Mata Berair

 

Jika mata anda berair, ada beberapa penyebab umumnya. Dimulai dari alergi sampai ke infeksi, saluran air mata yang tersumbat, dan tampilan kelopak mata yang unik.

Alergi

Banyak orang yang memiliki alergi, dan tak sedikit dari mereka mengabaikan jika alergi terjadi pada mata mereka. Paparan serbuk sari, bulu hewan peliharaan, hewan-hewan kecil / tungau, uap bisa menyebabkan mata anda memerah, gatal, dan berair.

Untuk bantuan, cobalah menggunakan obat tetes yang sesuai dengan rekomendasi dengan ahli kesehatan mata anda atau jika tidak mereda juga anda harus secepatnya ke dokter mata sehingga mendapatkan perawatan ekstra.

Pink Eye (konjungtivitis)

Jika mata anda berwarna pink atau merah yang disertai mata berair, kemungkinan anda mengalami pink eye, yaitu semacam pembengkakan pada mata. Tanda-tanda lainnya seperti pandangan yang kabur, nanah dan lendir pada mata, kemerahan pada kelopak mata bagian dalam.

Jika anda merasa memiliki gejala seperti ini, anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Treatment yang akan dapatkan tergantung dari penyebab dari bakterinya, virus, serta alergi. Pastikan tangan anda tidak menyentuh mata anda, dan cuci tangan anda dengan air sabun hangat sebelum dan sesudah anda mengaplikasikan obat. Jangan menggunakan handuk bekas, kain lap, atau apapun untuk mengelapnya pada mata anda.

Saluran air mata yang tersumbat

Mata anda memiliki sistem pipa miniatur yang memproduksi air mata, dan melapisi ke seluruh permukaan mata kemudian dicuci ke mata anda dan turun ke saluran hidung anda. Ketika saluran menjadi sempit atau tersumbat, air mata kembali naik dan mata anda kembali berair dan teriritasi atau terinfeksi. Tanda-tandanya seperti lendir, bulu mata yang mengeras, pandangan kabur, darah pada air mata anda.

Jika mata anda berair, bocor, dan selalu iritasi atau infeksi, disarankan untuk segera diperiksa ke dokter mata. Dokter akan menyiram saluran air mata anda dengan saline kemudian memasukan balon kecil atau tabung untuk membuka penyumbatan. Anda mungkin perlu operasi untuk membangun saluran air mata yang baru.

Mata kering

Mata anda teriritasi. Sistem imun tubuh anda bisa merespon dengan membuat banyak air mata. Anda bisa merasakan perih, terbakar, memerah, dan kondisi mata yang serius. Jika gejalanya tidak mereda juga, anda harus segera mengunjungi dokter.

Jika kasus anda tidak terlalu serius, anda bisa menggunakan air mata buatan. Anda juga bisa menggunakan resep obat untuk meredekan pembengkakan atau membantu membuat air mata baru.

Kelopak mata yang bermasalah

Kelopak mata merupakan salah satu sistem penyaluran. Jika salah satunya mengendur atau keluar, air mata tidak akan mengalir seperti yang seharusnya dan matamu bisa berair. Jika tumbuh ke dalam, maka akan tersapu ke mata anda dan membuatnya menjadi iritasi. Permasalahan lainnya bisa juga seperti mata memerah, berlendir, kekeringan, dan sensitif terhadap cahaya.

Jika kelopak mata anda mengendur dan terkulai, atau berair dan iritasi, dokter anda bisa mengatasinya. Dokter akan memberikan resep air mata buatan, namun kebanyakan orang harus melakukan operasi untuk menyembuhkannya. Dokter memiliki lebih banyak opsi non bedah untuk kelopak mata yang tumbuh ke dalam, seperti lensa kontak yang lembut yang bisa melindungi mata anda.

Benjolan pada kelopak mata

Jika anda menyadari ada benjolan pada kelopak mata anda, mungkin anda memiliki bintilan atau kalazion. Bintilan biasanya sakit dan besar. Sedangkan kalazion tidak begitu sakit.

Untuk mengatasinya, rendam kain lap bersih pada air hangat dan taruh pada kelopak mata selama 10-15 menit. Lakukan hal ini 3-5 kali per hari. Pijat secara lembut di sekitar kalazion dengan menggunakan jari yang bersih.

Jika tidak reda juga, dokter akan memberikan resep antibiotic atau suntikan steroid untuk meringankan pembengkakkan yang terjadi akibat kalazion. Jika benjolannya tidak hilang juga, atau malah mempengaruhi pandangan anda, kemungkinan dokter akan mengeluarkannya dari kelopak mata anda. Jangan pernah mengeluarkannya sendiri atau kondisinya akan semakin parah.

Bulu mata yang tumbuh ke dalam

Saat bulu mata anda tumbuh ke dalam, maka bulu matanya bisa menggesek permukaan mata anda. Hal ini menyebabkan iritasi dan mengakibatkan air mata yang berlebih. Dokter biasanya akan menarik keluar bulu mata anda atau dengan menggunakan metode operasi untuk melepas bulu mata anda secara permanen. Jika tidak ditangani segera, maka akan muncul permasalahan mata yang serius pada kornea dan ulcer.

Kami melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Hubungi kami di:

021-29475974 Office

089502092881 WA

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *