 

Kami juga  melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Hubungi kami di:

021-29475974 Office

089502092881 WA

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *